Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • 7 Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia, Hewan dan Tumbuhan

7 Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 24 March 2021 ∙ 4 menit membaca

Sebagai sumber tata surya, matahari punya manfaat yang sangat luar biasa bagi makhluk hidup di bumi ini. Yuk simak manfaat energi matahari bagi manusia, hewan, dan tumbuhan, Pins!    

Pinhome – Energi matahari seringkali bikin kita kepanasan, ya, Pins. Energi Matahari bisa panas karena berasal dari sebuah proses yang dikenal sebagai reaksi fusi nuklir. Hal ini menjadikan tekanan kuat di inti Matahari dapat menciptakan panas hingga suhu sekitar 15 juta derajat Celcius. 

Tapi jangan terlalu membenci panasnya matahari. Sebab, di balik silaunya, ada banyak manfaat energi matahari bagi hewan, manusia, dan tumbuhan.

Lalu apa saja manfaat energi matahari bagi hewan, manusia, dan tumbuhan? Yuk simak ulasannya berikut ini, Pins! 

Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia Sebagai Sumber Vitamin D 

manfaat energi matahari bagi hewan
(womensmentalhealth.org)

Tentu bukan lagi rahasia kalau energi matahari mengandung vitamin D yang baik untuk manusia. Paparan sinar ultraviolet (UV) matahari pada kulit manusia akan memicu sintesis vitamin D. 

Sintesis vitamin D ini akan diubah oleh ginjal dan hati kemudian menjadi vitamin D aktif yang bisa digunakan tubuh. Fungsi vitamin D ini untuk meningkatkan peresapan kalsium dan kesehatan tulang.

Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia Sebagai Sumber Listrik Tenaga Surya  

manfaat energi matahari bagi hewan
(thegorbalsla.com)

Manusia juga dapat memanfaatkan energi panas matahari sebagai sumber listrik tenaga surya. Pancaran listrik menggunakan energi matahari ini lebih ramah lingkungan dibandingkan sumber listrik lainnya. 

Cara memanfaatkanya dengan memasangkan panel surya yang biasanya terbuat dari logam di atas gedung. Panel ini kemudian akan menyerap panas dari matahari. Dengan berbagai teknologi, panas matahari akan diubah menjadi listrik.

Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan untuk Menghangatkan Tubuh

manfaat energi matahari bagi hewan
(wallpaperflare.com)

Energi matahari juga sangat bermanfaat bagi hewan, terutama untuk membantu menghangatkan tubuh. Apalagi hewan berdarah dingin seperti reptil, amfibi, dan ikan bergantung pada matahari untuk bertahan hidup. 

Saat matahari bersinar, tubuh mereka menyerap panas.  Hal inilah yang membuat tubuh hewan tersebut menjadi hangat sehingga mereka pun akan lebih aktif. Saat cuaca dingin, hewan-hewan ini cenderung lemas.

Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan untuk Menguatkan Tulang

manfaat energi matahari bagi hewan
(lonelyplanet.com)

Sama seperti manusia, manfaat matahari bagi hewan juga dapat membantu menguatkan tulang. Hal ini karena kandungan vitamin D yang dihasilkan matahari.  

Kondisi tulang yang kuat tentu dapat membantu hewan bertahan hidup di alam liar. Mereka pun tidak harus kesulitan mencari makan.

Manfaat Energi Matahari Bagi Hewan untuk Mencerna Makanan

(detik.com)

Ternyata, Pins, banyak hewan yang memiliki sistem pencernaan yang buruk secara alamiah. Misalnya ular yang sangat membutuhkan matahari untuk mencerna makanan yang mereka makan. 

Setelah makan, ular perlu menaikkan suhu tubuh untuk mencerna makanan. Panas dari sinar matahari dimanfaatkan untuk mencerna makanan, dengan cara berjemur di bawahnya. Dengan begini, proses pencernaan makanan dipastikan akan berjalan dengan cepat.

Manfaat Energi Matahari Bagi Tumbuhan untuk Berfotosintesis 

(kumparan.com)

Tumbuhan akan sangat membutuhkan energi matahari untuk berfotosintesis. Cahaya matahari dibutuhkan oleh tumbuhan sebagai sumber energi untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi gula (glukosa). 

Kemudian tumbuhan akan menyerap cahaya matahari melalui klorofil.  Jika gula sudah tersedia, maka tumbuhan akan membentuk senyawa organik lainnya yang akan diubah menjadi protein dan lemak. Nah, senyawa inilah yang berguna untuk tumbuhan agar bisa bernapas, berkembangbiak, dan sebagai cadangan makanan. 

Manfaat Energi Matahari Bagi Tumbuhan untuk Menjaga Suhu 

(asahsaya.com)

Manfaat energi matahari yang terakhir yaitu untuk membantu menjaga temperatur tumbuhan. Tak heran akan banyak ditemukan tumbuhan mati jika tidak ada panas matahari.  

Selain itu, energi matahari juga akan berdampak pada pertumbuhan bunga. Tanaman yang terpapar gelombang cahaya matahari yang tepat, akan tumbuh tinggi, cepat berbunga, dan  berdaun lebat.

Nah, itulah manfaat energi matahari bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Summarecon Serpong di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Linda

Editor: Rizko

Tags :

Bagikan Artikel