BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Ciri Khas Interior Rumah Minimalis yang Simple
0
0

15 Ciri Khas Interior Rumah Minimalis yang Simple

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 17, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Rumah minimalis dengan desain sederhana, seperti The Agathis, kini semakin populer dalam dunia desain interior. Pasalnya, ciri khas interior rumah minimalis menonjolkan kebersihan, keteraturan, dan fokus pada kebutuhan fungsional ruangan. Desain ini tentu akan cocok ketika Pins memilih rumah di Jakarta Timur dengan lahan yang sempit.

Bagi Pins yang bingung harus menerapkan desain rumah minimalis dari mana, coba pahami dulu bagaimana karakteristik dari desain ini. Dengan begitu, kamu bisa memaksimalkan interior rumah minimalis tanpa harus bersusah payah, sama seperti ketika Pins ingin menghitung cicilan KPR di Simulasi KPR Pinhome!

Ciri khas interior rumah minimalis

Masuk dalam fase tren hunian simpel dan sederhana, menjadikan tema minimalis layak diperhitungkan. Salah satu contoh hunian dengan karakter interior minimalis adalah Ananta Homes Tenjo.

Tema yang mengedepankan unsur-unsur sederhana pada pengaplikasiannya tersebut memang cocok untuk muda mudi masa kini. Bagi kamu yang mungkin ingin memiliki hunian minimalis bisa menjadikan Ananta Homes sebagai rekomendasi. Pasalnya, hunian ini masih menawarkan banyak unit yang tersedia.

Di sisi lain, minim corak dan warna, membuat desain interior rumah minimalis menjadi menarik dan terkadang terkesan lebih artsy.

Untuk Pins yang masih bingung dalam mewujudkan hunian bergaya minimalis, ada beberapa unsur yang akan Pinhome jabarkan di bawah ini. Diharapkan dapat membantu kamu dalam membuat hunian minimalis impian yang sederhana. Sebenarnya apa saja ciri khas utamanya? Simak yuk ulasannya!

Baca juga: 12 Tips Desain Interior Rumah Minimalis Makin Cantik

1. Memaksimalkan Sirkulasi Udara

interior rumah minimalis

Salah satu ciri khas dari interior minimalis adalah memaksimalkan sirkulasi udara. Hal ini terlihat jelas dari intensitas penggunaan kaca pada rumah minimalis, baik itu model kaca maupun jumlahnya.

Umumnya, jendela berukuran besar dengan jumlah yang cukup banyak diaplikasikan pada ruang tamu. Namun, tidak sedikit pula yang memaksimalkan sirkulasi udara dari jendela di kamar tidur maupun kamar mandi.

Selain membuat sirkulasi udara dalam rumah semakin baik, penerangan pun akan semakin alami dengan penghematan penggunaan lampu. Nilai estetika yang muncul dari penerapan cahaya berlebih pada hunian menambah kesan kesederhanaan dalam ruang.

2. Memiliki Taman Kecil di Rumah

contoh taman minimalis

Desain interior rumah minimalis memang tidak lengkap tanpa kehadiran taman kecil di dalam rumah. Taman tersebut cenderung berguna sebagai tempat masuknya cahaya, maupun koleksi tanaman hias. Ini akan menambah estetika tinggi pada desain interior rumah milik Pins. 

Bila masih ragu akan keterbatasan lahan maupun fungsinya, kamu bisa menambahkan kolam ikan minimalis maupun air mancur. Hal ini bertujuan menimbulkan ketenangan tersendiri dalam hunian. Gemercik suara air yang dikeluarkan dari kedua benda tersebut, dapat menambah kenyamanan setiap hari di rumah lho Pins!

3. Minim Dekorasi

Ruang Tengah Rumah Minimalis
Source : Shutterstock

Untuk sebagian orang, mungkin rumah minimalis terkesan membosankan karena minim dekorasi di dalamnya. Namun, justru bagi pecinta rumah minimalis, inilah rumah yang mereka idamkan. Kesan bersih, luas dan penuh dengan cahaya alami yang masuk menjadi ciri khas utama. Maka dari itu, tidak heran akan sedikit dekorasi yang kamu temukan pada hunian minimalis.

Untuk kamu pecinta dekorasi ruangan, kamu bisa menambahkan lukisan minimalis dengan corak warna monochrome ataupun tanaman hias di beberapa sudut ruang. Tanaman hias selain menambah kesan menarik dalam hunian, juga membuat sirkulasi udara dalam rumah semakin baik.

4. Konsep Desain Ruang Terbuka

Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan konsep Terbuka
photo via archify.com

Model ruangan dengan desain terbuka, kini pun mulai banyak diminati. Selain selaras dengan tema minimalis, desain ruang terbuka minim sekat membuat hunian dengan lahan terbatas terlihat lebih luas. Kamu bisa mengadaptasi desain ruang terbuka pada ruang makan, dapur dan ruang tamu sedangkan ruang pribadi seperti kamar tidur, kamar anak tetap dalam ruang tertutup.

Mengapa harus tanpa sekat? Bila kamu tetap ingin menggunakan sekat di dalamnya, kamu bisa menyiasatinya dengan portable sekat yang bisa dilipat. Ini akan memudahkan kamu untuk membuka dan menutup bila diperlukan dalam ciri khas interior minimalis.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 3 Lantai Kekinian

5. Bangunan Berbentuk Geometris

rumah sederhana di korea

Selain model interior, rumah minimalis yang cenderung mengedepankan kesederhanaan dari segi eksterior yang tampak sederhana. Pins bisa melihat hal ini dari bentuk geometris tanpa atap berbentuk segitiga, dan garis-garis tegas yang terbentuk pada setiap sisi bangunan. Ini menekankan bangunan bergaya minimalis modern yang kekinian. 

6. Cat Dinding Rumah Berwarna Monokrom

foyer ruang tamu monokrom
Source : Pinterest

Ciri khas interior desain rumah minimalis lainnya terlihat dari warna cat dinding ruangan. Pewarnaan pada dindingnya cenderung memakai warna dasar sederhana dengan mayoritas berwarna putih, abu-abu, atau coklat muda. Intinya adalah pewarnaan cerah yang sederhana dan minim warna yang mencolok.

Demikian pula dengan warna aksesoris dan furnitur. Pilihlah warna-warna yang serasi antara ornamen, furnitur, maupun aksesori lain dalam ruangan. Untuk kusen jendela dan pintu sebaiknya menggunakan warna-warna gelap dan tanpa profil.

7. Memiliki Furnitur yang Simple

desain rumah mini
Source : Pinterest

Perabot atau furnitur yang ada pada rumah minimalis memang lebih simpel dan cenderung kosong. Mengapa seperti itu? Hal tersebut dikarenakan dalam rumah minimalis desain interior dibuat berjarak dan jarang untuk kesan luas dan tidak terlihat penuh barang.

Selain mengedepankan unsur estetika pandangan mata, rumah seperti ini membuat penghuni lebih nyaman. Kamu bisa menggunakan perabot berbahan kayu untuk memadupadankan dengan interior minimalis. Interior rumah minimalis juga mengharuskanmu untuk memilih furnitur ruangan yang bergaya nuansa sama.

Warna putih dan warna-warna minus lainnya bisa kamu pilih untuk motif-motif furnitur ruangan. Furnitur seperti sofa bisa kamu rancang dengan warna coklat tua, sementara lemari dan rak boleh memakai kombinasi warna minus seperti coklat muda.

8. Memakai Kaca Besar di Ruangan Tertentu

Ruang Tengah Rumah Minimalis
Source : Pexels

Untuk rumah yang terlihat luas dan tidak sempit, banyak dari penghuni menyiasatinya dengan penggunaan kaca. Kaca pun juga menjadi ciri khas utama pada model interior rumah minimalis yang ditempatkan dalam beberapa ruang.

Dalam kamar tidur, Pins bisa menggunakan model kaca bulat besar seperti pada contoh di atas. Namun bila dalam ruang tamu atau keluarga, kamu bisa menggunakan cermin besar pada sebagian ruang untuk kesan ruang yang lebih luas.

9. Mengedepankan Efisiensi dari Furnitur

interior rumah minimalis

Selain menggunakan perabot yang simpel dan sederhana, model interior rumah minimalis juga mengedepankan efisiensi dan fungsi dari setiap furniture. Contohnya seperti penggunaan perabot multi fungsional antara lain meja makan lipat, tempat tidur dengan ruang penyimpanan, atau rak buku bacaan yang sekaligus menjadi pintu kamar mandi.

Semua ide menarik dalam desain hunian minimalis dapat kamu wujudkan dengan corak minim. Ternyata ciri khas model interior rumah minimalis itu tidak terlalu sulit untuk diaplikasikan bukan? Semua benar-benar mengedepankan kesederhanaan dengan minim corak dan warna. Selamat membangun rumah impian kamu!

Baca juga: 9 Desain Rumah Tropis Minimalis Paling Nyaman

10. Memanfaatkan Ruang dan Area Penyimpanan

meja makan aesthetic dengan rak
Source : Living in a Shoe Box

Rumah minimalis sejatinya memiliki ruangan yang multifungsi. Selain itu juga, agar rumah terlihat lebih luas maka hindarilah pemakaian furniture yang dapat membuat ruangan menjadi lebih sempit. Kamu harus menghindari pemilihan barang-barang yang besar untuk interior rumahmu agar ruangan tidak terasa penuh sesak.

Kemudian, optimalkan tempat penyimpanan. Untuk mendapatkan kesan rumah minimalis yang rapi dan bersih, hindari memajang barang-barang seperti buku dan mainan di tempat terbuka. Pastikan barang-barang tadi bisa masuk ke dalam rak atau lemari.

Untuk menyiasati keterbatasan tempat, kamu bisa mengoptimalkan tempat penyimpanan. Misalnya dengan membuat rak di kolong tempat tidur, lemari bawah tangga dan di bawah wastafel, atau di sudut-sudut rumah yang tidak terpakai.

11. Menggunakan Atap Rumah yang Tinggi

konstruksi-atap-skylight
Source : Pinterest

Atap merupakan hal yang penting dari sebuah rumah. Rumah dengan atap yang tinggi mampu membuat terkesan lebih luas dan jauh dari kesan sempit. Oleh karena itu, hal yang harus kamu lakukan jika ingin membangun sebuah rumah minimalis adalah dengan menggunakan atap rumah yang tinggi.

12. Memasang Lampu Terang

Source : Pexels

Setiap rumah dengan desain minimalis harusnya menggunakan lampu yang terang agar setiap sudut rumah menjadi terang. Rumah minimalis umumnya sangat memperhatikan pengaturan cahaya agar rumah terlihat lebih hidup dan mencirikan khasnya rumah berdesain minimalis.

Selain menggunakan lampu-lampu yang terang, kamu pun harus memperhatikan posisi jendela didalam rumah karena jendela tersebut sangat berpengaruh untuk pencahayaan diwaktu siang.

13. Kombinasi Dapur dan Ruang Tamu

desain interior minimalis
Source : Pinhome

Dalam desain interior rumah satu lantai, ruang tamu atau ruang santai keluarga memegang peran penting. Ruangan ini dapat ditempatkan di tengah-tengah rumah atau dekat dengan dapur dan ruang makan. Dengan penggunaan perabotan yang sederhana dan fungsional, Pins dapat menciptakan desain minimalis yang memukau.

14. Menggunakan Lemari Tinggi

desain interior minimalis
Source : Pinhome

Kamar minimalis dengan lemari tinggi telah menjadi tren yang tak lekang oleh waktu. Konsep ini memberikan solusi brilian bagi mereka yang menginginkan ruang yang terorganisir dengan baik tanpa mengorbankan estetika.

Kamar minimalis dengan lemari tinggi menciptakan atmosfer yang tenang dan teratur. Dengan memanfaatkan ketinggian ruangan, lemari tinggi membuka kesempatan untuk penyimpanan vertikal yang efisien. Ini berarti lebih banyak ruang lantai yang tersedia untuk perabotan atau ruang kosong yang menciptakan kesan lapang.

15. Memanfaatkan Hiasan Rumah yang Senada

Sebuah rumah minimais juga bisa diperindah dengan adanya hiasan-hiasan yang tentunya pas untuk dipandang. Tidak semua hiasan mampu mempercantik tampilan rumah minimalismu. Maka dari itu, hindari penggunaan hiasan yang terlalu besar dan gunakanlah hiasan yang terkesan simpel namun tetap elegan.

Kamu dapat menaruh cermin dengan ukuran besar sebagai hiasan dinding di rumah. Cermin yang besar dapat membuat rumahmu menjadi tampak lebih luas. Sesuaikan aksesoris ruangan dengan tema desain interior rumah minimalis.

Warna-warna putih dan silver masih tetap menjadi warna dominan. Bunga bisa kamu pilih dari jenis bunga melati berwarna putih yang harum, atau bunga-bunga sintetis lainnya dengan warna serupa.

Untuk furnitur lain seperti lampu, isi lemari, dan sebagainya juga mengikuti warna-warna yang ada. Sesuaikan dekorasi ruangan dengan tema rumah yang telah kamu tentukan. Dengan begitu kamu akan mewujudkan desain interior yang cantik dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Baca juga: 20 Desain Rooftop Minimalis Sederhana

Soure Feature Image: Wooden Flooring


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download