28 Maret 1776 Juan Bautista De Anza menemukan San Francisco

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ October 12, 2022 ∙ 3 menit membaca

Pada 28 Maret 1776 Juan Bautista de Anza, salah satu Penjelajah dari Dunia Barat yang tersohor di abad ke-18, tiba di situs masa depan San Francisco dengan 247 Kolonis.

Meskipun tidak begitu populer diantara para penjelajah Amerika karena asalnya dari Spanyol, namun prestasinya selevel dengan Lewis dan Clark, John Fremont, dan Kit Carson  yang notabene merupakan para pelopor Penjelajah dari dunia Barat.

Anza Lahir dan dibesarkan di Meksiko, ia bergabung dengan satuan tentara ketika ia berusia 17 dan menjadi kapten tujuh tahun kemudian. Dia unggul sebagai pemimpin militer, menampilkan taktik jenius dalam sejumlah pertempuran dengan orang Indian Apache.

Pada tahun 1772, Anza membuat misi eksplorasi besar nya pertama, yang berat namun membuahkan hasil yang manis. Anza melakukan ekspedisi ke barat laut pantai Pasifik. Ekspedisi Anza dimulai dengan kesuksesannya yang pertama yaitu Menghubungkan antara wilayah negara bagian Meksiko dari Sonora dan California Utara.

BACA JUGA : Sejarah kelabu orang Indian di Benua Amerika

Terkesan dengan prestasi ini, Raja Muda Meksiko menugaskan Anza untuk kembali ke California dan mendirikan sebuah pemukiman permanen sepanjang pesisir Pasifik di Teluk San Francisco.

Meskipun perahu penjelajah Spanyol telah berlayar sepanjang pesisir California Utara selama abad 16 dan 17, Namun sejatinya keindahan alam di Teluk San Fransisco baru ditemukan pada tahun 1769. Spanyol sadar betul pentingnya strategi Teluk, meskipun itu adalah tujuh tahun sebelum  akhirnya Anza menancapkan klaim atas daerah tersebut.

Anza dan 247 kolonisnya tiba di situs masa depan San Francisco pada hari ini pada tahun 1776. Anza didirikan presidio, atau benteng militer, di ujung teluk San Francisco. Enam bulan kemudian, adalah seorang Pendeta Fransiskus-Spanyol yang mendirikan misi dekat presidio kemudian ia diberi nama daerah itu St. Francis of Assisi – dalam bahasa spanyol San Francisco de Asiacutes untuk menghormati pendeta tersebut.

Pos Depan paling utara dari Imperium Spanyol di Amerika, San Francisco merupakan sebuah pemukiman tetap yang tenang dan terpencil selama lebih dari setengah abad setelah Anza mendirikan pemukiman pertama. tidak sampai tahun 1830-an ekspansi Amerika Serikat mulai menyadari potensi komersial pelabuhan alami yang megah tersebut. 

Lahirlah perang Meksiko, AS mengambil alih California pada tahun 1848, meskipun masih hanya sebuah kota kecil dengan 900 pemukim pada waktu itu. Namun dengan penemuan emas tahun itu juga di Sutter\\\’s Fort, San Francisco menjadi begitu fenomenal. Pada tahun 1852, San Francisco adalah rumah bagi lebih dari 36.000 orang.

Anza, pendiri San Francisco tidak melihat perkembangan pesat tersebut. Karena Setelah mendirikan presidio San Francisco, Anza kembali ke Meksiko.Pada tahun 1777, ia diangkat sebagai Gubernur New Mexico, setelah negosiasi perjanjian damai dengan pemuka suku Indian yang setuju untuk bergabung dengan Spanyol untuk berperang pada Apache. 

Karena Kesehatannya menurun, Anza pensiun sebagai Gubernur tahun 1786 dan kembali ke Sonora. Ia meninggal dua tahun kemudian, di usianya yang baru 50 Tahun dan dikenang sebagai salah satu penjelajah dan tentara yang tersohor di  perbatasan utara Spanyol.

28 Maret 1776 Juan Bautista De Anza menemukan San Francisco

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia