20 Makanan Khas Gorontalo yang Wajib Dicoba

Dipublikasikan oleh Putri Aprilia dan Diperbarui oleh anni ∙ 7 May 2022 ∙ 6 menit membaca

Gorontalo merupakan sebuah provinsi di Sulawesi yang memiliki banyak budaya menarik. Salah satunya yaitu makanan khas Gorontalo yang masih tradisional. Ada beberapa olahan ikan dan kue yang wajib banget kamu coba.

Nah, jika kamu sedang berkunjung ke Gorontalo atau sedang melihat-lihat rumah dijual di Gorontalo, boleh banget cobain menu makanan khasnya. Supaya nggak bingung, berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Gorontalo yang bisa kamu cicipi. Yuk, langsung saja kita serbu! 

1. Binte Buluhuta 

Binte Buluhuta
(kompas.com) 

Rekomendasi makanan khas Gorontalo yang pertama adalah Binte Buluhuta. Makanan ini berbahan dasar jagung dengan kelapa, udang dan potongan ikan cakalang lalu disiram dengan kuah rempah yang ringan dan gurih. Menu ini enak dijadikan santapan sebelum makan besar. 

2. Tili Aya 

Tili Aya merupakan salah satu jajanan khas Gorontalo yang terbuat dari gula merah, telur, dan santan kelapa. Camilan ini biasanya selalu ada saat sahur pertama di bulan Ramadan, lho. Akan lebih nikmat jika dinikmati dengan segelas teh manis yang hangat. 

3. Sate Tuna

 Sate Tuna
(okezone.com) 

Kalau sate biasanya terbuat dari daging ayam, sapi, atau kambing, di Gorontalo terdapat menu sate tuna yang lezat. Sate tuna dibumbui dengan bumbu khas lalu dibakar dan disajikan dengan sambal serta acar. Makanan ini akan sangat nikmat jika dinikmati dengan sepiring nasi hangat. 

4. Bilenthango 

Rekomendasi makanan khas Gorontalo selanjutnya adalah Bilenthango. Makanan ini tergolong cukup unik karena bahan dasar utama ikan mujaer yang dibelah dua lalu diletakkan pada daun pisang baru dibakar. Bumbu yang digunakan adalah bumbu rempah yang kaya rasa. 

5. Ilabulo

Salah satu makanan khas Gorontalo yang wajib kamu cicipi jika mampir ke warung makan di sana adalah Ilabulo. Makanan ini berbahan dasar daging ayam dengan bumbu rempah dan dibakar dengan daun pisang. Menu ini sangat cocok dinikmati dengan sepiring nasi panas. 

6. Kue Sabongi 

Kue Sabongi
(fimela.com) 

Kalau di Bandung ada kue combro, di Gorontalo ada kue sabongi yang mirip dengan combro. Kue ini sama-sama berbahan dasar ubi dengan isian pisang raja yang dipotong-potong. Nah, untuk teksturnya, kue ini sedikit renyah. Wah seperti apa ya rasanya? Langsung saja coba makanan ini jika kamu sedang berjalan-jalan ke pasar. 

7. Kue Kerawang 

Kue kerawang atau kerawo merupakan salah satu makanan khas Gorontalo yang biasanya selalu ada di perayaan-perayaan besar. Misalnya, Natal, Lebaran, dan lainnya. Kue ini berupa kue kering dengan rasa coklat, keju, bahkan kopi. 

8. Saraba 

Saraba
(kompas.com) 

Ingin minum-minuman khas Gorontalo? Di Gorontalo ada Saraba, yaitu sejenis STMJ atau Susu Telur Madu Jahe. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat malam hari atau saat cuaca sedang dingin-dinginnya. Minuman ini cocok sekali untuk kamu yang menyukai rasa manis dan teman makan camilan. 

9. Sate Kambing Balanga 

Sate kambing balanga adalah makanan khas Gorontalo yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Gorontalo. Ada salah satu warung makan sate yang lezat, yaitu W.M Diva. Kamu bisa memesan sate kambing balanga yang lezat ini. Menariknya, sate ini menggunakan aneka campuran rempah sebagai bumbunya, seperti jintan dan kapulaga. Tertarik mencoba lezatnya sate ini? Langsung saja kunjungi lokasinya, ya. 

10. Kue Popolulu 

Makanan Khas Gorontalo
(tribunnews.com)

Kalau ke Gorontalo rasanya kurang jika belum mencicipi kue popolulu. Kue ini merupakan cemilan sederhana yang terbuat dari ubi dan disajikan dengan gula merah atau jajanan lainnya seperti pisang goreng. Menu ini cocok dinikmati saat santai di sore hari. 

11. Bubur Sagela

Kalau di Jawa kamu mungkin terbiasa makan bubur ayam, namun di Gorontalo kamu perlu mencicipi bubur sagela. Bubur ini menggunakan topping berupa ikan roa yang telah ditumbuk halus lalu diolah menjadi sambal roa. Kedengarannya nikmat, bukan? Bubur ini cocok dinikmati untuk sarapan kamu di Gorontalo. 

12. Es Brenebon 

Makanan Khas Gorontalo
(republika.co.id)

Ingin makan yang segar-segar di Gorontalo? Jangan sampai kelewatan mencicipi segarnya es brenebon. Es kebanggan Gorontalo ini berupa kacang merah yang disiram susu coklat dan es serut yang segar. Rasa manis dari susu dan kacang merah yang lembut menjadikan perpaduan yang nikmat. Minuman ini cocok sekali dinikmati di siang hari saat panas. 

13. Sashimi tuna 

Makanan Khas Gorontalo
(kompas.com) 

Kalau kamu pecinta makanan Jepang, kamu tentu sudah tak asing lagi dengan rasa sashimi tuna di Gorontalo. Ternyata warga Gorontalo juga menyukai ikan tuna mentah yang diberi bumbu khas Nusantara seperti sambal dabu-dabu. Wah, bagaimana ya rasanya ikan tuna dengan sambal dabu-dabu? 

14. Perkedel Nike 

Olahan masakan Gorontalo memang banyak menggunakan ikan sebagai bahan dasar utamanya. Termasuk perkedel nike ini. Perkedel ini tidak terbuat dari kentang, melainkan ikan nike atau ikan teri. Selain lezat, makanan ini tentunya memiliki gizi yang bagus untuk tubuh. 

15. Kue Pia Saronde 

Rekomendasi makanan khas Gorontalo selanjutnya adalah Kue Pia Saronde. Kue ini berupa kue pia dengan aneka isian yang manis dan renyah. Biasanya kue pia ini cocok dijadikan makanan oleh-oleh bagi para pelancong atau wisatawan. 

16. Sayur Putungo 

(tribunnewswiki.com) 

Kalau kamu mampir makan di beberapa tempat makan di Gorontalo, kamu mungkin akan menemukan makanan sayur putungo. Makanan jenis ini berbahan dasar utama jantung pisang yang diolah dengan bumbu seperti sayur lodeh. Rasanya gurih dan pedas. Cocok sekali untuk dimakan dengan nasi putih hangat. 

17. Ayam iloni 

Kalau ke Gorontalo, kamu juga tak boleh melewatkan ayam iloni. Makanan ini merupakan ayam bakar yang memiliki bumbu khas dan dicampur santan, lalu dibakar hingga matang. makanan ini sangat cocok jadi lauk pauk dengan pendamping sayur dan sambal. 

18. Lalampa 

(detik.com) 

Saat mendengar nama makanan lalampa, makanan apa yang terlintas di benak kamu? Bisa ditebak, makanan ini mungkin mengingatkan kita pada jajanan lemper atau arem-arem bukan? Bedanya, isian dari lalampa adalah ikan tongkol yang sudah dimasak dengan bumbu khas Gorontalo. 

19. Kue Tobu’u

Di Gorontalo ada kue tradisional, yaitu Kue Tobu’u. Kue ini berbahan dasar tepung beras, beras pulo, gula, santan, nangka, susu cair, dan vanili. Lalu dikukus hingga memiliki tekstur yang kenyal dan rasa manis yang bikin nagih. Dijamin gak cukup makan satu jajanan ini, deh. Kamu bisa menemukan jajanan ini di pasar. 

20. Duduli 

(tokopedia.com)

Rekomendasi makanan khas Gorontalo yang terakhir adalah Duduli. Makanan ini berupa dodol yang yang terbuat dari ketan, santan, dan gula merah. Uniknya, dodol ini dibungkus menggunakan daun woka. Bagaimana tertarik mencicipi jajanan ini? Yuk, langsung saja coba!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.