Proses Pengangkatan Khulafaur Rasyidin

Dipublikasikan oleh Eka Mandala dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ October 12, 2022 ∙ 3 menit membaca

Seperti telah dibahas pada artikel sejarah Islam 8 tugas Khulafaur Rasyidin, bahwa jabatan khalifah tidak dapat diwariskan. Mereka diangkat berdasarkan persetujuan dari rakyat atau umat Islam, karena pada saat Rasulullah masih hidup. Beliau tidak pernah meninggalkan pesan tentang siapa yang akan menggantikannya setelah beliau meninggal. Semua diserahkan kepada kaum Muslimin.

Oleh karena itu, setelah beliau meninggal dunia terjadi perdebatan antara kaum Muhajirin dan kaum Ansar tentang siapa yang akan menggantikan beliau. Masing-masing kelompok menginginkan penggantinya dari kelompoknya sendiri yang mereka anggap lebih pantas untuk memimpin.

Setelah terjadi perdebatan, akhirnya mereka mengadakan musyawarah di Saqifah Bani Saidah, yaitu sebuah balai pertemuan di kota Madinah. Pada pertemuan itu terjadilah kesepakatan bahwa Abu Bakar as Siddiq yang pantas menggantikan Rasulullah dalam memimpin umat Islam.

Akhirnya Abu Bakar as Siddiq dibaiat menjadi Khalifah. Selama memerintah, Abu Bakar memakai gelar Khalifah Rasulullah yang berarti Pengganti Rasulullah. Pada saat Abu Bakar masih hidup, dia sudah menunjuk Umar Bin Khattab untuk menggantikan kedudukannya sebagai khalifah setelah Abu Bakar meninggal nanti.

Penunjukan inipun isepakati oleh para sahabat. Oleh karena itu, setelah Abu Bakar meninggal dunia, Umar bin Khattab segera dibaiat oleh kaum Muslimin menjadi khalifah kedua. Umar bin Khattab tidak memakai gelar Khalifah Rasulullah, namun lebih senang dengan gelar Amirul Mukminin yang berarti pemimpin orang-orang yang beriman.

Baca juga: 4 Khulafaur Rasyidin pengganti Rasulullah

Proses Pengangkatan Khulafaur Rasyidin

Khulafaur Rasyidin – Biografi.co.id
(Biografi.co.id)

Selanjutnya saat Umar bin Khattab sakit, didesak oleh kaum Muslimin untuk menunjuk penggantinya kelak. Umar membentuk Dewan Syura yang beranggotakan enam orang sahabat. Umar bin Khattab berpesan apabila nanti meninggal dunia agar Dewan Syura memilih salah satu anggotanya untuk menggantikan Umar bin Khattab sebagai khalifah. Keenam sahabat itu adalah sebagai berikut:

  1. Ali bin Abi Thalib
  2. Usman bin Affan
  3. Abdur Rahman bin Auf
  4. Saad bin Abi Waqas
  5. Zubair bin Awwam
  6. Thalhah bin Ubaidilah

Setelah Umar bin Khattab meninggal dunia, terpilihlah Usman bin Affan sebagai pengganti Umar bin Khattab. Pada masa selanjutnya, Usaman bin Affan menduduki jabatan selama 12 tahun dan akhirnya digantikan oleh Ali bin Abi Thalib.

Setelah Usman bin Affan meninggal dunia Ali bin Abi Thalib dibaiat oleh penduduk Madinah yang didukung oleh umat Muslim lainnya, terutama yang tidak setuju dengan kebijakan-kebijakan yang diambil khalifah Usman bin Affan selama memerintah.

Dari keterangan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa proses pengangkatan Khulafaur Rasyidin ada dua cara, yaitu cara musyawarah dan penunjukkan langsung oleh khalifah sebelumnya.

Dari keempat Khulafaur Rasyidin, hanya satu yang diangkat menjadi khalifah dengan cara penunjukkan langsung oleh khalifah sebelumnya, yaitu Umar bin Khattab yang ditunjuk langsung oleh Abu Bakar as Siddiq dan memakai gelar Amirul Mukminin. Sedangkan 3 khalifah lainnya diangkat dengan cara musyawarah kaum Muslimin dan mereka menggunakan gelar Khalifah Rasulullah.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pernahkah Pins berpikir untuk mengubah suara asli kamu untuk membuat efek gema seperti robot, atau

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia