Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 4 Jenis Burung Cucak Ijo yang Paling Bagus Di Indonesia

Hobi

4 Jenis Burung Cucak Ijo yang Paling Bagus Di Indonesia

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Jenis Burung Cucak Ijo Yang Paling Bagus. Burung cucak ijo saat ini sedang hangat-hangatnya diperbincangkan terutama oleh para pencinta sejati burung lokal. Burung ini termasuk kedalam burung papan atas sehingga tidak heran peminatnya kebanyakan dari kalangan atas dan kalangan orang orang berduit. Burung cuca ijo memiliki keunggulannya sendiri dibandingkan dengan burung kicau lainnya. yang menjadi ciri khasnya yaitu bisa terlihat  dari bulunya yang berwara hijau serta memiliki kualitas suara kicauan khas dan bervariasi.

Burung cucak ijo semakin tenar setelah banyak mengikuti ajang kejuaraan kontes burung yang diadakan oleh beberapa daerah di tanah air, baik itu ajang kejuaraan tingkat kota maupun kejuaraan tingkat nasional. Terdapat 4 jenis burung cucok ijo yang paling bagus yang tersebar diberbagai pulau di Indonesia, diantaranya cucak ijo Banyuwangi Jawa Timur, cucak ijo Kalimantan, cucak Ijo Sumatra, dan cucak Ijo mini.

Jenis Burung Cucak Ijo Paling Bagus

Cucak Ijo Jawa Timur ( Banyuwangi)

Dari berbagai jenis cucak Ijo di seluruh Indonesia yang paling banyak dicari dan diminati adalah cucak ijo dari pulau jawa timur yaitu banyuwangi.cucak ijo banyuwangi memiliki postur tubuh yang panjang kepala yang lebar. Dan untuk warnanya sendiri cenderung lebih tajam dibandingkan jenis cucak ijo lainnya.

Burung Cucak Ijo Kalimantan

Burung cucak ijo kalimantan jika dilihat memang agak mirip dengan cucak ijo banyuwangi. Namun dari segi warna bulu burung cucak ijo kalimantan berwarna ijo kekuning-kuningan. Setelah beranjak dewasa cucak ijo kalimantan tubuhnya berubah lebih kecil, ekornya menjadi lebih pendek dan kaku. Tetapi cucak ijo kalimantan untuk jiwa petarungnya tidak bisa diragukan lagi.

Burung Cucak Ijo Sumatra

Cucak ijo sumatra jenis burung cucak ijo yang paling mudah untuk dikenali, karena pada bagian dahi memiliki warna kuning keemasan, serta kedua pipinya berwarna biru. Sedangkan untuk postur tubunya, cucak ijo sumatra lebih pendek dan tambun. Namun untuk suara kicauannya tidak bisa diragukan karena memiiki suara yang khas. dan untuk masalah harga cucak ijo sumatra yang paling terjangkau dibanding jenis lainnya.

Burung Cucak Ijo Mini

Sesuai dengan namanya burung cucak ijo mini ini memiliki postur tubuh yang paling kecil dibanding dengan jenis lainnya. warna bulunya pun terlihat lebih matang serta warna dibagian kepalanya berwarna hijau tua. namun dari keempat jenis burung cucak ijo yang dijadikan sebagai burung master adalah burung cucak ijo mini ini.

Burung Cucak ijo yang memiliki kualitas super itu biasanya di bandrol dari harga jutaan hingga puluhan juta. Untuk mengetahui apakah burung cucak ijo berkualitas atau tidaknya bisa dilihat dari beberapa ciri sebagai berikut :

  1. Memiliki postur tubuh yang ideal dan agak sedikit panjang, dan bentuk ekornya yang mengepal kebawah.
  2. Bagian paruhnya yang sedikit lebih panjang serta tebal, hal ini menunjukan bahwa cucak ijo tersebut memiliki suara kicauan yang bagus.
  3. Bulu pada tubuhnya berwana hijau matang, serta warna pada bagian bawah paruhnya berwarna hitam pekat.
  4. Bentuk kuku yang meruncing.
  5. lidah dan mulutnya berwarna gelap.
  6. Cucak ijo yang bagus untuk mengikuti ajang kejuaraan sebaiknya cucak ijo jantan.

Itulah beberapa Jenis Burung Cucak Ijo Yang Paling Bagus yang tersebar di seluruh puali di Indonesia. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel