Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 20+ Kata Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang & Artinya

Lifestyle

20+ Kata Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang & Artinya

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah ∙ 12 January 2021 ∙ 7 menit membaca

Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang – Bahasa Minang merupakan salah satu bahasa paling banyak digunakan di Indonesia, keberadaannya telah tersebar luas hingga ke pelosok negeri, berkat para perantau yang mengadu nasib, sekolah dan bekerja di provinsi lain.

Di sisi lain, Minangkabau memang terkenal pula dengan adat dan budaya yang beranekaragam dan ternama. Salah satu yang tersohor ialah proses penyambutan tamu-tamu negara / tokoh terkenal dan lainnya, biasanya disambut dengan berbagai tarian daerah, hingga Ucapan Selamat Datang berupa pantun, pepatah, gurindam dan lainnya.

Selain untuk tamu terhormat atau tokoh terkenal, kamu juga bisa menggunakan Kata Kata Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang untuk dikirimkan kepada teman yang baru sampai ke perantauan, atau di media sosial dalam rangka hal-hal tertentu. Berikut, beberapa dianntaranya :

Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang Untuk Perantau

Kata Ucapan selamat datang bahasa minangkabau
Tribunnews.com

Jika kamu bukan orang Minang, namun memiliki tempat kerja yang sama dengan orang Minang, lalu dia baru saja pulang dari kampung dan kembali setempat tinggal dengan kamu di perantauan, kamu bisa menyambut beliau dengan beberapa Kata Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang untuk mereka. Berikut, beberapa diantaranya :

Salamaik datang para parantau, untuang-untuang kalian betah di tampek nan baru ko. Ambo ucap’an salamaik bagabuang jo bakarajo samo jo kami.

Artinya :

Selamat datang para perantau, semoga kalian betah di tempat yang baru ini. Saya ucapkan selamat bergabung dan bekerja sama dengan kami.

Untuak para parantau nan baru tibo, ambo barikan sambutan hangek barupo salam patamuan. Untuang-untuang, hari ko manjadi awal tajalinnyo karajo samo nan elok diantaro kito sadonyo.

Artinya :

Untuk para perantau yang baru tiba, kuberikan sambutan hangat berupa salam pertemuan. Semoga, hari ini menjadi awal terjalinnya kerjasama yang baik diantara kita semua.

Salamaik datang jo salamaik bagabuang di kampus tacinto ko. Untuak para parantau, mari bajuang basamo jo biasokan diri untuak jauah dari keluarga, demi manggapai cito-cito.

Artinya :

Selamat datang dan selamat bergabung di kampus tercinta ini. Untuk para perantau, mari berjuang bersama dan biasakan diri untuk jauh dari keluarga, demi menggapai cita-cita.

Untuak hadirin nan baru sajo sampai, salamaik basobok baliak jo bagabuang jo kami sadonyo, setelah babarapo wakatu bapisah. Sanang bisa bakumpua kembali.

Artinya :

Untuk hadirin yang baru saja sampai, selamat berjumpa lagi dan bergabung kembali dengan kami semua, setelah beberapa waktu berpisah. Senang bisa berkumpul kembali.

Salamaik datang jo bagabuang baliak, kawan sapajuangan. Jujur, langang rasonyo di siko tanpa kehadiran waang. Kini, kito sadonyo alah bakumpua lai dan ambo sangaik sanang bana.

Artinya :

Selamat datang dan bergabung lagi, kawan seperjuangan. Jujur, sepi rasanya di sini tanpa kehadiranmu. Kini, kita semua sudah berkumpul lagi dan aku sangat senang sekali.

Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang Untuk Sahabat

Salah satu momen perpisahan terberat dalam hidup seseorang ialah ketika ia berpisah dengan sahabat terbaiknya. Meski hanya sementara, tetap saja itu akan menjadi pedih. Nah, ketika kalian dipertemukan lagi, jangan lupa ucapkan Kata Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang dan artinya di bawah ini, untuk sahabat kalian tersebut :

Salah satu kalamahan diri ambo iolah jauah dari sisi waang. Kini, Kito alah Basamo baliak dan untuang-untuang indak dipisahan lai. Salamaik datang, sahabat.

Artinya :

Salah satu kelemahan diriku ialah jauh dari sisimu. Sekarang, kita sudah bersama kembali dan semoga tidak dipisahkan lagi. Selamat datang, sahabat.

Persahabatan acok manyuguah’an babarapo cobaan, tapi persahabatan sejati bisa mangatasi cobaan tu bahkan batumbuah Basamo. Salamaik datang baliak, kawan baiak.

Artinya :

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama. Selamat datang kembali, teman baik.

Sahabat sejati adolah urang nan dapek bakato bana jo awak, dan bukan urang nan mambanakan kato-kato awak. Salamaik bagabuang baliak, sobat ambo.

Artinya :

Sahabat sejati adalah orang yang dapat berkata benar denganmu dan bukan orang yang membenarkan kata-katamu. Selamat bergabung kembali, sobatku.

Salamaik datang, kawan elok ambo. Persahabatan indak tajalin sacaro otomatis tapi mambutuah’an proses nan panjang mode basi manajam’an basi. Demikianlah sahabaik manajam’an sahabatnyo.

Artinya :

Selamat datang, kawan baikku. Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya.

Sahabaik indak panah mambungkuih pukulan jo ciuman, tapi manyatoan apo nan amaik manyakik’an dengan tujuan sahabatnyo nio barubah. Sanang basobok jo waang baliak.

Artinya :

Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah. Senang bertemu denganmu lagi.

Baca Juga : Ucapan Ulang Tahun Bahasa Minang

Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang Untuk Tamu Undangan

Kata kata selamat datang bahasa minang
Pelangimutiarailmu.blogspot.com

Dalam suatu acara, baik formal maupun informal, kita akan sering mengundang orang-orang terpandang dari berbagai kalangan, baik dari adat hingga badan kepemerintahan. Nah, demi menyambut kehadiran mereka, berikut beberapa Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang Untuk Tamu Undangan :

Salamaik datang untuak para tamu undangan kasadonyo, salamaik bagabuang dan untuang-untuang saluruah hidangan nan kami sadiokan bisa mambari kepuasan kapado para tamu sadonyo.

Artinya :

Selamat datang untuk para tamu undangan semuanya, selamat bergabung dan semoga seluruh hidangan yang kami sediakan bisa memberi kepuasan kepada para tamu semua.

Salamaik datang niniak mamak, alim ulamo, tokoh adaik jo parangkaik kampuang, Tarimo kasih alah manyempat’an untuak hadir di acara pakawinan kakak kami ko.

Artinya :

Selamat datang Ninik mamak, alim ulama, tokoh adat dan perangkat desa, terima kasih telah menyempatkan untuk hadir di acara perkawinan kakak kami ini.

Untuak saluruah tamu undangan, ambo ucap’an salamaik datang, dan untuang-untuang acara ko bisa bajalan lancar, sasuai jo parencanaan nan alah disusun.

Artinya :

Untuk seluruh tamu undangan, saya ucapkan selamat datang, dan semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar, sesuai dengan perencanaan yang telah disusun.

Salamaik datang kapado jama’ah hari dari kampuang Bukit Rendah Periode 2020/2021, semoga baliaknyo ka tanah aia manjadi Haji jo Hajah nan mabrur. Amin.

Artinya :

Selamat datang kepada para jama’ah Haji dari Desa Bukit Rendah Periode 2020/2021, Semoga kembalinya ke tanah air menjadi Haji dan Hajah yang mabrur. Amin.

Salamaik datang bapak Nasrul jo kaluarga nan alah baliak dengan salamaik dari tanah suci Mekkah setelah manunaikan ibadah Umrah.

Artinya :

Selamat datang bapak Nasrul dan sekeluarga yang telah kembali dengan Selamat dari tanah suci Mekah setelah menunaikan ibadah Umrah.

Baca Juga : Ucapan Selamat Pagi Bahasa Minang

Kata Kata Selamat Datang Bahasa Minang Dalam Acara Resmi Pemerintah

Acara resmi pasti sering diselenggarakan dengan jadwal, waktu dan tempat yang sudah ditentukan sesuai rencana. Yang namanya acara resmi, pasti banyak tamu-tamu undangan dari badan kepemerintahan yang hadir. Untuk menyambut mereka, bisa dengan menggunakan Kata Kata Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang Dalam Acara Resmi Pemerintah :

Sabalum acara ko Kito mulai, sabalumnyo ambo ucap’an salamaik datang untuak sado tamu, tarimo kasih alah mamanuhi undangan kami untuak bisa bakumpua jo basilaturahmi dalam acara pangangkatan Bupati periode 2021-2026.

Artinya :

Sebelum acara ini kita mulai, sebelumnya saya ucapkan Selamat datang untuk semua tamu, terima kasih telah memenuhi undangan kami untuk bisa berkumpul dan bersilaturahmi dalam acara pengangkatan Bupati periode 2021-2026.

Salamaik datang ambo aturkan untuak saluruah lapisan masyarakat jo para pamuko adaik, salamaik bagabuang jo untuang-untuang acara ko bisa bajalan dengan lancar, takah nan kito harapkan Basamo.

Artinya :

Selamat datang saya aturan untuk seluruh lapisan masyarakat dan para pemuka adat, selamat bergabung dan semoga acara ini bisa berjalan dengan lancar seperti yang kita harapkan bersama.

Ambo salaku pambao acara, mangucap’an salamaik datang jo raso tarimo kasih nan sagadang-gadangnyo, karano alah manyempat’an diri untuak mamanuahi undangan kami. Semoga acara ko diridhoi oleh-Nya, dan bisa mambao barokah untuak kito kasadonyo.

Artinya :

Saya selaku pembawa acara, mengucapkan selamat datang dan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya, karena telah menyempatkan diri untuk memenuhi undangan kami. Semoga acara ini diridhai oleh-Nya, dan bisa membawa berkah untuk kita semua.

Untuak para tamu undangan kasadoalahnyo, ambo ucap’an tarimo kasih jo salamaik datang. Adopun hidangan nan kami sadiokan semoga bisa ditarimo dengan baiak, dan bamanfaaik untuak kito sadonyo.

Artinya :

Untuk para tamu undangan sekalian, saya ucapkan terima kasih dan selamat datang. Adapun hidangan yang kami sediakan semoga bisa diterima dengan baik, dan Bermanfaat untuk kita semuanya.

Sabalum mamasuak’i acara nan kito tunggu-tunggu, izinkan ambo mambari salam jo ucapan salamaik datang untuak saluruah tamu undangan. Salamaik manikmati saluruah hidangan, indak usah sungkan-sungkan.

Artinya :

Sebelum memasuki acara yang kita tunggu-tunggu, izinkan saya memberi salam dan Ucapan Selamat Datang buat seluruh tamu undangan. Selamat menikmati seluruh hidangan, tidak usah sungkan-sungkan ya.

Baca Juga : Ucapan Selamat Malam Bahasa Minang

Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Kata Ucapan Selamat Datang Bahasa Minang dan artinya dalam berbagai tema. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama buat kita semua. Terima kasih.

Tags :

Bagikan Artikel