Pinhome

Tips Properti

6 Rekomendasi Model Pintu Kamar Tidur Yang Menarik

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 28 May 2021 ∙ 5 menit membaca

Pinhome – Pintu adalah salah satu unsur yang cukup penting dari sebuah ruangan. Pasalnya, pintu merupakan hal pertama yang Anda lihat dan Anda lewati saat memasuki ruangan tersebut. Selain berfungsi sebagai pemisah antara ruang, pintu ini tentunya juga memiliki nilai estetika yang dapat memperindah interior rumah serta memberikan privasi bagi pemiliknya. Salah satu ruangan yang paling bersifat personal di dalam rumah tentunya adalah kamar tidur. Pintu kamar tidur merupakan sesuatu yang wajib dimiliki.

Untuk menunjukkan ciri khas atau karakteristik dari pemiliknya, Anda dapat melakukannya dengan memilih desain pintu kamar tidur yang sesuai. Saat ini, sangat beragam sekali model-model pintu yang tersedia di pasaran. Mulai dari pintu kamar tidur minimalis, hingga pintu kamar tidur yang desainnya lebih kompleks. Berikut contoh model-model pintu kamar tidur yang dapat Anda pilih untuk Anda pasang pada kamar Anda.

Pintu Engsel

pintu kamar tidur
(Pinterest)

Contoh model pintu kamar tidur pertama yang dapat Anda jadikan pilihan yaitu model pintu engsel. Pintu engsel ini merupakan model pintu yang paling umum ditemukan pada rumah-rumah, mulai dari model rumah yang tradisional hingga rumah modern. Pintoe kamar tidur minimalis ini digunakan oleh kebanyakan orang karena modelnya yang cukup simpel. 

Pintu ini dapat dibuka tutup dengan cara diayunkan ke depan dan juga kebelakang. Pintu engsel ini tersedia dalam berbagai macam pilihan material mulai dari kayu, vinyl, hingga kaca. Pins dapat memilih material apapun yang dirasa paling cocok dengan estetika kamar tidur di rumah.

Pintu Geser 

pintu kamar tidur
(Pinterest)

Model pintu kedua yang dapat Pins pasang pada kamar tidur yaitu model pintu geser. Pintu geser atau yang biasa disebut dengan bypass ini juga cukup banyak ditemukan di rumah-rumah dengan desain minimalis. Memiliki ruangan dengan menggunakan pintu geser ini merupakan solusi bagi Pins yang memiliki rumah dengan ukuran yang terbatas namun memiliki ruangan yang cukup banyak. 

Hal ini karena pintu geser bukanlah pintu yang memakan banyak tempat sehingga Pins tidak perlu khawatir untuk harus menyisakan ruang untuk membuka dan menutup pintu ini. Sesuai namanya, pintu geser ini berfungsi dengan cara digeser ke kiri maupun ke kanan. Pintu geser ini merupakan salah satu pintu kamar tidur minimalis yang dapat Pins pilih.

Pintu Lipat 

pintu kamar tidur
(Pinterest)

Opsi selanjutnya yang dapat Pins pilih adalah model pintu lipat atau biasa dikenal dengan sebutan bifold. Model pintu lipat ini pada dasarnya hampir mirip dengan pintu geser, dimana pintu ini dapat dibuka tutup dengan cara digeser ke samping. Yang membedakan kedua pintu ini yaitu ketika Pins menggeser pintu bifold, pintunya akan otomatis melipat keluar. Pintu lipat ini juga akan memungkinkan Pins untuk membuka pintu dengan keseluruhan.

Pintu Pivot

(Pinterest)

Jika Anda mencari model pintu yang unik dan berbeda dari pintu biasanya, Anda dapat menjatuhkan pilihan Anda pada pintu dengan model pivot sebagai pintu kamar Anda. Pintu pivot merupakan model pintu yang saat ini masih cukup jarang ditemukan dalam rumah-rumah pada umumnya. Model pintu pivot ini dapat Anda buka dan tutup dengan cara didorong. Yang membuat pintu ini berbeda dari pintu lainnya yaitu engsel pintunya yang terletak di bagian tengah atas dan bagian tengah bawah. 

Jadi ketika didorong, pintu pivot ini akan terbuka di kedua sisi dan pintunya akan tertahan di tengah. Model pintu pivot ini tentunya sangat modern dan jauh dari kata konvensional. Tetapi, Anda harus menyiapkan ruang gerak untuk pintu ini berputar setidaknya 180 derajat. Jika Pins memutuskan untuk menggunakan pintu ini, kamar Anda pun akan memberikan kesan yang ekstra modern dan sangat elegan.

Pintu Ganda

(Pinterest)

Rekomendasi model pintu kamar tidur yang selanjutnya yaitu model pintu ganda. Konsep dari pintu ganda ini sebenarnya dapat dikatakan sama dengan pintu engsel. Yang membedakan kedua pintu ini adalah jumlah pintunya. Sesuai dengan namanya, pintu ganda ini terdiri dari dua buah pintu yang bertemu di tengah-tengah ketika pintu ditutup. 

Pintu ganda ini umumnya digunakan pada rumah yang memiliki ukuran yang cukup besar karena pintu ganda ini cenderung akan mengambil ruang lebih banyak. Pintu ganda ini dapat dikatakan sebagai pintu kamar tidur minimalis. Tetapi, penggunaan pintu ganda ini akan memberikan kesan yang mewah dan elegan pada interior rumah.

Pintu Dutch

pintu kamar tidur
(Pinterest)

Contoh model pintu kamar tidur yang terakhir yaitu model pintu dutch. Konsep pintu engsel memang konsep yang paling umum ditemukan. Pintu dutch ini merupakan model pintu engsel yang terdiri dari dua bagian, yaitu bagian atas dan bawah. Pintoe dutch ini dapat Anda buka hanya satu bagian saja, atau dibuka keduanya secara bersamaan. 

Pintu model dutch ini pun dapat merangkap sebagai jendela jika Anda hanya membuka bagian atasnya saja sehingga sirkulasi udara kamar tidur Anda pun akan lebih baik. Pintu ini dapat memberikan rumah Anda sentuhan yang spesial. Jika Anda tertarik dengan gaya pintu yang tradisional tetapi masih memberikan kesan yang berbeda, Anda dapat memasang model pintu dutch ini di kamar Anda.

Baca Juga: 10 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah

Itulah beberapa rekomendasi model pintur yang dapat Anda instal pada kamar tidur Anda. Anda dapat memilih pintu kamar tidur yang paling sesuai dengan karakteristik diri Anda ataupun yang Anda rasa paling cocok dengan interior rumah Anda.


Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Ediotor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel