5 Rekomendasi Kamera Mirrorless di Bawah 5 Juta Spek Bagus!

Diperbarui oleh Annisa Hapsari ∙ May 9, 2022 ∙ 6 menit membaca

Adanya kamera mirrorless di bawah 5 juta merupakan keberuntungan tiada tara bagi penyuka fotografi. Tidak perlu mengeluarkan uang lebih besar jika melalui nominal minimalis saja sudah dapat yang terbaik. Tapi, harus pintar juga dalam memilihnya.

Perkembangan teknologi berperan besar dalam segala hal, termasuk salah satunya dunia fotografi. Jika dulu harus menggunakan kamera jadul, kini tidak lagi demikian. Siapa saja dapat menjalankan hobi sebagai seorang fotografer melalui bantuan alat lebih canggih.

Tips Memilih Mirrorless Camera Terbaik

Trik pemotretan bisa menyangkut banyak hal hingga akhirnya menghasilkan foto yang bagus. Adanya kamera mirrorless di bawah 5 juta adalah sebagai alat bantu untuk menyempurnakan hasil jepretan. Untuk itu, jangan asal pilih, pastikan mempertimbangkan hal berikut:

1. Mengetahui Ukuran Sensor yang Dibutuhkan

Sesuai persis namanya, kamera ini tidak dilengkapi fitur cermin sehingga pemilihan sensor harus dipikirkan betul. Ada beberapa jenis lensa berikut keunggulan berbeda-beda. Ada four thirds, APS C, full frame, dan kelas lebih elite terdapat jenis sensor medium format.

Four thirds kemampuannya menangkap full frame setengahnya. APS C mampu menangkap mid range. Full frame mendukung pengambilan gambar wide atau lebih luas, dan medium format hadir dengan kemampuan lebih mutakhir, yakni hasil tangkapan lebih besar, contohnya banner.

Setiap jenis sensor memberikan efek berbeda, termasuk kisaran harga yang ditawarkan. Jenis serupa bisa dibanderol dengan harga berbeda, bergantung pada merk juga.

2. Memahami Resolusi Kamera

Logikanya semakin tinggi resolusi maka semakin jernih hasil tangkapan yang didapatkan. Sekarang ini sudah banyak tersedia berbagai mirrorless camera dengan dukungan resolusi ciamik. Contohnya yang paling banyak dijadikan andalan adalah fitur 4k display.

Perlu dicatat bahwa semakin tinggi resolusi maka semakin tinggi juga kisaran harga yang ditawarkan. Setiap brand dengan spek mirip juga hadir dengan penawaran angka tidak sama.

3. Mempelajari Desain Serta Fiturnya

Untuk desain disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Desain ini lebih ke tampilan fisik yang dapat diidentifikasi secara langsung dan biasanya tidak berhubungan dengan fungsi atau berbagai fitur penting. Jadi, desain luar murni disesuaikan dengan selera para pengguna saja.

Berbeda dengan fitur, fitur itu lebih ke apa saja yang dapat difungsikan dari kamera mirrorless di bawah 5 juta tersebut. Semakin lengkap fiturnya maka semakin bagus nilai barang tersebut. Beberapa fitur yang kerap dijadikan acuan biasanya penghilang noise, viewfinder, stabilizer, dan vari-angle.

Memilih alat potret dengan fitur terlengkap berpengaruh terhadap kualitas pengambilan gambar dan perekaman video. Pastikan Anda menyesuaikan dengan kebutuhan sebab setiap orang berbeda-beda.

4. Memilih Lensa Sesuai Kebutuhan

Hal menarik dari mirrorless camera adalah kemudahan mengganti-ganti lensa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemotretan. Dalam satu kali pengambilan gambar, Anda dapat mengganti lensa sesuai dengan kebutuhan. Kelebihan ini terbilang cukup unik.

Setiap fotografer memiliki kenyamanan berbeda terhadap pemakaian lensa. Mirrorless camera memberikan kemudahan lebih besar bagi siapa saja. Fotografer dapat lebih mudah menghasilkan tangkapan gambar berkualitas dengan satu kali take.

Baca juga: 5 Rekomendasi Laptop Tipis Terbaik Spek Dewa 2021

Rekomendasi Mirrorles Anti Mahal

Ketika mencari berbagai jenis kamera mirrorless di bawah 5 juta, Anda akan menemukan berbagai merk. Setiap merk membagi lagi jenis-jenisnya berdasarkan spesifikasi berbeda. Biasanya untuk harga di bawah 5 juta, yang direkomendasikan adalah:

1. Fujifilm X-A20

Fujifilm X A20 RekomendasiMerk
Fujifilm X A20

Fujifilm X-A20 dirilis pada 2018 lalu dan target pasarnya adalah para pemula. Kemudahan operasional membuat siapa saja tidak kesulitan menggunakan kamera ini. Bodi ramping mudah dibawa ke mana saja, sementara harga miring menjadi daya tarik lainnya dari Fujifilm X-A20.

Bagi para pemotret yang suka kesan natural tanpa banyak edit, alat potret ini merupakan pilihan tepat. Gradasi warna dan hasil gambar yang yang dikeluarkan an-najah cukup bagus tanpa harus diedit terlalu banyak.

Varian dari fujifilm satu ini mendukung hobi para pemiliknya untuk selfie karena terdapat layar sentuh yang dapat diputar 180 derajat. Sampai saat ini kabarnya Fujifilm belum mengeluarkan seri terbaru, barangkali karena seharian ini saja sudah tergolong ciamik.

2. Nikon 1 J5

Nikon 1 J5 RekomendasiMerk
Nikon 1 J5

Nikon 1 j5 tergolong sebagai kamera fleksibel yang dapat dibawa ke mana saja karena ukurannya kecil. Dimensinya hanya berkisar 31,5 x 59,7 x 98,3 mm. Bobot keseluruhan mencapai 232 gram, sangat ringan untuk dibawa travelling.

Rilis pada tahun 2015, Nikon 1 j5 memiliki shutter speed 1/16.000 second dan ISO 160-12800. Tentu saja sudah dilengkapi dengan fitur memutar sampai 180 derajat dan mendukung hobi selfie para pemiliknya. Besaran video yang diambil adalah 4K@15fps.

Dengan harga yang cukup terjangkau, walaupun rilisnya sudah sekitar 6 tahun silam tapi masih banyak fotografer memanfaatkannya. Terlebih lagi bobot kamera yang begitu ringan sehingga tidak menyulitkan ketika dibawa bepergian.

3. Olympus PEN E-PM2

Olympus PEN E PM2 RekomendasiMerk
Olympus PEN E PM2

Konon merk Olympus kerap menjadi pionir di antara berbagai merk lainnya. Hal tersebut juga berlaku pada dunia mirrorless camera. Olympus PEN E-PM2 hadir dengan harga miring sebagai kamera tanpa cermin pertama di kelasnya.

Pada masa awal kemunculannya, varian kamera dari Olympus sudah dilengkapi dengan fitur penangkapan gambar dan perekaman video berkualitas tinggi. Resolusi tangkapan sebesar 4640 x 3472 dan mode perekaman HD.

Tapi, tidak seperti jenis kamera lainnya yang dapat diputar 180 derajat, Olympus PEN E-PM2 tidak memiliki fitur tersebut titik sebagai pionir di antara merek lain, kekurangan ini dapat ditoleransi, terlebih spesifikasinya juga ciamik.

4. Canon EOS M100

Canon EOS M100 RekomendasiMerk 1
Canon EOS M100

Untuk berbagai tipe, dapat dikatakan merk Canon sangat mudah didapatkan, baik barang baru maupun bekas. Selain itu untuk aksesoris juga banyak dipasarkan berikut dengan servis atau perbaikan yang sangat mudah ditemukan di pusat perbelanjaan atau bukan.

Nampaknya Canon EOS M100 tidak hanya disukai para fotografer, namun juga para editor. Titik AF-nya ada sekitar 49 titik dengan resolusi mencapai 6000 x 4000 raw. Proses pengambilan gambar disertai dengan kemudian mengedit menjadi nilai tambah dari Canon EOS M100.

Canon mengeluarkan varian tersebut sangat ramah di kantong para pemula dengan proses pengambilan gambar tidak rumit. Layarnya mendukung pemutaran sebesar 180 derajat untuk dimanfaatkan sebagai foto selfie maupun kegiatan membuat video blog.

5. Sony Alpha 5100

Sony Alpha 51000 RekomendasiMerk
Sony Alpha 5100

Jenis kamera tanpa cermin terakhir yang direkomendasikan karena seharga dibawah 5 juta adalah dikeluarkan oleh Sony. Meskipun terbilang sebagai varian lama, namun masih banyak fotografer yang menjatuhkan pilihan pada Sony.

Sudah dilengkapi dengan fitur memutar 180 derajat dan fitur NFC membuat keluaran Sony ini memang mampu bersaing dengan beberapa merek lain. Terlebih lagi kisaran harganya sangat terjangkau sehingga pemula tidak akan merasa rugi membelinya.

Daftar Harga Kamera Mirrorless di Bawah 5 Juta

[table id=30 /]

Dari berbagai brand yang sudah disebutkan, mana yang paling masuk ke dalam kategori pilihan Anda? Setiap jenis memiliki detail berbeda, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan. Pastinya semua kamera mirrorless di bawah 5 juta memiliki keunggulan tidak sama.

Baca juga:

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial 9 Bank dengan Penawaran KPR Terbaik

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR menjadi solusi terbaik untuk kamu yang ingin memiliki rumah idaman

Finansial
Finansial Cicilan DP Rumah Sebaiknya ke Developer atau Bank Ya?

Sekarang, bank bukan lagi menjadi satu-satunya tempat yang menawarkan uang muka tanpa bunga atau ci

Finansial
Finansial Cara Mengajukan Permohonan Keringanan Cicilan untuk KPR BTN

Membeli rumah dengan KPR, misalnya di Bank BTN membuat kamu wajib melakukan pembayaran cicilan seti

Gadget
Gadget 9 Cara Membuat PowerPoint di HP, Lengkap dan Mudah

Membuat presentasi dadakan akan sangat mudah jika dilakukan lewat HP. Hal ini dapat dilakukan tanpa

Finansial
Finansial Apakah Ada Cara KPR Rumah Bekas Tanpa DP? Ini Jawabannya

Cara KPR rumah bekas tanpa DP kini jadi incaran karena bisa jadi pilihan tepat untuk mereka yang in

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia