Pinhome

16 Rekomendasi Mobil Bekas Dibawah 30 Juta Tapi Masih Kokoh

Dipublikasikan oleh Ahmad Baihaqi ∙ 18 November 2021 ∙ 11 menit membaca

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai keinginan untuk membeli mobil bekas dibawah 30 juta? Penawaran mobil dengan harga yang murah memang menjadi incaran para masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Alasannya karena dengan uang dibawah 30 juta masih mempunyai harapan untuk bisa memiliki sebuah mobil. Banyak orang yang beranggapan bahwa dengan budget segitu hanya bisa memperoleh mobil lawas.

Cara Merawat Mobil Bekas Supaya Terhindar dari Segala Masalah

Jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian mobil bekas dibawah 30 juta, maka tugas yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan perawatan secara rutin. Tentu alasannya supaya mobil bekas yang Anda beli tersebut mempunyai kualitas yang prima.

Kondisi mobil bekas memang tidak semuanya buruk karena hal ini tergantung bagaimana proses perawatan yang dilakukan. Selain memperhatikan poin penting sebelum melakukan pembelian mobil bekas, Anda pun juga harus mengetahui perawatan apa saja yang harus dilakukan.

Berikut ini tips yang bisa diikuti, di antaranya:

1. Mengganti Oli

Mengganti oli perlu dilakukan secara rutin, hal ini sangat penting agar dapat menjaga kondisi mobil selalu prima. Oli pada mobil sebagai pelumas yang mempunyai fungsi sangat penting.

Apabila pergantian oli tidak dilakukan dengan rutin, maka hal ini dapat memicu adanya gesekan antara komponen satu dengan yang lainnya sehingga menjadikan mobil lebih cepat rusak. Penggantian oli bisa dilakukan dengan cara melihat jarak tempuh yang sudah dilalui.

2. Mengecek Komponen Mobil

Mengecek komponen mobil juga perlu dilakukan secara rutin, baik itu dari rem, mesin maupun yang lainnya. Tujuan dari melakukan pengecekan komponen mobil yaitu untuk memastikan supaya mobil tidak mengalami kerusakan yang besar.

Jika terjadi kerusakan maka dapat diminimalisir caranya cukup dengan melakukan perawatan sederhana sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel. Asalkan komponen tersebut tidak mengalami permasalahan yang parah.

Jika ingin mengganti minyak rem, maka disarankan pada setiap 20.000 km. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah berkonsultasi dengan teknisi bengkel atau montir yang berpengalaman sebelum melakukan pemeriksaan terhadap komponen mobil.

3. Melakukan Pengecekan Radiator

Radiator menjadi bagian komponen mobil yang tidak boleh diremehkan. Salah satu fungsi dari radiator yaitu sebagai pendingin mesin kendaraan. Apabila kinerja nya tidak bekerja dengan baik, maka mobil akan lebih mudah cepat panas.

Jika hal ini terus menerus dibiarkan, maka sudah bisa dipastikan menjadikan mobil lebih cepat rusak. Gantilah air radiator secara rutin dan jangan lupa mengimbanginya dengan pemeriksaan secara rutin maupun servis berkala. Hal ini dapat mencegah adanya kebocoran di bagian radiator mobil.

4. Cek Kabel Mobil Secara Rutin

Kabel-kabel mobil menjadi bagian paling penting supaya mobil dapat berjalan dengan baik. Namun sayangnya, sebagian pemilik mobil seringkali melewatkan hal sepele ini. Proses pengecekan ini bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada kabel mobil yang putus atau kendur.

Jika kabel mengalami kerusakan silahkan menggantinya segera mungkin supaya tidak membahayakan selama berada di perjalanan. Penggunaan spare part asli juga direkomendasikan dari pabrikan mobil.

5. Filter Karburasi

Jika Anda mendapati mobil bekas sulit dinyalakan, maka hal ini bisa disebabkan berbagai faktor penyebab. Salah satunya yaitu terjadi permasalahan pada filter karburasi yang kotor. Cara paling sederhana untuk melakukan perawatan yaitu dengan menyikat kotoran menggunakan sikat gigi.

Supaya lebih aman jangan lupa melakukan pemeriksaan secara rutin pada bengkel mobil terpercaya. Jangan sembarangan dalam memilih bengkel.

6. Panaskan Mesin Mobil

Hal ini memang terdengar sepele namun jika tidak dilakukan mampu memicu kerusakan pada mobil. Meskipun membeli mobil bekas, namun jika perawatan dilakukan dengan baik dan benar pastinya performa tetap baik.

Sebelum penggunaan sebaiknya panaskan mobil terlebih dahulu rentang waktu 10 sampai 15 menit. Hal ini sangatlah penting dilakukan supaya mobil tidak kaget pada saat digunakan. Terlebih lagi ketika penggunaannya dalam rentang waktu yang cukup lama.

7. Membersihkan Mobil

Tampilan mobil yang bersih dan wangi pastinya membuat siapapun terasa nyaman. Hal inipun juga menjadi tugas bagi Anda yang mempunyai mobil, apalagi jika pembelian mobil dilakukan dalam kondisi bekas atau setengah pakai.

Tidak ada masalah jika Anda tetap menjaga kebersihan mobil karena hal ini justru tidak terlihat bahwa mobil Anda tersebut hasil dari pembelian mobil setengah pakai. Sebaiknya membersihkan tidak hanya bagian eksteriornya saja, melainkan bersihkan juga pada bagian-bagian yang ada di interior.

Misalnya seperti jok, kabin karpet, stir atau yang lainnya. Selain bisa memberikan kesan nyaman hal ini pun juga memperlihatkan bahwa Anda sebagai pemiliknya selalu menjaga kebersihan.

8. Melakukan Servis Secara Berkala

Demi menjaga performa dan mesin mobil, melakukan servis secara rutin dan berkala haruslah dilakukan. Pembelian mobil bekas memang tidak memperoleh service gratis dari pihak dealer. Namun, Anda selaku pemilik mobil harus melakukan servis secara berkala.

Mulailah perawatan mesin sampai bagian-bagian komponen mobil lainnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Hal ini pun juga sama seperti mobil. Sebaiknya melakukan perawatan sebelum mengalami kerusakan. Jika sudah rusak pastinya biaya yang dibutuhkan jauh lebih mahal.

Rekomendasi Mobil Bekas dibawah 30 Juta

Tidak dipungkiri bahwa Anda masih mempunyai kesempatan agar bisa memperoleh mobil dengan kondisi yang memuaskan cukup dengan mengeluarkan uang 30 juta. Meskipun membeli mobil bekas lama atau lawas, bukan berarti Anda memperoleh mobil dengan kualitas yang buruk.

Asalkan mempertimbangkan banyak poin penting dan melakukan perawatan secara rutin, maka mobil murah Anda tidak akan merepotkan. Di bursa mobil bekas Anda bisa menentukan pilihan berbagai jenis tipe dan merk mobil dengan harga yang sangat bervariasi.

Berikut ini daftar mobil bekas di bawah 30 jutaan di antaranya:

1. Hyundai Trajet

Hyundai Trajet
Hyundai Trajet

Hyundai Trajet memang menjadi mobil yang mungkin terdengar asing. Akan tetapi bagi pecinta dunia otomotif tentunya Hyundai Trajet cukup populer, terutama di tahun 2000-an. Mobil keluarga ini mempunyai pintu geser dan pada bagian bangku dalamnya menggunakan model captains set.

Di tahun 2000 mobil ini cukuplah mewah karena masih belum banyak pesaingnya. Memasuki tahun 2021 Hyundai Trajet mengalami penurunan nilai jual. Cukup dengan mengeluarkan biaya kisaran 20 juta hingga 30 juta, maka Anda sudah bisa memilikinya.

Ada harga pasti ada kualitasnya, karena hal ini juga dilihat dari segi usia mobil yang sudah memasuki usia kisaran 21 tahun.

2. Mobil Kia Carnival

Mobil Kia Carnival
Mobil Kia Carnival

Kia Carnival ini jika dilihat dari segi tampilannya memang hampir sama seperti Hyundai Trajet. Akan tetapi, mobil ini mempunyai perbedaan karena bentuknya yang sedikit lonjong dan pada bagian belakangnya lebih besar.

Model jok tengahnya terdapat captains cheat. Dengan begitu, mampu memberikan kesan yang sedikit mewah. Jika ingin memiliki mobil Kia Carnival Anda harus mempersiapkan dana sekitar 25 juta.

3. Mobil Peugeot 306

Mobil Peugeot 306
Mobil Peugeot 306

Dengan dana 30 juta Anda sudah bisa mempunyai mobil sedan asal Prancis ini. Selain harganya yang murah, sparepart mobil Peugeot ini juga mudah dijumpai. Namun sayangnya, permasalahan yang seringkali dialami pada mobil tua ini yaitu temperatur mesinnya yang lebih mudah panas atau overhead.

Hal ini dikarenakan faktor usianya yang tidak lagi muda. Jika pemilik kurang memperhatikan koling sistemnya, maka membuat mobil Peugeot ini lebih mudah cepat panas. Tampilan desain nya memang terlihat mungil, namun sangat cocok dijadikan sebagai mobil harian dan mobil hobi.

Jika Anda adalah anak muda yang gemar memodifikasi, maka mobil Peugeot ini sangat keren jika sudah dimodifikasi. Banyak anak muda yang mengincar mobil bekas dibawah 30 juta ini untuk dimodifikasi.

4. Mobil Mazda Familia

Mobil Mazda Familia
Mobil Mazda Familia

Pernahkah Anda mendengar Mazda Familia? Jika belum Anda harus mengetahui bahwa mobil ini merupakan jenis mobil sedan yang tidak terlihat murahan meskipun harganya murah. Mazda Familia dibuat pada tahun 90-an sampai 2.000-an awal.

Dari segi tampilannya memang terlihat elegan pada bagian depan dan mempunyai nilai sedikit sporty. Spare partnya murah dan biaya perawatannya juga mudah. Mobil Jepang ini sudah mempunyai mesin bandel dan konsumsi BBM yang tidak terlalu boros. Mazda Familia ini di pasaran mencapai 30 jutaan.

5. Mobil Toyota Cressida

Mobil Toyota Cressida
Mobil Toyota Cressida

Pada tahun 70-an mobil Toyota Cressida ini termasuk sebagai mobil mewah yang sudah dibekali dengan fitur super keren pada masanya. Namun, berhubung banyaknya kemunculan mobil modern di zaman sekarang ini tentu nilai jual Toyota Cressida semakin lenser.

Toyota Cressida sudah mempunyai indikator kecepatan bahan bakar digital RPM dan instrumen kluster sudah digital. Harga bekasnya mencapai 20 jutaan hingga 30 juta. Apabila tertarik ingin mempunyai mobil tua ini, maka Anda harus bersiap-siap melakukan penyegaran pada berbagai sektor.

Dengan penyegaran maka akan menjadikan performanya semakin optimal. Ternyata tidak jarang para anak muda pecinta mobil tua yang membeli mobil sedan ini untuk dilakukan modifikasi agar tampilannya lebih keren.

6. Toyota Corolla Twincam

Toyota Corolla Twincam
Toyota Corolla Twincam

Mobil bekas dibawah 30 juta selanjutnya yaitu Toyota Corolla Twincam yang dibanderol dengan harga 30 juta. Mobil sedan ini mempunyai performa mesin yang sangat kencang dengan tampilannya yang sporty.

Para anak muda gaul di tahun 90-an sampai 2.000-an mempunyai jumlah minat yang cukup besar dengan mobil ini. Sayangnya, setelah kemunculan mobil baru membuat Toyota Corolla Twincam semakin ketinggalan zaman.

Twincam sangat cocok dijadikan sebagai mobil anak muda yang gemar memodifikasi. Selain spare partnya yang mudah, ternyata komponen mesin pada mobil juga tergolong lebih bagus dan tahan lama. Namun ,hal ini tergantung bagaimana proses perawatan dari sang pemilik.

7. Toyota Starlet Kotak

Toyota Starlet Kotak
Toyota Starlet Kotak

Cukup dengan mengeluarkan budget kisaran 20 juta, maka Anda sudah bisa memperoleh Toyota Starlet Kotak. Tampilannya yang mungil Anda bisa melakukan pembelian kemudian melakukan restorasi. Kelebihan yang dimiliki yaitu konsumsi bahan bakarnya yang cukup irit.

Selain itu, harga sparepart murah dan proses pemeliharaannya pun juga mudah, sehingga kondisinya lebih terjaga dan terawat. Jika ingin tertarik, silahkan mencari informasi di jual beli mobil bekas dibawah 30 juta OLX.

8. Mobil Mazda Interplay

Mobil Mazda Interplay
Mobil Mazda Interplay

Mobil sedan yang pernah populer di tahun 90-an ini dibanderol dengan harga 25 juta. Bagian desainnya memang terlihat cukup tua karena memang mobil ini sudah berusia lebih dari 26 tahun. Sementara bagian instrumen clusternya hampir sama seperti mobil Toyota Cressida karena menggunakan digital.

Selain itu, kecepatan indikator bensin RPM dan temperatur mesinnya juga sudah menggunakan digital. Namun sayangnya, mobil ini membutuhkan penyegaran pada berbagai sektor karena kondisinya yang tidak lagi muda.

9. Honda Accord Prestige

Honda Accord Prestige
Honda Accord Prestige

Mobil generasi ketiga dari Accord ini dikenalkan pada tahun 1986. Sementara kapasitas mesin yang digunakan cukup besar 1995 cc. Sayangnya, mobil bekas dibawah 30 juta ini menggunakan sistem penyaluran bahan bakar karburator. Sementara harga Honda Accord Prestige ini mencapai 29 juta.

10. Mobil Mazda Vantrend

Mobil Mazda Vantrend
Mobil Mazda Vantrend

Mazda Vantrend adalah station wagon dengan populasi yang cukup banyak di negara Indonesia. Pada tahun 90-an mobil ini memang paling trend dan terlaris. Namun sayangnya, Mazda Vantrend di zaman modern ini kurang diminati karena desainnya yang dianggap jadul.

Bahkan kondisinya pun juga kurang mulus. Namun, bagi Anda yang siap melakukan restorasi maka Mazda Vantrend ini bisa dijadikan sebagai pilihannya. Harganya pun juga tergolong cukup murah yaitu 15 juta.

11. Mobil Mercedes Benz W124

Mobil Mercedes Benz W124
Mobil Mercedes Benz W124

Mobil ini seringkali disebut sebagai Mercy Boxer yang menjadi pilihan mobil dengan harga dibawah 30 juta. Kondisinya tergantung dari pemiliknya, untuk itu pilihlah mobil mercedes-benz yang terawat karena jika tidak maka membutuhkan perbaikan yang cukup mahal.

Mercedes Benz W124 menjadi incaran para pecinta mobil tua yang suka melakukan modifikasi. Apakah Anda juga pecinta mobil tua yang ingin merombaknya?

12. Suzuki Baleno Sedan

Suzuki Baleno Sedan
Suzuki Baleno Sedan

Harga Suzuki Baleno sedan ini tidak lebih dari 30 juta, karena hanya dibanderol dengan harga 28 juta. Pertama kali Suzuki Baleno sedan ini dikenalkan pada tahun 1995 hingga 2004. Produsen telah memberikan mesin berupa unit 1600 cc 4 silinder.

13. Daihatsu Espass 1995

Daihatsu Espass 1995
Daihatsu Espass 1995

Mobil Daihatsu Espass ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai keluarga besar karena dapat memuat kapasitas hingga 7 orang penumpang. Bagian kakinya juga sangat luas, sehingga membuat para penumpangnya merasa lebih nyaman.

Mesin yang dimiliki 1600cc dan sudah dilengkapi dengan teknologi fuel injection. Keunggulan yang dimiliki oleh mobil bekas dibawah 30 juta ini yaitu mempunyai konsumsi bahan bakar yang tergolong irit, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai armada sehari-hari.

14. Toyota Kijang Super

Toyota Kijang Super
Toyota Kijang Super

Cukup dengan mengeluarkan budget 28-29 juta, Anda sudah bisa memperoleh mobil Toyota Kijang Super untuk tahun 1986. Mobil bekas ini pertama kalinya dikeluarkan pada tahun 1986 hingga 1992. Mesin yang digunakan mempunyai kapasitas 1500 cc.

Kelebihannya yaitu hemat bahan bakar dan mempunyai mesin yang handal. Meskipun dibanderol dengan harga yang murah, namun Toyota Kijang Super sudah mempunyai fitur berupa AC double blower, power steering, dan ruang kabin yang luas.

15. Daihatsu Zebra 1989

Daihatsu Zebra 1989
Daihatsu Zebra 1989

Zebra juga masuk sebagai daftar mobil bekas murah dibawah 30 juta, lebih tepatnya yaitu 20 juta saja. Harga tersebut berhasil membuat para masyarakat tertarik untuk mempunyai armada yang satu ini. Selain dijadikan sebagai mobil keluarga, juga cocok sebagai mobil untuk merintis usaha kecil-kecilan.

16. Mobil Suzuki Forsa 1986

Suzuki Forza 1986
Suzuki Forza 1986

Berbekal uang 28 juta, Anda sudah bisa mempunyai mobil sedan Suzuki Forsa. Tampilannya yang mungil namun mempunyai kabin yang cukup luas. Kelebihan yang dimiliki oleh mobil ini yaitu mempunyai mesin blender yang sangat irit bahan bakar.

Mesin yang tertanam di dalamnya berkapasitas 1.000 liter dan sistem pembakaran karburator. Tenaganya juga tergolong lumayan yaitu mencapai hingga 54 horsepower.

Apabila Anda sudah menemukan mobil bekas dibawah 30 juta maka selanjutnya memperhatikan bagaimana cara perawatan yang baik dan benar. Mobil yang selalu dirawat tidak akan terlihat murahan. Semakin mobil terawat maka tidak hanya nyaman namun juga terlihat menarik

Baca juga:

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia