Pinhome

20 Macam Huruf Jar, Pengertian, Contoh Kalimat, Fungsi, Artinya

Dipublikasikan oleh Hermanto Wicaksana ∙ 20 December 2021 ∙ 8 menit membaca

jumanto.com – Huruf jar adalah sekumpulan huruf di dalam Bahasa Arab yang berfungsi untuk membuat kalimat isim menjadi berhukum i’rab jar (majrur). Dikenal juga dengan huruf jer atau huruf khofad dalam khazanah pesantren.

Jumlah hurufnya ada yang membaginya menjadi 20, 19, 11, 12, dan sebagainya, tergantung kitab mana yang dipakai.

Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas apa itu huruf jar, pembagian, macam-macamnya, fungsi, maksud, arti, dan contohnya dalam kalimat Bahasa Arab serta ayat Al Quran.

Simak materi lengkap huruf jer berikut ini.

Pengertian Huruf Jar

Dalam Bahasa Arab, huruf diartikan sebagai kata yang tidak ada tanda-tanda isim dan fi’il padanya.

Salah satu jenis huruf adalah huruf jar.

Huruf jar sendiri bisa diartikan sebagai huruf dalam Bahasa Arab yang menjadikan kedudukan isim menjadi majrur (beri’rob jer).

Isim itu bisa menjadi majrur dengan 3 sebab:

  1. sebab huruf jer.
  2. sebah idhofah.
  3. sebab tawabi’.

Tanda i’rob jer / jar sendiri ada 3:

  1. kasrah, contohnya: الصَّلَاةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوُمِ.
  2. ya, contohnya: مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ.
  3. fathah, contohnya pada isim ghairu munsharif: الْكِتَابُ لِاَحْمَدَ.

Perlu diketahui bahwa i’rab jer itu hanya masuk pada KALIMAH ISIM.

Baca: apa itu i’rob?

Pembagian Huruf Jar di Kitab Jurumiyah

Dalam kitab jurumiyah disebutkan:

فالاسم يُعرَفُ بالخَفضِ، والتنوينِ ،ودخولِ الألف واللام، وحروفِ الخَفضِ وهي: مِن، واِلى ،وعَن، وعلى، وفِي ، ورُبَّ، والباءُ، والكافُ، واللامُ، وحروفِ القَسَم وهي:الواو، والباء، والتاء.

Kalimat isim diketahui dengan khofad, tanwin, masuknya alif lam, dan huruf khofad / huruf jer yaitu min, ila, ‘an, ‘ala, fii, rubba, ba, kaf, lam, dan huruf qosam, yaitu wawu, ba, dan ta.

Jadi ada 10 yang disebutkan di kitab ini:

  1. Min (مِنْ) artinya dari.
  2. Ila (اِلَى) artinya ke.
  3. ‘An (عَنْ) artinya dari.
  4. ‘Ala () artinya di atas.
  5. Fii () artinya di dalam.
  6. Rubba () artinya banyak / sedikit.
  7. Ba’ (baca bi) artinya dengan.
  8. Kaf (baca ka) artinya seperti.
  9. Lam artinya milik / kepunyaan / untuk.
  10. Huruf Qosam yang artinya demi. Terdiri dari 3 huruf:
    • wawu
    • ba’
    • ta’

20 Macam Huruf Jar di Kitab Alfiyah Ibnu Malik

Sedangkan di nadzom Alfiyah Ibnu Malik, disebutkan ada 20 huruf jer.

Berikut ini teksnya.

هَاكَ حُرُوفَ الْجَرِّ وَهْيَ مِنْ إلىَ ¤ حَتَّى خَلا حَاشَا عَدَا في عَنْ عَلَى

Ambillah sebagai Huruf Jar yaitu : Min, Ila, Hatta, Kholaa, Haasyaa, ‘Adaa, Fii, ‘An, ‘Alaa,

مُذْ مُنْذُ رُبَّ اللّامُ كَيْ وَاوٌ وَتَا ¤ وَالكَافُ وَالْبَا وَلَعَلَّ وَمَتَى

Mudz, Mundzu, Rubba, Lam, Kay, Wawu, Ta’, Kaf, Ba’, La’alla, dan Mataa.

20 huruf jer di kitab Alfiyah adalah:

  1. Min (مِنْ ).
  2. Ila (اِلَى).
  3. Hatta (حَتَّى ) artinya hingga.
  4. Kholaa (خَلا ) artinya kecuali/selain.
  5. Haasyaa (حَاشَا ) artinya kecuali/selain.
  6. ‘Adaa (عَدَا ) artinya kecuali/selain.
  7. Fii (فِي).
  8. ‘An (عَنْ).
  9. ‘Ala (عَلَى).
  10. Mudz (مُذْ ) artinya sejak, dari / di dalam.
  11. Mundzu (مُنْذُ ) artinya sejak, dari / di dalam.
  12. Rubba (رُبَّ).
  13. Lam (ل).
  14. Kai (كَيْ) artinya karena.
  15. Wawu (و).
  16. Ta’ (ت).
  17. Kaf (كَ).
  18. Ba’ (بِ).
  19. La’alla (لَعَلَّ) artinya semoga.
  20. Mataa (مَتَى)  artinya seperti min (dari).

Baca juga: Huruf Mudhoroah.

Faidah Huruf Jer

Catatan khusus tentang huruf jer:

Huruf jer syadz

3 huruf jer: Kay, La’alla, dan mataa, merupakan huruf jer syadz / ghorobah / asing karena Orang Arab jarang menggunakannya sebagai huruf jer.

La’alla sendiri digunakan oleh Bani ‘Uqail.

Dialek Bani ‘Uqail menganggap la’alla sebagai huruf jer.

Sedangkan mataa, dianggap sebagai huruf jer dalam dialek Bani Hudzail.

Maknanya seperti dengan min (dari).

Huruf jer yang kadang berstatus sebagai kalimat fi’il

Sedangkan 3 huruf jer lainnya: KHOLAA – HAASYAA – ‘ADAA, merupakan bagian dari adatul istisna’.

Alat untuk mengecualikan.

Jika setelah KHOLAA – HAASYAA – ‘ADAA, berstatus majrur, maka KHOLAA – HAASYAA – ‘ADAA berfungsi sebagai huruf jer.

Namun, jika setelah KHOLAA – HAASYAA – ‘ADAA, berstatus manshub (i’rob nashab), maka KHOLAA – HAASYAA – ‘ADAA, berfungsi sebagai kalimat fi’il.

Fungsi Huruf Jar

Seperti telah disebutkan di atas, bahwa salah satu sebab isim dibaca majrur adalah karena didahului oleh huruf jer.

Jadi huruf jer berfungsi untuk men-jar-kan kalimat isim yang jatuh setelahnya.

Adapun penggunaannya, tergantung konteks kalimat.

Kapan harus menggunakan min, ila, ‘an, ‘ala dan seterusnya, harus sesuai dengan konteks kalimatnya.

Sama lah seperti Bahasa Indonesia.

Baca juga: tanda fiil.

Contoh Huruf Jar dan Artinya

Berikut ini kumpulan contoh kalimat menggunakan huruf jer dalam Bahasa Arab.

Contoh kalimat huruf jar min dalam Al Quran (مِنْ)

Min (مِنْ) artinya dari.

Di dalam Al Quran, banyak sekali contohnya.

Misalkan dalam surat Al Baqarah:

  1. وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ artinya dan kitab-kitab yang telah diturunkan dari sebelum kamu.
  2. اُولٰۤىِٕكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ artinya Mereka itu ada di atas petunjuk dari Tuhan mereka.
  3. وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّقُوْلُ اٰمَنَّا بِاللّٰهِ وَبِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَۘ artinya dan dari (di antara) manusia ada yang berkata “kami beriman kepada Allah dan hari akhir”, padahal mereka tidak beriman.
  4. اَوْ كَصَيِّبٍ مِّنَ السَّمَاۤءِ artinya atau seperti hujan lebat dari langit.
  5. فَأْتُوْا بِسُوْرَةٍ مِّنْ مِّثْلِهٖ artinya maka datangkanlah (buatlah) dengan satu surat dari yang semisalnya.

Contoh kalimat huruf jar ila dan artinya (اِلَى)

Ila (اِلَى) artinya ke.

Berikut ini contoh huruf jar ila dalam ayat Al Quran dan Bahasa Arab sehari-hari.

  1. اَذْهَبُ اِلَى الْمَدْرَسَةِ artinya aku pergi ke sekolah.
  2. اِلَى الِّقَاءِ artinya sampai ketemu lagi.
  3. surat Al Baqarah ayat 36 وَّمَتَاعٌ اِلٰى حِيْنٍ artinya dan kesenangan sampai waktu yang ditentukan.
  4. قُلْ لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْا سَتُغْلَبُوْنَ وَتُحْشَرُوْنَ اِلٰى جَهَنَّمَ surat ali imran ayat 12 artinya: katakanlah kepada orang-orang kafir, “kamu (pasti) akan dikalahkan dan digiring ke neraka jahanam”.
  5. surat an-nisa ayat 44, اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ اُوْتُوْا نَصِيْبًا مِّنَ الْكِتٰبِ, artinya tidakkah kamu memperhatikan ke orang-orang yang telah diberikan bagian kitab?

Contoh kalimat huruf jer hatta (حَتَّى)

Hatta artinya sampai.

Bisa menjadi huruf jer dan huruf ‘athaf.

Contoh huruf jer khatta di dalam Al Quran surat Al Qadr ayat 5: سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ, yang artinya sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Contoh kalimat huruf jer kholaa (خَلا )

Kholaa (خَلا ) artinya kecuali/selain.

Jika setelah khola adalah majrur, maka khola berstatus harf jar.

Contohnya:

قَامَ الْقَوْمُ خَلَا زَيْدٍ

Telah berdiri kaum selain Zaid.

Namun jika setelah khola adalah manshub, maka khola berstatus sebagai kalimat fi’il.

Contohnya:

قَامَ الْقَوْمُ خَلَا زَيْدًا

Contoh kalimat huruf jer haasyaa (حَاشَا )

Statusnya seperti khola.

Bisa berstatus sebagai huruf jer, atau kalimat fi’il.

Contohnya sebagai harf al jar:

قَامَ الْقَوْمُ حَاشَا زَيْدٍ

Dalam pengucapannya, hasya bisa diucapkan dengan 3 model:

  • حَاشَا
  • حَاشَ
  • حَشَا

Namun, حَشَا yang paling jarang digunakan.

Contoh kalimat harf al jar ‘adaa (عَدَا )

Sama seperti khola dan haasyaa.

قَامَ الْقَوْمُ عَدَا زَيْدٍ

Contoh kalimat huruf jer fii (فِي)

Fii artinya di dalam.

Contohnya dalam Al Quran dan kehidupan sehari-hari:

  1. صَلَّيْتُ الصُّبْحَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ, aku telah sholat shubuh di masjid ini.
  2. juz 30 surat annaba ayat 3, الَّذِيْ هُمْ فِيْهِ مُخْتَلِفُوْنَۗ, artinya yang di dalam hal itu mereka berselisih.
  3. surat al maidah ayat 35, وَجَاهِدُوْا فِيْ سَبِيْلِهٖ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ, dan berjihadlah di jalan-Nya, agar kamu beruntung.
  4. surat al An’am ayat 7, وَلَوْ نَزَّلْنَا عَلَيْكَ كِتٰبًا فِيْ قِرْطَاسٍ فَلَمَسُوْهُ بِاَيْدِيْهِمْ لَقَالَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اِنْ هٰذَآ اِلَّا سِحْرٌ مُّبِيْنٌ, artinya “dan sekiranya Kami turunkan kepadamu (Muhammad) tulisan di kertas, sehingga mereka dapat memegangnya dengan tangan mereka sendiri, niscaya orang-orang kafir itu akan berkata, “Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.”
  5. Surat Yasin ayat 8, اِنَّا جَعَلْنَا فِيْٓ اَعْنَاقِهِمْ اَغْلٰلًا, sungguh kami telah memasang belenggu di leher mereka.

Contoh kalimat huruf jer ‘an (عَنْ)

‘An artinya dari.

Contohnya di ayat AlQuran:

  • Surat yasin ayat 23: لَّا تُغْنِ عَنِّيْ شَفَاعَتُهُمْ, artinya tidak berguna bagiku, syafa’at (pertolongan) mereka.
  • Surat yasin ayat 46, كَانُوْا عَنْهَا مُعْرِضِيْنَ , mereka selalu berpaling darinya.
  • Surat ar-Rahman ayat 39, فَيَوْمَئِذٍ لَّا يُسْـَٔلُ عَنْ ذَنْۢبِهٖٓ اِنْسٌ وَّلَا جَاۤنٌّۚ, Maka pada hari itu manusia dan jin tidak ditanya tentang dosanya.
  • Surat Al Waqi’ah ayat 19, لَّا يُصَدَّعُوْنَ عَنْهَا وَلَا يُنْزِفُوْنَۙ, mereka tidak pening karenanya dan tidak pula mabuk.
  • Surat Al Baqarah ayat 48, وَاتَّقُوْا يَوْمًا لَّا تَجْزِيْ نَفْسٌ عَنْ نَّفْسٍ شَيْـًٔا, dan takutlah kamu pada hari, (ketika) tidak seorang pun dapat membela orang lain sedikit pun.

Contoh kalimat huruf jer ‘ala (عَلَى)

‘Alaa artinya di atas.

Contohnya dalam ayat Al-Quran:

  • عَلٰى سُرُرٍ مُّتَقٰبِلِيْنَ, duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan (al hijr ayat 7).
  • كَمَآ اَنْزَلْنَا عَلَى الْمُقْتَسِمِيْنَۙ, Sebagaimana (Kami telah memberi peringatan), Kami telah menurunkan (azab) kepada orang yang memilah-milah (Kitab Allah), Al hijr ayat 90.
  • وَتَعَاوَنُوْا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰىۖ, Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, al maidah ayat 2.

Contoh kalimat huruf jer mudz (مُذْ )

7 jenis harful jar: Mudz, mundzu, hatta, kaf, wawu, rubba, dan ta’, hanya bisa masuk ke isim dzahir, tidak bisa ke isim dhomir.

Mudz dan mundzu ini hanya berlaku untuk isim yang menunjukkan waktu.

  • jika waktunya adalah waktu hal (sekarang), maka bermakna fii (di dalam / pada), contohnya: مَا رَأَيْتُهُ مُنْذُ يَوْمِنَا هَذَا artinya aku tidak melihatnya di hari ini.
  • jika waktunya adalah madhi (lampau), maka maknanya adalah min (dari/sejak), contohnya: مَا رَأَيْتُهُ مُذْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ artinya aku tidak melihatnya sejak/dari hari Jumat.

Contoh kalimat huruf jer mundzu (مُنْذُ )

Contohnya:

  • ذَهَبْتُ اِلَى الْمَديْنَةِ مُنْذُ شَهْرِ شَعْبَانَ , artinya aku telah pergi ke kota Madinah sejak bulan Ramadhan.
  • عَلِمْنَا هَذَا الْاَمْرَ مُنْذُ صَغِيْرِنَا artinya kami telah mengetahui perkara ini sejak kami kecil.

Contoh huruf jar rubba dalam ayat Al Quran (رُبَّ)

Dalam Al Quran contohnya:

  • Surat al Hijr ayat 2, رُبَمَا يَوَدُّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَوْ كَانُوْا مُسْلِمِيْنَ , Orang kafir itu kadang-kadang (nanti di akhirat) menginginkan, sekiranya mereka dahulu (di dunia) menjadi orang Muslim.

Dalam Bahasa Arab keseharian contohnya:

  • رُبَّ رجُلٍ كريمٍ لَقيتُهُ artinya banyak sekali laki-laki mulia (terhormat) yang aku temui.

Contoh huruf jar lam (ل)

Berikut ini contoh huruf jar li atau la:

  1. الْقَلَمُ لِيْ artinya pena itu milikku.
  2. Surat Al Kafirun ayat 6, لَكُمْ دِيْنُكُمْ وَلِيَ دِيْنِ, untuk kalian agama kalian, untukku agamaku.

Ingat, lam bisa dibaca li atau la, tergantung kalimat sesudahnya.

Jika setelahnya bertemu isim dhomir, kecuali dhomir mutakallim wahdah, maka dibaca la.

Contohnya لَهُ، لَهُمَا ، لَكَ.

Contoh kalimat huruf jar kai (كَيْ) artinya karena

Termasuk harful jar syadz, contohnya:

  • كيمه فعلتَ هذا artinya karena apa / kenapa kamu melakukan ini?
  • جئت كي أستفيد, ji’tu kai astafiida, aku datang untuk mendapat faedah/kegunaan/keuntungan.
  • أَحْسِنْ مُعَامَلَةَ النَّاسِ كَيْ مَا تَسْلَمُ مِنْ أَذَاهُمْ, bersikap baiklah dalam bermasyarakat agar kamu selamat dari perlakuan buruk mereka.

Contoh harful jar wawu (و)

Merupakan huruf Qosam yang banyak digunakan di AlQuran, dan banyak juga yang ada di awal-awal surat.

Contohnya:

  • وَالضُّحَى, demi waktu dhuha.
  • وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ, dan demi malam apabila telah sunyi.
  • وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰىۙ, demi malam apabila menutupi.
  • وَالنَّهَارِ اِذَا تَجَلّٰىۙ, demi siang apabila terang benderang.
  • وَمَا خَلَقَ الذَّكَرَ وَالْاُنْثٰىٓ, demi penciptaan laki-laki dan perempuan.

Contoh harful jar ta’ (ت)

Huruf ta’ merupakan huruf qasam yang hanya digunakan di dua kalimat:

  • Allah, contohnya: تَاللهِ, demi Allah.
  • Rabbul ka’bah, contohnya: تَرَبِّ الْكَعْبَةِ, demi Tuhannya Ka’bah.

Contoh harful jar kaf (كَ)

Contohnya:

  • مُحَمَّدٌ كَالْبَدْرِ التَّمَامِ, Nabi Muhammad seperti bulan purnama yang sempurna.
  • dalam hadits, contohnya: صَلُّوْا كَمَا رَأَيْتُمُوْنِيْ اُصَلِّى, sholatlah kalian seperti kalian melihatku sholat.
  • مَثَلُهُمْ كَمَثَلِ الَّذِى اسْتَوْقَدَ نَارًا, Perumpamaan mereka seperti perumpamaan orang-orang yang menyalakan api.
  • كَذٰلِكَ يُحْيِ اللّٰهُ الْمَوْتٰى, seperti itulah Allah menghidupkan yang telah mati.
  • فَهِيَ كَالْحِجَارَةِ, sehingga dia seperti batu.

Contoh harful jar ba’ (بِ)

Ba bisa bermakna huruf qosam, bisa juga sebagai huruf jer asli.

Contohnya:

  • بِاللهِ, demi Allah.
  • بِسْمِ اللهِ, dengan menyebut nama Allah.
  • مَرَرْتُ بِزَيْدٍ, aku jalan bersama Zaid.
  • الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ, orang orang yang beriman dengan yang ghaib.
  • اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ اشْتَرَوُا الضَّلٰلَةَ بِالْهُدٰىۖ, mereka itulah yang membeli kesesatan dengan petunjuk.

Contoh harful jar la’alla (لَعَلَّ) artinya semoga.

Termasuk yang syadz juga.

Contohnya: لَعَلَّ الْمُسَافِرِ قَادِمٌ غَدًا.

Semoga musafir itu tiba pada esok hari.

Contoh harful jar mataa (مَتَى)  artinya seperti min (dari).

Termasuk yang syadz sebagaimana telah dijelaskan di atas.

Contoh:

أَخْرَجَهَا مَتَى كُمِّهِ.

Dia mengeluarkan (tangan)nya dari lengan bajunya.

Baca juga: tanda isim.

Contoh soal Bahasa Arab tentang Huruf Jar

Beberapa contoh yang bisa dibuat:

  1. Yang termasuk huruf jar adalah ….. (berikan option a, b, c, d)
  2. Lengkapilah soal berikut dengan huruf jar yang tepat.
    • يجلس عليٌّ….الكُرْسِيِّ
    • سَافَرْتُ … الطَّائِرَةِ
    • يَذْهَبُ الْوِلْدَانُ … المدرسةِ
    • الْأَوْلَادُ يَلْعَبُوْنَ …. الْكُرَّةِ

Baca juga: isim fiil huruf.

Kesimpulan

Huruf jar yang paling banyak digunakan adalah yang disebutkan di kitab Jurumiyah.

Sedangkan di kitab Alfiyah, itu adalah materi pembahasan lanjutan yang menyertakan huruf-huruf yang syadz dan yang terkait dengan bab istisna.

Demikian pembahasan mengenai harful jar dari saya.

Mudah-mudahan materi ini bisa juga membantu kamu yang sedang menyusun makalah bahasa arab tentang huruf jar atau sedang belajar mendalami ilmu nahwu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia