5 kelebihan dan 3 kekurangan Software Pendidikan - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Edukasi
  • 5 kelebihan dan 3 kekurangan Software Pendidikan

5 kelebihan dan 3 kekurangan Software Pendidikan

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 22 August 2021 ∙ 4 menit membaca

Kelebihan dan kekurangan Software Pendidikan – Kerugian utama dan manfaat menggunakan software pendidikan. Mengapa eLearning begitu populer di tahun 2021? Mari kita coba mencari tahu!

Kelebihan Dan kekurangan menggunakan software pendidikan

Penggunaan teknologi inovatif membuka banyak peluang di setiap bidang, tidak terkecuali industri pendidikan. Penerapan teknologi baru telah membentuk kembali sektor pendidikan, terutama selama pandemi COVID-19, ketika semua orang belajar online, kita bisa merasakan semua manfaat menggunakan perangkat lunak pendidikan.

Menurut statistik, pasar eLearning global akan mencapai $167 miliar pada tahun 2026 . Namun, penting juga untuk mempertimbangkan kekurangan penggunaan software untuk pendidikan.

Untuk Apa software Pendidikan Digunakan?

Menggunakan teknologi di sektor pendidikan telah benar-benar mengubah permainan. Ini memungkinkan peningkatan pendidikan siswa tidak peduli tingkat dan usia mereka. Software eLearning memungkinkan mempelajari kursus dan mempelajari informasi baru kapan saja dan di mana saja.

Satu-satunya kebutuhan siswa adalah komputer atau smartphone dan koneksi internet yang stabil. Mari kita lihat lebih dekat 5 alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan pengembangan perangkat lunak eLearning.

kelebihan dan 3 kekurangan Software Pendidikan

5 kelebihan utama software pendidikan

Software pendidikan menyederhanakan proses yang kompleks ini dan membawa banyak keuntungan bagi guru dan siswa. Beberapa situs web dan aplikasi yang tersedia telah mendapatkan reputasi hebat karena pengalaman pengguna yang luar biasa dan pencapaian pelajar yang tinggi. Mari kita lihat 5 manfaat utamanya:

1. Mengatur Konten Dan Memberikan Akses Ke Itu

Anda dapat menyimpan semua bahan dan menyusunnya di satu tempat yang aman. Dengan cara ini, Anda menyimpan semua informasi penting dan dapat dengan mudah membuat kursus yang berbeda. Apalagi semua anggota tim bisa mengaksesnya jika menggunakan LMS berbasis cloud.

Ini adalah pilihan ideal untuk tim yang bekerja sama di sekolah yang sama atau lembaga pendidikan lainnya. Anggota tim juga memiliki akses tak terbatas ke materi dari perangkat apa pun untuk melakukan tugas yang diperlukan atau mempelajari informasi baru. Selain itu, bahkan tim dan audiens internasional dapat menggunakan eLearning karena perbedaan zona waktu dihilangkan.

2. Melacak Kemajuan dan Perilaku Siswa

Pelacakan dan pelaporan kemajuan pelajar adalah fungsi kunci lain dari software pendidikan online. Ini memungkinkan penawaran konten yang lebih dipersonalisasi berdasarkan pengalaman dan pencapaian siswa tertentu. Ini juga membantu Anda meningkatkan konten kursus atau program agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keahlian sebagian besar siswa. Jika Anda memberikan laporan kepada peserta didik, itu membuat sekolah online Anda terlihat lebih bertanggung jawab dan profesional.

3. Pengurangan Biaya Pendidikan

Ini mungkin salah satu manfaat paling substansial dari perangkat lunak pendidikan untuk sekolah. Di masa krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi, pemotongan biaya adalah prioritas untuk bisnis apa pun. Dan online adalah cara paling populer untuk mencapainya. Bisnis menghemat biaya sewa, pajak, materi pembelajaran, dll. Teknologi inovatif memungkinkan pengguna belajar dari rumah, dan satu-satunya biaya adalah akses internet dan harga kursus atau program.

4. Mengurangi Beban Kerja Guru

Software ini dapat mengotomatiskan banyak proses dengan kepentingan sekunder dan membantu guru fokus pada aktivitas utama mereka. Misalnya, alat khusus menyediakan akses ke informasi siswa, memberikan nilai untuk tugas ujian, memeriksa pekerjaan rumah, dan menangani proses lain yang memakan waktu.

5. Keterlibatan dan Kinerja Siswa yang Ditingkatkan

Teknologi mutakhir seperti AI, AR, dan VR adalah tren di industri pendidikan. Perangkat lunak pembelajaran seluler adalah solusi ideal yang ditargetkan dan dirancang sesuai dengan kebutuhan dan minat berbagai kategori siswa. Selalu ada masalah dengan pelajar pra-sekolah dan sekolah dasar, tetapi gamifikasi proses dan penggunaan berbagai kegiatan meningkatkan minat. Tugas out-of-the-box meningkatkan kreativitas dan membuat anak-anak tetap terlibat dan termotivasi lebih lama.

Software lainnya: Express Invoice software invoice termudah dan terlengkap

3 kekurangan software pendidikan

Namun, masih ada beberapa kekhawatiran tentang penggunaan solusi perangkat lunak pendidikan. Agar objektif, mari kita lihat mereka lebih dekat.

  1. Sulit Mendapatkan Perhatian Siswa

Baik belajar dari rumah atau bekerja dengan komputer di kelas, menjaga perhatian siswa merupakan tantangan bagi guru mana pun. Itu sebabnya guru perlu mempersiapkan dan menyelesaikan kursus khusus terkait dengan metodologi efektif penggunaan software pendidikan dan interaksi dengan siswa. Gadget dan komputer sering kali mengalihkan perhatian siswa, dan guru harus siap menghadapinya dan tahu cara menghadapinya.

  1. Sulit Untuk Memilih Perangkat Lunak yang Paling Cocok

Dengan banyak aplikasi dan situs web pendidikan di pasar, sulit untuk memilih yang paling tepat. Ini terutama berkaitan dengan pendidikan anak-anak, karena ada banyak persyaratan software pendidikan untuk anak-anak. Itu harus menarik, mendidik, sesuai usia, tingkat pengetahuan yang benar, dll. Terkadang sulit bagi orang tua untuk membuat pilihan yang tepat.

  1. Bukan Pilihan Universal Untuk Semua Siswa

Siswa dengan masalah penglihatan atau masalah kesehatan lainnya mungkin tidak dapat menggunakan perangkat lunak pendidikan secara efektif. Itu sebabnya Anda perlu mempertimbangkan solusi lain, dengan mempertimbangkan kebutuhan siswa.

Software lainnya: Power Tab Editor freeware untuk membuat musik sesuai keinginan

Kesimpulan

Teknologi telah merevolusi semua bidang kehidupan kita dan pendidikan tidak terkecuali. Jika Anda mempertimbangkan proyek software pendidikan untuk bisnis atau institusi pendidikan Anda, Anda perlu memahami semua pro dan kontra. eLearning adalah kecenderungan kuat yang dapat meningkatkan pengalaman siswa dan membuat proses pembelajaran lebih fleksibel dan personal.

Tags :

Bagikan Artikel