8 Cara Memilih Jalak Suren yang Bagus dan Berkualitas

Pinhome

8 Cara Memilih Jalak Suren yang Bagus dan Berkualitas

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 4 January 2022 ∙ 8 menit membaca

8 Cara memilih Jalak Suren yang bagusJalak Suren yang bagus merupakan harapan dari para kicau mania khususnya penggemar burung Jalak Suren. Suara Jalak Suren tergolong dalam berbagai macam variasi, hal tersebut dikarenakan kemampuannya yang di atas rata-rata dalam menirukan berbagai macam suara. Sehingga banyak para kicau mania yang terpikat untuk memeliharanya.

Sebagian orang, memilih untuk membeli burung Jalak Suren langsung dari penangkarnya. Namun, beberapa orang juga memilih untuk membeli di pasar burung yang dikenal dengan ombyokan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Jika kamu ingin membeli burung Jalak Suren di ombyokan, hal yang perlu kamu pahami adalah bagaimana cara memilih Jalak Suren yang bagus dan berkualitas. Jalak Suren yang bagus dan berkualitas tentunya memiliki ciri-ciri tersendiri. Apa saja ciri-cirinya? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina Anakan

Cara Memilih Jalak Suren yang Bagus

cara memilih jalak suren yang bagus
(Pixabay)

1. Mata Jalak Suren

Untuk pertama kalinya, lihat dulu bagian mata burung Jalak Suren ombyokan tersebut. Pilih burung dengan sorot mata tajam, bola mata besar, dan melotot. Burung Jalak dengan ciri mata seperti ini biasanya lebih sehat, aktif, sigap, dan petarung sejati. Kemudian pilih Jalak yang kepalanya kotak karena burung seperti ini mudah merekam suara burung masteran.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Jalak Suren Macet Bunyi

2. Paruh Jalak Suren

Setelah memperhatikan mata jalak suren ombyokan, kamu tidak boleh langsung terpana, tapi lihat juga bagian paruh. Mungkin semua menganggap paruh Jalak Suren terlihat sama, padahal burung ini memiliki bentuk paruh yang bervariasi. Setiap bentuk paruh memiliki karakter masing-masing.

  • Paruh bengkok dan tipis berarti burung suka berkicau dan bersuara nyaring.
  • Burung dengan paruh tebal dan pendek, berarti Jalak Suren rajin berkicau dengan gaya mompa.
  • Jalak Suren paruh panjang, berarti tipe burung yang cerewet nyecret atau rajin berkicau dengan gaya mompa.
  • Paruh runcing tandanya burung mudah beradaptasi.

Membedakan bentuk paruh tersebut kemungkinan sulit, tapi kalau dalam satu kandang ombyokan, pastinya lebih mudah. Dengan begitu, kamu dapat membedakan beberapa burung sekaligus. Pilih mana yang paruhnya pendek atau panjang, dan sebagainya.

3. Bentuk Tubuh Jalak Suren

Untuk masalah bentuk tubuh, yang penting kamu memilih tubuh burung Jalak Suren yang panjang, ramping memanjang, atau bulat memanjang. Burung dengan ciri seperti ini dipastikan jantan dan berkualitas. Kalau tubuh burung bulat pendek, biasanya Jalak Suren betina.

Selain panjang, cari Jalak Suren yang berdiri tegap. Dadanya seperti membusung mirip tentara yang sedang melakukan baris-berbaris. Selain itu, bagian dadanya juga harus terlihat lebar dan bidang.

4. Sayap Jalak Suren

Lihat pula bagian sayap burung Jalak Suren. Buka sayapnya dan lihat satu persatu bulunya. Burung Jalak Suren yang bagus mempunyai sayap yang mengapit atau menempel di tubuh. Kalau sayap burung terlihat turun atau jatuh, ada kemungkinan Jalak tersebut sedang sakit.

5. Ekor Jalak Suren

Burung Jalak berkualitas memiliki ekor yang panjang dan mekar. Saat sedang berkicau sambil bergaya, burung tersebut mempunyai ekor yang memanjang dan terkandang melebar seperti kepala ular kobra atau kipas.

6. Kaki Jalak Suren

Bagian bawah tubuh Jalak Suren ombyokan yang perlu diperhatikan juga adalah di bagian kaki. Lihat apakah burung ini mempunyai cengkeraman kuat atau tidak. Pastikan burung yang kamu beli selalu mencengkeram kuat di tenggeran dan jarang berada di dasar sangkar.

Jika bagian kakinya bersih, tandanya burung tidak sedang sakit atau jamuran. Pilih juga kaki Jalak Suren yang bersisik. Mengapa harus kaki yang bersisik? Sebab, burung Jalak dengan sisik biasanya jinak dan mudah dirawat.

7. Burung Jalak Suren Aktif

Untuk mengetahui tingkat keaktifan Jalak Suren ombyokan, kamu dapat memancingnya dengan pakan. Coba berikan pakan berupa ulat atau jangkrik, bila burung langsung menyambar makanan tersebut dari tanganmu, bisa dipastikan burung tadi aktif. Lihat juga, apakah burung Jalak tersebut lebih dominan dari burung yang lain atau tidak.

Baca juga : Cara Melatih Jalak Kebo Bisa Bicara Dengan Cepat

8. Suara Jalak Suren

Jika ingin mendengar suara Jalak Suren, kamu harus meluangkan waktu lebih lama untuk memantau burung idaman. Pilih burung Jalak Suren ombyokan yang suaranya tebal dan rajin berkicau. Burung rajin berkicau yang bagus, biasanya saat akan dipegang dan sedang dipegang. Artinya burung seperti ini mempunyai mental yang kuat dan tidak takut dengan manusia.

Baca juga: Perbedaan Jalak Suren Jawa dan Jalak Suren Sumatera

Anakan Jalak Suren Yang Berkualitas

Cara Memilih Jalak Suren Bakalan yang bagus, cara memilih anaka Jalak Suren yang berkualitas, Salak Suren Bahan yang bagus, Jalak Suren Ombyokan, Jalak Suren Gacor, harga jalak suren bakalan

Sebelum memilih, Anda pastikan dulu niatnya seperti apa. Apakah anda ingin mendapatkan jalak suren yang baik dalam hal lomba atau hanya keperluan hobby saja. Jika Anda ingin memilikinya sebagai peserta suatu lomba, maka pilihlah yang benar-benar bagus. Ingat bagus tidak hanya pada bagian suara saja namun bentuk postur tubuh serta menalnya, baik jalan suren sumatera maupun jalak suren jawa.

Baca juga : Perbedaan Jalak Suren Jawa dan Jalak Suren Sumatera

Memilih Jalak Suren Bakalan Yang Bagus

Berikut ini adalah beberapa tips dan trik bagaimana cara memilih jalak suren bakalan berpotensi yang bisa Anda jadikan dalam patokan.

  • Perhatikan pada bagian mata, hal pertama jika berientraksi dengan burung adalah matanya. Mata yang cenderung melotot, besar, terlihat sedikit keluar, dan tajam biasanya memiliki suara yang gacor dan merdu di dengar.
  • Tampil memukau dalam lomba tentu semuanya menginginkan hal itu. Ciri yang paling utama adalah terlihat agresif. Anda bisa melihatnya jika sedang diberikan makan, biasanya jalak suren bakalan yang agresif cenderung menyambar dengan cepat.
  • Pilihlah jalak suren bakalan yang memiliki postur tubuh yang normal, tidak kurus dan tidak gemuk. Biasanya ekor dan bandang terlihat sedikit memanjang dan ramping. Jalak suren bakalan yang memiliki ciri di atas dan agresif, bisa saja memiliki stamina yang terjaga dan hal itu sangat baik untuk lomba.
  • Jalak suren yang memiliki cengkraman kuat juga bisa dijadikan patokan dalam memilih bakalan yang baik. Selain itu, lihat juga bagaimana postur dada, leher ke kepala. Pilihlah jalak suren yang memiliki postur tubuh gagah yaitu dada terlihat membusung dan kepala tegak.
  • Sayap yang terlihat menjuntai ke bawah menandakan burung sedang sakit atau tidak fit. Pilihlah jalak suren yang memiliki sayap yang rapat dan bulunya terlihat mengkilap.
  • Jalak suren yang cerewet dan sering berkicau adalah tebal serta pendek, namun jenis ini cenderung memiliki volume suara yang kecil. Berbeda dengan yang memiliki paruh panjang yang cenderung memiliki suara gacor nan cepat. Tapi jika Anda ingin mendapatkan yang lebih bagus lagi, cobalah untuk memilih paruh yang terlihat bengkok dan tipis. Paruh jenis ini cenderung memiliki suara yang lebih keras dari yang lain.
  • Jika Anda ingin memiliki jalak suren untuk lomba atau hobby dan bukan untuk ternak, maka pilihlah jantan.
  • Jenis jantan cenderung memiliki suara yang bagus ketimbang betinanya. Namun untuk jalak suren sepertinya tak memandang kelamin dalam hal suara. Pasalnya tak jarang ditemukan betina jalak suren bisa menghasilkan suara yang sama kuatnya dengan si jantan, bahkan lebih bervariasi. Meskipun itu semua memerlukan latihan Anda sendiri.
  • Perhatikan mental si jalak suren. Jangan pilih burung yang bermental buruk. Ciri-ciri jalak suren bermental baja adalah sering berkicau, lincah, postur tubuh bagus, dan terlihat selalu semangat. Namun semua itu bisa saja tak terjadi pada masa mabung, padahal burung sangat sehat. Maka dari itu, jangan putus dalam bertanya seperti apa calon burung milik Anda nantinya.

Baca juga : Cara Merawat Jalak Suren Mabung Agar Cepat Selesai

Kesimpulan

cara memilih jalak suren yang bagus
(Pixabay)

Jadi, untuk mendapatkan Jalak Suren yang bagus dan berkualitas paling tidak kamu harus memahami ciri-ciri Jalak Suren di atas. Sehingga kamu tidak salah memilih burung. Namun, jika kamu kurang memahami hal tersebut, lebih baik membeli burung yang sudah jadi atau gacor.

Burung Jalak Suren gacor lebih mudah perawatannya dan tidak perlu repot memberikan perawatan khusus yang melelahkan. Meski begitu, jika kamu suka tantangan, tak masalah membeli burung ombyokan atau dari penangkaran. Kamu bisa menjalin hubungan dekat dengan burung lebih intens karena dirawat sejak kecil dan perawatan mulai dari nol sampai ke tahap gacor.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang cara memilih Jalak Suren yang bagus dan berkualitas.

Artikel terkait:

Itulah tips dan trik bagaimana cara memilih jalak suren bakalan, anakan atau ombyokan. Ciri-ciri di atas sangat perlu untuk diketahui oleh penghobi jalak suren yang ingin membeli bakalannya, dikhususkan untuk pemula.

Pilihlah jalak suren yang memiliki postur baik, seperti kepala haruslah yang kotak dan terlihat gagah. Selebihnya Anda bisa memastikan sendiri baik dengan ciri-ciri diatas atau cara Anda sendiri.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang Cara Mimilih Jalak Suren Bakalan Yang Bagus


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel