2 Pengertian Daya Saing Perusahaan Menurut Para Ahli, Cara Meningkatkan, dan 2 Contohnya

Dipublikasikan oleh Ani Ramdhani ∙ 28 February 2022 ∙ 3 menit membaca

pengertian daya saing perusahaan
Pengertian Daya Saing Perusahaan

Perdagangan bebas yang ada di kawasan ASEAN telah dimulai hingga pada akhirnya menimbulkan suatu persaingan yang sangat ketat bagi perusahaan. Oleh karenanya pada kesempatan ini kami akan memberikan definisi atau pengertian daya saing perusahaan, konsep, dan contohnya.

Daya Saing Perusahaan

Daya saing perusahaan adalah bagian daripada adanya kemampuan perusahaan dalam menghasilkan produk ataupun jasa guna memenuhi kebutuhan pasar internasional dan nasional. Sehingga tak khayal bahwa adanya daya saing perusahaan dilakukan guna menpendapatan laba yang tinggi dan diharpkan berkelanjutan.

Pengertian Daya Saing Perusahaan Menurut Para Ahli

Adapun definisi daya saing perusahaan menurut para ahli, antara lain;

  1. Porter (2008)

Daya saing perusahaan adalah bagian daripada adanya suatu bentuk kemampuan atau keunggulan yang dipergunakan sebagai rencana strategi dalam menciptakan bagian daripada akumulasi nilai perusahaan dan tidak dilakukan oleh para pesaing dan sulit untuk ditirukan oleh pesaing.

  1. Handriani (2011)

Daya saing perusahaan adalah bagia daripada adanya tingkat sampai sejauh mana suatu bentuk korporasi dapat dengan mudah untuk memenuhi permintaan pasar, baik domestik maupun internasional, dalam urusan memproduksi barang dan jasa.

Cara Meningkatkan Daya Saing

Menurut sebuah buku yang ditulis oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dikatakan bahwa cara untuk meningkatkan daya saing dapat dialkukan dengan hal-hal berikut ini;

  1. Meningkatkan efisiensi, efektifitas, dan kualitas produksi. Pengertian produksi ini sendiri adalah proses pengelolaan barang mentah menjadi barang yang siap jual ke pasaran.
  2. Memperluas jaringan pemasaran
  3. Meningkatkan kemampuan dalam penguasaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) serta internet, termasuk pemasaran dan lobby.

Oleh sebab itu, untuk mendukung daya saing maka suatu perusahaan dapat membuat sebuah gagasan yang mampu meningkatkan pembangunan ekonomi dengan hasil laba yang bersih.

Daya saing perusahaan ini penting dilakukan karena akan mampu membentuk peluang untuk meningkatkan volume ekspor barang dari Indonesia ke negara-negara di Internasional, selain itupula daya saing akan mampu mendrong terbukanya pemanfaatan teknologi diantara perusahaan anggota-anggota yang ada di dalamya.

Contoh Daya Saing Perusahaan

Sebagai contoh pada zaman milineal seperti saat ini ada beberapa perusahaan yang mampu meningkatkan daya saing secara kompetitif dan cerdas. Diantranya;

  1. Facebook

Pemilik facebook yang sampai saat ini terus menrajai perekonomian di dalamnya, seperti menguasai akun Watshaap, menguasai akun Instragam dan beberapa media sosial lainnya. Keuntungan dari perusahaan yang dapat meningkatkan daya saing antara lain ia akan mampu keluar dari zona bahaya atau kebangrutan sebab hanya dengan cara demikianlah perusahaan dapat berjalan dengan normal.

Disinilah terlihat bahwasanya daya saing juga harus didukung dengan sumber daya manusia yang kompetitif dan mampu meningkatkan hasil-hasil produksi perusahaan, sebab hanya dengan cara itulah perusahaan akan bisa melakukan daya saing dengan baik.

  1. Marketplace

Bagian lainnya yang berhubungan dengan adannya bentuk daya saing perusahaan adalah terbentuknya marketplace sebagai situs jual beli online. Prihal ini biasanya untuk setiap marketplace seperti halnya Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak setiap momen tertentu menyebarkan diskon dan juga poin kepada masyarakat yang mempergunkannya.

Bagian diskon ini bisa dikatakan sebagai bagian daripada daya saing setiap peruahaan yang ada. Bahkan tak jarang situs jual beli online tersebut juga meluncurkan uang digital. Seperti Shopee dengan Shopee Pay, Tokopedia beserta dengan Gojek tersedia Gopay, dan lainnya.

Demikianlah pengertian daya saing perusahaan, cara melakukan, dan contohnya. Semoga dengan adanya bahasan ini dapat membantu dan dapat pula menambah literasi dan wawasan para pembaca, teutama yang sedang membutuhkan refrensi mengenai Daya Saing Bangsa.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia