Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 5 Minuman Khas Jakarta alias Minuman Khas Betawi

5 Minuman Khas Jakarta alias Minuman Khas Betawi

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 15 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Nusantara kaya akan ragam kesenian, budaya, dan juga kuliner. Tak terkecuali dengan Jakarta atau Betawi. Meskipun jika dibandingkan dengan suku lain, suku Betawi itu seperti berjumlah lebih sedikit, akan tetapi ragam kesenian, budaya, dan kulinernya bisa dibilang lumayan kaya.

Ada yang tahu Bir Pletok? Nah ini merupakan jenis minuman khas Betawi. Selain Bir Pletok, di Betawi juga ternyata ada minuman khas yang lainnya. Apa sajakah itu? Ini dia di antaranya.

1. Bir Pletok

Sebelum membahas minuman yang lain, kurang puas rasanya jika kita tidak mengupas tentang Bir pletok. Ya, Bir pletok, meskipun dinamakan bir, minuman ini tidak mengandung alkohol sedikit pun. Minuman ini terbuat dari aneka paduan rempah. Dari mulai jahe, daun pandan wangi, hingga serai.

Berdasarkan buku Pusaka Cita Rasa Indonesia: Ragam Minuman Indonesia yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, minuman Bir pletok diciptakan orang Betawi. Konon penciptaannya in karena pengaruh pesta orang Belanda. Nah biasanya, orang-orang Belanda ini menyajikan anggur bagi para tamu. Tapi karena sebagian besar suku Betawi merupakan Muslim, diciptakanlah minuman yang mirip dengan bir. Dengan menggunakan aneka rempah tadi. Ada pun nama pletok diambil dari suara yang muncul saat tutup botolnya dibuka.

2. Es Doger

Minuman kedua yang berasal dari Betawi adalah es doger. Ya, walaupun kini es doger bisa dijumpai di mana-mana, akan tetapi aslinya, es doger itu berasal dari Betawi. Dan memang, akhirnya es doger in menjadi populer. Namanya sendiri konon diambil dari penyingkatan ‘dorong gerobak’ doger. Sebab penjual es doger pada umumnya menggunakan gerobak dorong saat menjajakan jualannya. Paduan ketan hitam, tapai singkong, pacar cina, sagu mutiara, sirup merah, serutan es batu, serta siraman susu kental manis membuat es doger sangat segar untuk dinikmatii di siang hari yang terik. Atau malah sebagai minuman takjil saat berbuka puasa.

3. Es Selendang Mayang

Nama minuman yang satu ini memang tidak sepopuler es doger. Akan tetapi rasanya sangatlah nikmat. Sebanding dengan nama dan tampilannya yang cantik. Ya, es selendang mayang berisi potongan tepung hunkwe berwarna-warni. Perpaduan dengan kuah santan, air gula, serta es batu membuat es selendang mayang terlihat cantik. Karena kebanyakan isinya berupa potongan hunkwe, es selendang mayang tak hanya segar, tetapi juga mengenyangkan.

4. Es Campur Betawi

Es campur memang bisa kita temui di banyak wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah di Betawi. Ya, Betawi juga punya minuman khas berupa es campur. Isinya tak jauh berbeda dari es campur yang lain. Ada kelapa muda, alpukat, nangka, dan buah mangga. Dan dengan dicampurkan susu cair, sirup, atau gula membuat es campur terasa nikmat. Ah ya, es campur ala Betawi ada sedikit bedanya. Terkadang, es campur ini diberi tambahan bubur sumsum. Jadinya es campurnya semakin lengkap.

5. Kopi Jahe

Minuman yang satu ini juga memiliki cita rasa rempah layaknya bir pletok. Ya, dialah kopi jahe. Suatu minuman yang terbuat dari air hasil rebusan cengkih, kayumanis, garda mangga, daun pandan, dan juga jahe. Air rebusan ini kemudian dipakai untuk menyeduh kopi. Dengan ditambahkan susu kental manis atau gula pasir jadilah kopi jahe yang rasanya kaya akan rempah. Secangkir kopi jahe ini rasanya pas sekali ya untuk disantap di sore hari? Atau di malam yang dingin. Rempahnya jelas akan membuat tenggorokan dan perut terasa hangat.

Dalam buku yang ditulis oleh Akademi Kuliner Indonesia, yang mempunyai judul Kuliner Betawi Selaksa Rasa & Cerita disebutkan bahwa secangkir kopi jahe memang biasanya disajikan di sore hari. Tak hanya itu, kopi jahe juga menjadi suguhan bagi siapa pun yang bertamu ke keluarga Betawi.

Itu dia 5 minuman khas Jakarta alias minuman khas Betawi. Kita pasti jarang mendengar lengkap tentang kelimanya. Harus ke Jakarta langsung untuk bisa tahu dan mencicipi kesemuanya. Selain memang jarang ditemukan di daerah lain, mencicip secara langsung ke Betawi tentu akan membuat kita tahu rasa otentiknya.

Berencana mengagendakan traveling ke Jakarta dalam waktu dekat? Cek saja tiket pesawat Air Asia murah di sini. Supaya kita bisa menghemat budget transportasi. Selain tentunya biar bisa mengalihkan budget lebihnya untuk membeli oleh-oleh Betawi.

Jangan lupa untuk selalu taat pada protokol kesehatan. Sebelum pergi, selama di perjalanan, di tempat tujuan, hingga tiba lagi di rumah. Supaya badan selalu sehat, dan semua hal selalu lancar.

Tags :

Bagikan Artikel