Pinhome

Kesehatan

5 Kebiasaan Pemicu Keracunan Makanan di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Keracunan makanan biasanya disebabkan oleh kuman mikroba atau mikroskopis yang masuk dalam saluran pencernaan, sehingga akan berakibat meradangnya lambung atau usus seseorang. Gejala yang akan timbul apabila seseorang mengalami keracunan yaitu muntah hingga diare yang terus menerus.

Keracunan makanan terjadi karena berbagai faktor, salah satunya yaitu kebiasaan buruk yang sering dilakukan di rumah. Nah, berikut ini 5 kebiasaan yang dapat menyebabkan keracunan makanan di rumah:

Lupa Mencuci Bahan Makanan

Cucilah terlebih dahulu bahan makanan yang akan dimakan, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Hal tersebut akan dapat menghilangkan pestisida yang ada di buah dan sayur serta akan membuat Anda terhindar dari kuman yang menyebabkan keracunan. Sebaiknya cucilah buah dan sayuran di air yang mengalir, agar kuman yang ada dalam buah dan sayur dapat hilang dengan cepat.

Tidak Memeriksa Kemasan Makanan

Periksalah dahulu kemasan pada makanan yang Anda miliki, agar Anda dapat mengetahui cara yang tepat untuk menyimpan makanan tersebut. Makanan yang disimpan dengan cara yang benar akan membuat makanan tidak mudah rusak dan berjamur. Selain memeriksa kemasan, pastikan juga makanan yang Anda miliki tidak melampaui tanggal kedaluarsanya. Apabila Anda memiliki makanan yang tidak menggunakan pengawet, lebih baik tidak dikonsumi melebihi dari tanggal kedaluarsa.

Suhu Kulkas Menurun

Jangan biarkan suhu pada kulkas Anda menurun. Jika suhu kulkas menurun dan membuat kulkas menjadi kurang dingin, maka akan membuat kuman serta bakteri tumbuh lebih cepat pada makanan yang mentah seperti danging serta ikan. Sebaiknya aturlah suhu pada kulkas Anda di bawah 4 derajat Celcius, agar makanan yang ada di dalam kulkas terhindar dari kuman dan bakteri.

Menggabungkan Peralatan Dapur

Sebaiknya hindari menggabungkan beberapa peralatan dapur Anda, seperti pisau dan lainnya. Jangan gabungkan pisau untuk daging mentah dengan pisau untuk buah-buahan maupun sayuran. Jika Anda menggunakan peralatan yang sama untuk daging mentah dan buah atau sayur, maka kuman dan bakteri akan menyebar ke semua makanan. Bedakanlah peralatan dapur Anda untuk mengolah makanan yang mentah dan makanan yang matang.

Membiarkan Makanan Terlalu Lama di Suhu Ruangan

Jangan biarkan makanan matang Anda berada terlalu lama pada suhu ruangan. Hal tersebut akan membuat makanan rentang tercemar sopra serta bakteri yang dapat menyebabkan diare. Jika makanan sudah lebih dari 3 jam di suhu ruangan, sebaiknya panaskan terlebih dahulu sebelum dikonsumis. Simpanlah makanan di dalam kulkas atau freezer apabila tidak ingin memakannya lagi.

Keracunan makanan dapat dicegah apabila Anda menghindari lima kebiasaan tersebut di atas. Selain mencuci makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, cucilah tangan Anda sebelum makan atau memegang makanan agar bakteri tidak akan menempel pada makanan Anda.

Tags :

Bagikan Artikel