Wajib Tahu! 6 Efek Samping Sabun Cuci Muka Acnes Sebelum Digunakan

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ October 12, 2022 ∙ 4 menit membaca

Dalam melakukan perawatan wajah untuk sehari – hari, Anda tentu sering menggunakan produk – produk pencuci muka dari berbagai jenis, merek, dan harga bukan? Nah, dari sekian banyaknya produk pencuci wajah yang dijual di pasaran, tentu Anda juga harus memperhatikan kandungan bahan – bahan yang digunakan dalam setiap produknya.

Apalagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif dan rentan timbul masalah jerawat. Oleh karena itu, hal ini penting dilakukan untuk mengetahui efek samping sabun cuci muka acnes sebelum Anda gunakan nantinya. 

Sebelum membahas mengenai efek samping sabun cuci muka acnes, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tipe kulit yang umum dimiliki oleh seseorang.

Umumnya, tipe kulit seseorang ada 2, yakni normal dan sensitif. Sebelum membeli produk pencuci muka yang tepat, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu tipe kulit yang Anda miliki. Setelah itu, baru Anda cari produk acnes yang sesuai dengan tipe kulit Anda.

Biasanya, orang dengan kulit sensitif dan mudah berjerawat akan lebih memilih produk acnes. Hal ini dikarenakan, dalam produk acnes terdapat kandungan khusus yang berfungsi untuk mematikan bakteri penyebab jerawat sehingga membuat jerawat akan cepat hilang.

Efek samping sabun pencuci muka acnes

Banyaknya produk pencuci muka yang ada di pasaran dari berbagai jenis merek, harga dan lain – lain tentu sangat mudah membuat orang tergiur. Apalagi jika harga yang ditawarkan lebih terjangkau dengan hasil yang memuaskan, tentu akan lebih mudah membuat orang langsung memborongnya.

efek samping Sabun Cuci Muka Acnes

Namun, hal ini harus diwaspadai lebih awal sebelum membuat kulit wajah Anda rusak akibat produk yang ditimbulkan kedepannya. Maka dari itu, Anda perlu memahami kandungan bahan – bahan yang digunakan dalam setiap produk untuk mengetahui efek samping sabun cuci muka acnes yang digunakan nantinya. Umumnya, produk – produk acnes yang dijual di pasaran akan memberikan efek samping pada wajah diantaranya seperti berikut ini:

1. Membuat Kulit Semakin Kering

Hal yang paling umum terjadi dari efek samping sabun cuci muka acnes yang tidak cocok adalah membuat kulit wajah Anda semakin kering. Tak hanya untuk kulit normal saja, kulit yang berminyak pun akan mengalami hal yang demikian akibat produk yang digunakan.

Meskipun mampu untuk menghilangkan jerawat, namun produk tersebut nyatanya malah membuat kulit wajah Anda terlihat kering. Untuk itu, pilih produk pencuci muka yang tepat dengan memperhatikan tingkat pembersihannya. Seperti misalnya tinggi untuk kulit berminyak dan rendah untuk kulit kering.

2. Timbul Masalah Komedo di Wajah

Dikarenakan tipe kulit setiap orang berbeda – beda, maka manfaat dari produk acnes yang dihasilkannya pun berbeda juga. Bahkan, tak sedikit orang yang mengalami masalah komedo di wajah setelah menggunakan produk acnes tertentu.

Hal ini kerap kali terjadi akibat dari tidak cocoknya produk yang dipakai. Penting diperhatikan, apabila Anda memiliki tipe kulit sensitif sebaiknya harus berhati – hati dalam memilih produk acnes yang dijual di pasaran. Dikarenakan, mahal atau murahnya produk tersebut tidak menjadi jaminan produk itu cocok untuk digunakan di kulit wajah Anda.

3. Membuat Jerawat Semakin Banyak Bermunculan

Sebelum mengalami hal yang tidak diinginkan seperti munculnya jerawat di wajah yang semakin banyak, sebaiknya Anda mencoba melakukan testimoni produk di area selain wajah. Salah satunya dengan mengoleskan produk acnes di area sekitar leher maupun di tangan. Apabila efek samping sabun cuci muka acnes memang ada, maka biasanya akan timbul kemerahan di sekitar area yang dioleskan tadi.

4. Timbul Ruam – Ruam Kemerahan

Biasanya, reaksi awal dari produk acnes yang digunakan pada orang yang tidak cocok yakni akan timbul ruam – ruam kemerahan di area sekitar wajah. Munculnya ruam – ruam kemerahan ini umumnya terjadi sebagai reaksi dari kandungan bahan – bahan pada produk acnes yang digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera hentikan pemakaian produk acnes jika timbul masalah tersebut.

5. Terjadi Iritasi Kulit

Tak hanya menjadikan kulit kering, ketidakcocokan produk acnes juga menimbulkan iritasi kulit pada wajah. Untuk meredakan iritasi yang ditimbulkan ini, Anda sebaiknya menghentikan produk acnes sebelum mengalami masalah yang semakin parah.

6. Menjadikan Kulit Semakin Sensitif

Penting untuk mengetahui jenis kulit Anda sebelum menggunakan produk acnes pencuci muka. Sebab, efek samping sabun cuci muka acnes bagi yang tidak cocok justru akan menjadikan kulit semakin sensitif.

Tips Meminimalkan Resiko Efek Samping Sabun Cuci Muka Acnes

Banyaknya orang yang belum mengetahui tips yang tepat untuk meminimalkan resiko efek samping sabun cuci muka acnes, justru mengakibatkan kulit wajah mengalami berbagai masalah – masalah tertentu.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan tips mudah sebelum memutuskan untuk membeli produk acnes yang dijual di pasaran. Yakni dengan cara melakukan uji coba seperti mengoleskan produk di bagian kulit belakang telinga. Apalagi, bagian tersebut dikatakan lebih sensitif jika dibandingkan dengan kulit wajah. Jika tidak muncul apa – apa, maka produk tersebut aman digunakan.

sumber gambar : tokopedia.com

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia