Pinhome

6 Merk Alarm Motor Terbaik, Cara Menggunakan Hingga Rekomendasinya

Dipublikasikan oleh Ahmad Baihaqi ∙ 26 January 2022 ∙ 6 menit membaca

Dunia otomotif telah berkembang dengan hadirnya alarm motor terbaik. Perangkat tersebut merupakan perangkat keamanan yang terpasang. Tujuan utamanya adalah untuk menghindari pencurian atau hal buruk lain.

Pencurian kendaraan bermotor di Indonesia berada pada angka cukup tinggi. Bahkan, salah 1 tahun saja ada puluhan ribu kasus pencurian. Misalnya, tahun 2012 saja ada sekitar 40 ribuan kasus pencurian.

Kondisi ini cukup mengkhawatirkan bagi banyak orang, terutama pemilik kendaraan bermotor. Perlu ada perangkat keamanan tambahan yang diberikan supaya kejadian ini tidak terulang kembali dan merugikan orang lain.

Melihat bahaya yang semakin besar ini, maka diciptakanlah sebuah perangkat anti maling. Perangkat ini biasanya disebut sebagai alarm motor yang bisa dipasang di semua jenis kendaraan roda 2 atau roda 4.

Namun, sebelum mengenal lebih jauh macam-macam alarm motor yang sering digunakan, ada baiknya Anda mengetahui beberapa informasi lainnya. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa informasi penting sebagai tambahan.

Fungsi Alarm Motor Terbaik

Fitur keamanan ini telah dirancang untuk memudahkan setiap pengguna roda 2 dalam kegiatan sehari-hari. Apalagi, jika Anda merupakan orang yang memiliki aktivitas padat di luar rumah.

1. Fungsi Engine Killer

Salah satu fungsi alarm motor adalah Engine Killer. Artinya, kunci yang aktif akan melindungi kunci kontak jika dibuka secara paksa ke posisi on. Nantinya, kendaraan akan mengedipkan lampu sein.

2. Fungsi sensor getar

Fungsi kedua adalah membunyikan sirine melalui benturan atau getaran. Saat kondisi alarm sedang aktif dan kendaraan mengalami benturan, maka mekanisme keamanan akan membunyikan sirine selama 3 detik.

3. Fungsi Remote Engine Stop

Fungsi ketiga ini cukup membantu bagi banyak pengendara saat parkir di tempat kurang aman. Hal tersebut karena pemilik kendaraan bisa menggunakan sebuah remote untuk mematikan kendaraan dari jarak jauh.

4. Fungsi anti Hijack

Fungsi selanjutnya adalah pengembangan dari Remote Engine Stop. Artinya, pengguna bisa mematikan secara total kondisi mesin dari posisi menyala ke mode off. Tentunya pengendara bisa melakukannya dari jarak jauh.

Tips Memilih Alarm untuk Motor

Sebelum lanjut ke macam-macam alarm motor yang sering dijumpai, Anda harus mengerti cara memilih alarm motor tersebut. Ada beberapa indikator yang bisa Anda jadikan petunjuk saat memilihnya.

1. Kelengkapan alat

Salah satu indikator yang bisa Anda pakai adalah kelengkapan alat dari alarm tersebut. Misalnya, dalam satu paket ada buku panduan, unit sirine, remote control, baterai backup, kabel, main modul dan sebagainya.

2. Kelengkapan fungsi

Kelengkapan fungsi menjadi salah satu indikator utama jika Anda ingin sebuah perangkat keamanan terbaik. Misalnya adalah fungsi anti maling, silent mode, anti angkat, hingga bahkan anti Letter T.

3. Harga

Masalah harga mungkin cukup sensitif bagi kebanyakan orang. Apalagi menyangkut keamanan kendaraan pribadi. Jadi pastikan saja harganya masih terjangkau bagi kantong, namun juga tidak terlalu murah supaya kualitasnya terjamin.

4. Kesesuaian

Untuk mendapatkan alarm motor berkualitas, maka perlu menyesuaikan dengan kendaraan Anda, bukan? Misalnya kendaraan injeksi atau tidak. Kedua tipe kendaraan ini tentunya akan memiliki kecocokan tersendiri pada perangkat keamanan.

5. Kelebihan

Setiap merek pasti memiliki kelebihan masing-masing. Oleh sebab itu, pilih saja yang sesuai dengan kriteria Anda. Pastikan juga bahwa perangkat keamanan tersebut cocok digunakan oleh kendaraan pribadi tersebut.

Rekomendasi Alarm Motor terbaik

Seperti yang sudah Anda ketahui, perangkat keamanan tersebut tidak terpasang langsung pada setiap motor. Namun, ada juga jenis alarm motor yang merupakan perangkat luar, namun bisa ditambahkan.

1. Super One Way New CE

Super One Way New CE RekomendasiMerk
Super One Way New CE | Source: blibli.com

Salah satu tipe atau merek alarm ini cukup banyak digunakan karena memiliki berbagai kelebihan. Selain peralatannya lengkap, namun juga harganya terjangkau. Bahkan mekanismenya cukup mudah dipahami.

Harga Super One Way New CE Rp 210.000

2. CR7 Bohante

CR7 Bohante RekomendasiMerk
CR7 Bohante | Source: autoyas.com

Selanjutnya ada CR7 Bohante yang memiliki kelebihan dari segi harga. Meskipun sangat terjangkau, namun fitur yang diberikan sangat lengkap. Bahkan terdapat juga fitur Search Mode, Mode Hazard, serta Anti Air.

Harga CR7 Bohante Rp 125.000

3. MP Super Two Way

MP Super Two Way RekomendasiMerk
MP Super Two Way | Source: tokopedia.com

Ada juga merek MP Super Two Way yang sangat cocok untuk kendaraan injeksi. Salah satu alarm motor terbaik ini memiliki kelebihan berupa Hi-tech Remote Control hingga Two Way System.

Harga MP Super Two Way Rp 590.000

4. BHT New Pink

BHT New Pink Rekomendasi Merk
BHT New Pink | Source: bukalapak.com

BHT New Pink juga cucup cocok jika Anda pakai dalam kendaraan injeksi. Apalagi kelengkapan dalam 1 paket juga sangat lengkap. Ditambah fitur anti rampas yang sangat berguna.

Harga BHT New Pink Rp 160.000 – Rp 180.000

5. MP Super One Way

MP Super One Way RekomendasiMerk
MP Super One Way | Source: tukangalarm.wordpress.com

Memiliki kelebihan berupa double remote serta silent beep. Selain itu, ada juga fitur Search Mode yang memungkinkan mencari kendaraan saat dicuri. Ditambah fitur lain yang sangat berguna juga.

Harga MP Super One Way Rp 390.000 – Rp 440.000

6. VINYX

VINYX RekomendasiMerk
VINYX | Source: blibli.com

Vinyx mungkin saat ini sangat banyak dipakai oleh para pengendara. Meskipun harganya relatif lebih tinggi, namun dari segi fitur keamanan jauh lebih lengkap dan lebih baik.

Harga VINYX Rp 190.000 – Rp 220.000

Mekanisme atau Cara Kerja

Sebenarnya, cara kerja alarm motor terbaik di setiap pabrikan motor memiliki kesamaan. Mungkin yang membedakan hanyalah pada komponen sistem kontrolnya saja. Jadi bisa dipahami dengan lebih mudah bagi pemula sekalipun.

Secara umum, biasanya setiap keyless motor akan menyimpan modul immobilizer sebagai inti dengan sistem bernama Smart Control Unit. Mungkin di pabrikan lain akan memiliki nama berbeda, namun mekanismenya sama saja.

Mekanisme keyless motor sendiri akan akan memancarkan sebuah sinyal dari immobilizer. Kemudian SCU akan mencocokkan dengan kode numerik tertentu yang sudah terdaftar. Setelah cocok, maka kenop kontak bisa diaktifkan.

Begitu juga sebaliknya, jika kode numerik tidak mengalami kecocokan, maka kenop tidak bisa menyala. Maka dari itu biasanya setiap kendaraan akan memiliki kode bawaan dari pabriknya.

Misalkan kendaraan terkena begal, kendaraan masih bisa menyala. Namun, ketika kenop kendaraan diputar pada posisi off, maka kendaraan motor tersebut tidak akan bisa menyala kembali.

Cara Memasang Keyless pada Motor Injeksi

Meskipun mekanisme ini cukup penting, namun tidak semua kendaraan memiliki perangkat keamanan tersebut. Hal ini karena mekanisme alarm di motor baru diterapkan pada kendaraan generasi terbaru saja.

1. Pahami prinsip kerjanya

Langkah yang pertama adalah memahami prinsip kerja, baik dari keyless atau mekanisme motor injeksi. Apalagi jika Anda hanya asal-asalan memasangnya, maka bisa saja merusak komponen injeksi kendaraan tersebut.

2. Potong kabel yang sesuai

Dalam pemasangan tersebut, tentunya Anda membutuhkan sambungan kabel. Namun, kabel mana yang harus diputus dan disambung? Biasanya yang perlu Anda putus adalah kabel massa supaya tidak menimbulkan konslet.

3. Bypass kabel

Jika Anda memilih alarm dengan daya listrik, maka hanya perlu melakukan bypass pada kabel. Tujuannya supaya tidak mengganggu komponen injeksi, terutama jika terjadi korsleting listrik.

4. Pemilihan jenis alarm

Terakhir, sebelum memasangnya, maka Anda perlu alarm motor terbaik. Pemilihan jenis keyless atau alarm sangat penting. Apalagi setiap alarm memiliki fungsi serta mekanisme kerjanya masing-masing.

Bagi setiap pengendara atau pemilik kendaraan roda 2, memiliki perangkat keamanan ini sangat perlu. Apalagi dengan alarm motor terbaik, maka kendaraan Anda jauh lebih aman daripada sebelumnya.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia