4 Cara Mengatasi Hidung Mampet Pada Bayi dengan Mudah dan Aman

Dipublikasikan oleh Mahardhika Gilang ∙ 8 July 2022 ∙ 3 menit membaca

Cara mengatasi hidung mampet pada bayi wajib diketahui oleh para orang tua. Pasalnya, hidung mampet pada bayi bisa terjadi kapan saja yang membuat bayi menjadi kesulitan bernafas karena penumpukan ingus dalam hidungnya.

Kondisi seperti ini pun membuat bayi menjadi rewel. Untuk itu, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Membersihkan Ingus dari Hidung Bayi

Seperti yang telah diketahui jika hidung mampet adalah karena adanya penumpukan ingus dalam hidung. Sehingga cara mengatasi hidung mampet pada bayi yang bisa dilakukan pertama ialah membersihkan ingus dari hidung bayi untuk mencegah penyumbatan.

Membersihkan ingus dalam hidung bayi dapat dilakukan dengan menggunakan cotton bud yang sebelumnya sudah dibasahi menggunakan air yang hangat. Supaya ingus yang telah mengeras pun bisa melunak dan dapat segera dikeluarkan dengan mudah dari dalam hidung.

Apabila ingus masih tidak bisa dikeluarkan menggunakan cotton bud, bisa dengan menggunakan bulb syringe atau alat penyedot ingus bayi. Alat tersebut bisa digunakan untuk membersihkan ingus pada bayi yang masih berusia 6 bulan ke bawah.

hidung mampet pada bayi

2. Menepuk Punggung Bayi

Jika bayi mengalami gejala hidung mampet dalam waktu yang lama, orang tua sebaiknya tetap tenang. Bayi yang hidungnya sering mampet memang akan sedikit lebih rewel karena merasa tidak nyaman saat bernafas.

Sehingga untuk mengatasinya, orang tua bisa mencoba menepuk punggung bayi hati – hati agar bayi merasa nyaman dengan tepukan tersebut. Untuk melakukannya, letakkan bayi dengan posisi tengkurap dan tepuk punggungnya. Bisa juga menepuk punggung bayi dengan menggendongnya.

Cara ini bisa dilakukan orang tua hingga beberapa kali hingga bayi merasa nyaman dan ingusnya menjadi encer. Ketika ingusnya sudah encer maka bisa segera dibersihkan agar tidak mengering dan membuat hidung bayi mampet kembali.

3. Mengatur Posisi Tidur Bayi

Selain membuat proses pernapasan terganggu, hidung mampet pada bayi juga bisa mengganggu kualitas tidur bayi. Hal ini membuat bayi tidak bisa tidur nyenyak dan rewel. Maka dari itu atur posisi tidur bayi agar tetap bisa tidur nyenyak.

Posisi tidur yang sangat dianjurkan saat hidung bayi mampet adalah dengan meninggikan posisi kepalanya. Ini bisa dilakukan dengan menaruh bantal yang agak tinggi di bawah kepalanya. Dengan posisi seperti ini dapat membuat bayi lebih mudah untuk bernafas.

Selain itu, posisi kepala yang lebih tinggi juga tidak membuat ingus mengeras. Cara ini memang tidak membuat hidung mampet bayi bisa langsung teratasi. Namun, setidaknya sang bayi bisa tidur dengan nyenyak.

4. Menjaga Kebersihan dan Kelembaban Udara

Udara yang kotor seperti asap rokok bisa menyebabkan jaringan hidung mengalami peradangan yang memicu peningkatan produksi ingus. Dengan demikian, kondisi udara yang kotor dapat memperparah kondisi hidung mampet yang sedang dialami oleh sang bayi.

Sehingga dengan menjaga kebersihan udara dalam rumah menjadi cara yang efektif dalam mengatasi hidung bayi mampet. Pasalnya, hal ini dapat membuat bayi terhindar dari menghirup partikel kotor dalam udara yang dapat menyebabkan hidung mampet.

Kelembaban udara dalam rumah juga harus dijaga agar bayi terhindar dari kondisi hidung yang mampet. Ini bisa dilakukan menggunakan alat vaporizer atau humidifier yang bisa membuat udara dalam ruangan lebih lembab.

Itulah cara mengatasi hidung mampet pada bayi yang aman dilakukan orang tua agar bayi tetap merasa nyaman dan cepat pulih. Dengan mengetahui cara-cara di atas, orang tua tidak perlu khawatir berlebihan lagi saat hidung bayi mampet.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Apartemen
Apartemen Pilih Apartemen 2 Lantai Tipe Loft Atau Duplex ?

Jenis apartemen sangat beragam misalnya jenis classix six, studio, garden, hingga convertible. Namu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 11 Model Keramik Dinding Teras Motif Batu Alam

Indonesia kaya akan batu alam yang sebenarnya sangat cantik dipasang sebagai bahan bangunan di ruma

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia