Pinhome

Kesehatan

5 Fungsi Kapur Barus yang Harus Kamu Ketahui

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pins pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata kapur barus atau yang sering kita sebut kamper. Kamper ini sering kita temui di beberapa bagian rumah, mulai dari sudut-sudut ruangan, di kamar mandi, di dapur, di dalam lemari, bahkan terkadang ada yang disimpan di dekat sepatu. Wah, multifungsi ya, Pins! Apa saja sih fungsi kapur barus? Yuk simak beberapa fungsi kapur barus yang harus kamu ketahui.

Tahukah kamu, kapur barus terbuat dari padatan lilin dengan aroma yang kuat. Kapur barus dihasilkan dari minyak terpentin dari pohon kayu salam. Namun, pohon kayu salam atau Cinnamomum Camphora kini semakin sulit ditemukan, sehingga kapur barus pun diproduksi secara sintetis.

Apa saja sih manfaat dari kapur barus?

Untuk mengusir tikus

Untuk mengatasi hewan tidak diundang masuk ke rumah kamu, kapur barus bisa jadi solusi lho, Pins! Kapur barus bisa mengusir tikus dengan ampuh karena wangi kapur barus tidak disukai oleh hewan pengerat ini. Jika tikus di rumah kamu sangat mengganggu, taruhlah beberapa kapur barus di sudut rumah kamu, maka tikus tidak akan datang lagi.

Untuk lemari dan perabot kayu

Jika Pins punya perabot kayu di rumah cobalah untuk menaruh kapur barus di sudut dalam lemari yang lembab. Kapur barus memiliki kandungan naftalena yang memberikan aroma yang tidak disukai rayap. Tapi, tidak disarankan menggunakan kapur barus pada lemari bayi ya Pins, Sebab zat kimia dalam kapur barus dapat memicu pecahnya sel darah merah dan meningkatkan kadar bilirubin dalam darah. Sehingga tidak baik bagi kesehatan si kecil.

Untuk membasmi kutu kasur

Jika Pins sering merasa gatal ketika bangun tidur, kemungkinan ada kutu di kasurmu. Kutu kasur atau tungau ini sangat kecil dan bandel. Terkadang kutu ini bahkan tidak dapat dibasmi hanya dengan racun serangga. Kutu kasur sangat mudah berkembang biak dan dapat menjadi sumber penyakit. Selain itu, kutu kasur pun dapat berpindah ke pakaian, perlengkapan tidur, hingga ke perabotan rumah Anda. Wah, pastinya Pins tidak mau hal itu sampai terjadi kan, Pins!

Untungnya, kapur barus bisa digunakan untuk membasmi kutu kasur. Untuk membasmi kutu kasur, Pins harus mencampurkan minyak tanah dengan kapur barus yang sudah ditumbuk halus. Aduk merata dan oleskan campuran ini di sela-sela kasur, ranjang, maupun sudut-sudut kasur yang bisa menjadi sarang kutu kasur. Campuran minyak tanah dan kapur barus dipercaya dapat mampu mematikan kutu kasur bahkan sampai pada telur-telurnya.

Untuk mengusir lalat buah

Salah satu penyebab gagal panen buah utama adalah karena serangan dari lalat buah atau bactrocera sp. Petani banyak menggunakan insektisida dan bioinsektisida. Namun penggunaan insektisida tidak selalu membawa dampak positif karena dapat merugikan organisme lain. Residu dari insektisida pun dapat berbahaya bila dikonsumsi manusia.

Karena itulah diperlukan pengusir lalat buah yang lebih aman dan murah yaitu dengan menggunakan kapur barus. Cara menggunakan kapur barus untuk mengusir lalat buah adalah dengan memasukkannya ke dalam kantong plastik, hancurkan sampai halus, lalu lubangi kecil-kecil plastik tersebut. Lalu tebarkan di buah-buah yang kamu tanam.

Untuk menghilangkan bau sepatu

Sepatu Pins mengeluarkan bau yang tidak sedap? Tapi kamu harus memakainya dengan segera? Tenang, Pins. Kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk mencuci dan menunggu sepatu Pins kering, ada solusinya. Pins bisa menggunakan kapur barus agar sepatumu wangi dan membunuh mikroorganisme yang ada dalam sepatu.

Caranya gampang, tumbuklah kapur barus sampai halus lalu taburkan ke dalam sepatu dan biarkan sehari semalam. Tapi, jangan terlalu sering menggunakan kapur barus ini, karena tidak baik untuk kulit, Pins. Gunakan kapur barus untuk menghilangkan bau sepatu untuk keadaan darurat saja ya.

Baca juga: Intip Khasiat Ampuh Kapur Barus Untuk Tubuh!

Itu dia beberapa fungsi dari kapur barus, semoga bermanfaat!


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel