15 Rekomendasi Kamera Mirrorless Murah dengan Kualitas Terbaik

Dipublikasikan oleh Ahmad Baihaqi ∙ 26 October 2021 ∙ 11 menit membaca

Meskipun smartphone sudah dilengkapi dengan kamera, masih ada yang merasa kurang puas kalau belum mengambil foto menggunakan kamera mirrorless. Jika Anda adalah salah satunya, Anda mungkin tertarik untuk membeli kamera mirrorless murah dan berkualitas untuk mendukung hobi foto Anda.

Ada banyak merk kamera mirrorless yang akan Anda temui di luar sana. Merk manakah dari berbagai produk tersebut yang paling bagus untuk digunakan? Bagaimana cara menemukan produk kamera mirrorless yang tidak hanya murah, tetapi juga berkualitas dan tahan lama?

Tips Memilih Kamera Mirrorless Murah dan Bagus

Jangan sembarangan membeli kamera mirrorless, apalagi karena tergiur harganya yang sangat murah. Meskipun  budget atau dana terbatas, ada langkah penting yang wajib Anda ikuti untuk menemukan kamera mirrorless dengan kualitas yang bagus. Berikut tips penting untuk memilih kamera mirrorless:

1. Pilih Kamera Mirrorless dengan Ukuran Sensor Sesuai Kebutuhan

Pilih Kamera Mirrorless dengan Ukuran Sensor Sesuai Kebutuhan RekomendasiMerk

Kamera mirrorless tidak punya lensa dan cermin sehingga hal pertama untuk Anda perhatikan haruslah ukuran sensor kameranya. Sensor kamera yang semakin bagus akan memberikan foto serta video dengan detail yang bagus pula. Misalnya ada kamera four thirds untuk menangkap hanya setengah sensor.

Ada juga kamera dengan sensor APS-C dengan kemampuan mengambil foto mid-range atau menengah kebawah. Ada kamera mirrorless full frame untuk mengambil gambar yang lebih wide dan luas. Sensor tersebut dikategorikan sebagai kamera untuk menengah ke atas.

2. Perhatikan Resolusi Kamera pada Kamera Mirrorless

Perhatikan Resolusi Kamera pada Kamera Mirrorless RekomendasiMerk

Resolusi kamera merupakan pertimbangan yang sangat penting karena hal ini akan mempengaruhi jernih tidaknya foto yang dihasilkan. Saat ini sudah banyak kamera mirrorless dengan fitur display 4K. Fitur tersebut berarti kamera mirrorless mampu menghasilkan foto dengan resolusi sangat tinggi.

Salah satu hal yang menentukan kualitas atau tingginya resolusi kamera adalah harga. Kamera dengan resolusi yang lebih tinggi biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal juga. Pastikan budget yang Anda siapkan cukup untuk mendapatkan kamera mirrorless dengan resolusi yang bagus.

3. Periksa Fitur dan Desain pada Kamera Mirrorless

Periksa Fitur dan Desain pada Kamera Mirrorless RekomendasiMerk

Masing-masing produsen kamera mirrorless menambahkan ciri khas pada produk buatannya. Pemilihan fitur dan desain bergantung pada selera dan keinginan sang pengguna kamera itu sendiri. Pastikan Anda memahami berbagai fitur yang dimiliki oleh kamera mirrorless sehingga bisa memilih yang terbaik.

Misalnya saja, terdapat fitur seperti stabilizer, vari-angle, viewfinder, serta penghilang noise. Fitur-fitur tersebut akan sangat berguna bagi mereka yang membutuhkan kamera mirrorless untuk merekam video atau membuat video blogging. Fitur kamera mirrorless apa yang sangat Anda butuhkan?

4. Perhatikan Pilihan Lensa yang Dimiliki oleh Kamera Mirrorless

Perhatikan Pilihan Lensa yang Dimiliki oleh Kamera Mirrorless RekomendasiMerk

Kamera mirrorless dengan lensa yang bisa Anda ganti sesuai dengan kebutuhan adalah pilihan yang unggul. Anda bisa menggunakan lensa yang berbeda dalam setiap kesempatan. Anda pun akan lebih leluasa untuk mendapatkan foto dengan berbagai teknik.

Misalnya untuk mengambil gambar berkualitas tinggi dari jarak yang lumayan jauh, Anda bisa memilih kamera mirrorless dengan lensa telephoto. Ada juga lensa prime dan jenis lensa lain yang perlu Anda pahami sebelum membeli kamera mirrorless untuk kebutuhan fotografi atau videografi Anda.

Rekomendasi Kamera Mirrorless Murah dengan Kualitas Bagus

Setelah memahami berbagai fitur dan bagian kamera mirrorless, Anda bisa memulai perburuan kamera. Ada banyak sekali merk yang menjanjikan kamera mirrorless berkualitas tinggi dalam berbagai kisaran harga. Berikut ini adalah beberapa kamera terbaik dengan harga yang lebih terjangkau:

1. Kamera Mirrorless Fujifilm XA3

Kamera Mirrorless Fujifilm XA3 RekomendasiMerk

Kamera mirrorless yang satu ini adalah favorit semua orang. Hadir dengan desain tampilan yang vintage dan klasik, Anda akan merasa sedang menggunakan kamera jaman lawas. Tapi bukan berarti performanya juga ketinggalan jaman, justru Fujifilm XA3 dilengkapi dengan fitur yang canggih.

Terdapat LCD touch screen untuk mempermudah Anda menggunakan kamera mirrorless ini. Layar LCDnya juga bisa diputar hingga menghadap ke depan, sehingga Anda bisa mengambil selfie dengan mudah.

Resolusi sebesar 24,2 MP diimbangi dengan sensor APS-C dengan kualitas tinggi. Anda bisa mendapatkan kamera ini dengan mempersiapkan dana sekitar Rp 4.800.000,- sampai Rp 5.000.000.

2. Kamera Mirrorless Sony A6000

Kamera Mirrorless Sony A6000 RekomendasiMerk

Bicara soal kamera pasti selalu berhubungan dengan merk Sony. Salah satu produk Sony yang memiliki harga terjangkau adalah Sony A6000 yang membawa berbagai inovasi menarik.

Kamera ini mempunyai resolusi 24,3 MP dengan teknologi APS HD serta APS-C Exmor. Kamera mirrorless terjangkau buatan Sony ini sangat cocok bagi mereka yang berencana mengambil video dan foto dengan kualitas tinggi Full HD.

Desainnya yang keren akan membuat seolah Anda sedang memegang dan membawa kamera yang harganya mahal. Harga termurah untuk kamera mirrorless Sony A6000 adalah Rp 5.800.000.

3. Kamera Mirrorless Canon EOS M10

Kamera Mirrorless Canon EOS M10 RekomendasiMerk

Canon juga merupakan merk terkenal yang menyediakan kamera mirrorless berkualitas. Salah satu produknya, EOS M10, hadir dengan desain yang lebih ramping dibandingkan dengan mirrorless buatan merk lain.

Anda bisa membawa kamera ini dengan praktis dan mudah. Hadir dengan APS-C CMOS dan kamera 18 MP, produk kamera murah mirrorless dari Canon ini akan memberikan hasil gambar yang tajam.

Cahaya yang minim pun bukan masalah karena mirrorless dari Canon ini bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah. Untuk harga yang ditawarkan, Canon EOS M10 yang canggih ini bisa diperoleh hanya dengan Rp 5.000.000 saja.

4. Kamera Mirrorless Nikon J5

Kamera Mirrorless Nikon J5 RekomendasiMerk

Nikon adalah merk lain yang dikenal sebagai penyedia kamera berkualitas yang merupakan saingan berat Canon. Seperti hanya Canon, Nikon juga menghadirkan kamera mirrorless yang berkualitas dengan desain super ramping serta nyaman untuk digenggam.

Nikon melengkapi J5 dengan sensor 20,8 MP CX-Format dan sensor BSI CMOS. Kamera mirrorless buatan Nikon ini mampu merekam video dengan kualitas tinggi yaitu Full HD.

Desainnya yang indah membuatnya cocok untuk digunakan oleh para street photographer. Nikon J5 bisa didapatkan dengan harga yang lebih murah daripada kamera mirrorless buatan Canon, yaitu seharga Rp 4.600.000 saja.

5. Kamera Mirrorless Xiaomi Yi M1

Kamera Mirrorless Xiaomi Yi M1 RekomendasiMerk

Tidak puas dengan produk smartphone, Xiaomi juga merilis berbagai produk elektronik lain, seperti kamera mirrorless. Yi M1 dari Xiaomi merupakan kamera mirrorless dengan sensor micro 4/3 20 MP.

Berat kamera ini hanya 280 gram saja, sehingga Anda bisa membawanya dengan mudah dan nyaman. Video yang diambil menggunakan kamera mirrorless ini juga sangat berkualitas karena bisa mencapai resolusi 4K.

Tidak hanya untuk pemula, kamera mirrorless buatan Xiaomi ini juga sangat digemari oleh fotografer yang sudah berpengalaman karena kualitasnya yang tidak main-main. Anda bisa mendapatkan kamera mirrorless murah dari Xiaomi ini hanya dengan Rp 4.900.000 saja.

6. Kamera Mirrorless Panasonic Lumix DMC GF9

Kamera Mirrorless Panasonic Lumix DMC GF9 RekomendasiMerk

Panasonic juga merupakan sumber berbagai perlengkapan elektronik berkualitas, seperti kamera mirrorless. Salah satu produk berkualitas dari Panasonic adalah Lumix DMC GF9 yang mampu merekam video berkualitas 4K. kamera ini mempunyai sensor Live MOS 16 MP Micro Four Thirds System.

Panasonic juga melengkapi kamera mirrorless ini dengan sensitivitas ISO 25600 serta built in Wi-Fi dan flash. Layar LCD yang berukuran 3 inci bisa Anda putar hingga 180 derajat.

Meskipun terjangkau, kamera mirrorless dari Panasonic ini menawarkan kualitas terbaik. Kisaran harga untuk kamera mirrorless Lumix DMC GF9 dari Panasonic adalah sekitar Rp 4.500.000.

7. Kamera Mirrorless Bcare

Kamera Mirrorless Bcare RekomendasiMerk

Kalau Anda sedang berburu kamera mirrorless yang benar-benar murah tapi sekaligus berkualitas, ada Bcare yang menawarkan resolusi 8 MP hingga 24 MP serta 4x digital zoom. Anda bisa menggunakan kamera mirrorless ini untuk mengambil video dengan kualitas HD hingga 1080p.

Terdapat ISO otomatis yang dimiliki oleh kamera mirrorless Bcare, yaitu 400, 200, serta 100. Terdapat pula red eye reduction pada lampu flashnya sehingga gambar yang diambil pun bisa lebih berkualitas dan jernih.

Layar LCD kamera ini hadir dengan display TFT berukuran lebar 3 inci. Untuk harganya sangatlah terjangkau, yaitu antara Rp 849.000 hingga Rp 1.367.000 saja.

8. Kamera Mirrorless Elite

Kamera Mirrorless Elite RekomendasiMerk

Sesuai dengan namanya, kamera mirrorless ini menawarkan fitur-fitur yang elit seperti Wi-Fi built in yang memudahkan Anda mengirim gambar ke perangkat lain. Selain itu, Elite hadir dengan sensor 8.0 MP CMOS hingga 24 MP dan juga 4x digital zoom.

Seperti kamera mirrorless yang sebelumnya, kamera mirrorless murah terbaik ini mempunyai layar LCD berukuran 3 inci dengan teknologi TFT. Memori internal tersedia dalam kamera ini tapi bisa Anda tambahkan memori eksternal hingga 32 GB untuk menampung lebih banyak gambar dan video.

Harga yang ditawarkan untuk kamera mirrorless ini bahkan lebih murah daripada yang sebelumnya, yaitu antara Rp 780.000 hingga Rp 1.050.000.

9. Kamera Mirrorless Cognos C24

Kamera Mirrorless Cognos C24 RekomendasiMerk

Anda bisa menghasilkan video AVI dengan menggunakan kamera mirrorless ini. Resolusi kamera yang tersedia adalah 3 MP, 5 MP, 8 MP, 12 MP, 20 MP, hingga 24 MP. Terdapat berbagai pengaturan seperti cloudy, white balance, tungsten, fluorescent, serta berbagai pengaturan lain untuk dipilih.

Harganya yang murah bukan berarti fitur yang ditampilkan tidak canggih. Kamera mirrorless ini memungkinkan Anda untuk mengatur saturasi kamera dengan pilihan low, normal, dan high.

Membuat video blogging pun akan jauh lebih mudah dengan bantuan kamera mirrorless Cognos C24. Anda bisa memperoleh kamera mirrorless ini hanya dengan harga Rp 810.000 hingga Rp 1.302.000 saja.

10. Kamera Mirrorless Kogan

Kamera Mirrorless Kogan RekomendasiMerk

Kogan juga menjanjikan kamera mirrorless murah dengan kualitas bagus. Kamera ini membawa sensor CMOS dan resolusi 8.0 MP yang memiliki interpolasi hingga 24 MP. Layarnya yang berukuran 3 inci juga bisa Anda putar ke depan untuk mengambil foto selfie berkualitas.

Sensitivitas ISO 400, 200, dan 100 ditambahkan ke kamera yang bisa merekam video 1080p ini. Anda yang masih baru belajar mendalami ilmu fotografi bisa menggunakan kamera mirrorless ini untuk memperdalam ilmu fotografi.

Anda bisa mendapatkan kamera mirrorless murah ini hanya dengan Rp 1.150.000 hingga Rp 1.700.000.

11. Kamera Mirrorless Canon EOS M100

Kamera Mirrorless Canon EOS M100 RekomendasiMerk

Kalau Anda ingin kamera mirrorless Canon yang lebih canggih dari EOS M10, ada EOS M100 yang hadir dengan lebih banyak fitur dan peningkatan. Kamera Canon ini hadir dengan resolusi kamera yang lebih baik yaitu 24MP untuk memberikan kualitas gambar yang juga lebih baik dari yang sebelumnya.

Ada juga sistem autofocus dengan dual pixel untuk membuat fokus gambar tertangkap dengan  lebih cepat serta bisa diikuti jika objek tersebut bergerak. Kamera mirrorless ini hadir dengan sensor APS-C CMOS dan mampu menghasilkan resolusi gambar hingga 6000 x 4000 pixel.

Untuk mendapatkan kamera mirrorless dari Canon ini, Anda perlu mempersiapkan dana sebesar Rp 4.799.000.

12. Kamera Mirrorless Fujifilm X-A20

Kamera Mirrorless Fujifilm X A20 RekomendasiMerk

Selain XA3, Fujifilm juga menghadirkan X-A20 yang merupakan kamera mirrorless dengan kemampuan menghasilkan gambar berwarna menarik. Hasil gambar yang Anda peroleh menggunakan kamera ini bahkan sudah indah tanpa perlu Anda edit sama sekali.

Sensitivitas ISO yang dibawa oleh Fujifilm X-A20 adalah 100 hingga 25600. Kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan resolusi maksimal 4896 x 3264 pixel.

Untuk resolusi videonya, kamera ini mampu menghasilkan video dengan resolusi Full HD 1920 x 1080. Fujifilm menawarkan kamera mirrorless X-A20 ini dengan harga Rp 4.049.000 saja.

13. Kamera Mirrorless Nikon Coolpix L320

Kamera Mirrorless Nikon Coolpix L320 RekomendasiMerk

Nikon memang dikenal sebagai penyedia kamera dengan kualitas bagus. Tapi bukan berarti Anda perlu mempersiapkan biaya yang cukup banyak untuk mendapatkan kamera Nikon yang berkualitas. Salah satu kamera mirrorless murah berkualitas adalah Coolpix L320 yang hadir dengan resolusi 16.1 MP.

Kamera mirrorless ini bahkan bisa melakukan optimal zoom sampai 26x. Gambar yang dihasilkannya pun tidak akan blur, karena kamera mirrorless ini dibekali dengan image stabilization.

Ada juga motion detection yang akan membantu Anda mengambil gambar dari objek yang bergerak. Harga yang ditawarkan untuk Nikon Coolpix L320 berkisar antara Rp 900.000 hingga Rp 1.900.000.

14. Kamera Mirrorless Sony Cybershot DSC-W830

Kamera Mirrorless Sony Cybershot DSC W830 RekomendasiMerk

Cybershot DSC-W830 dibekali dengan lensa ZEISS Vario Sonnar T yang resolusinya 20.1 MP. Resolusi maksimal gambar yang dihasilkan oleh kamera ini bisa mencapai 5152 x 3864 pixel yang diambil dengan  kecepatan 0,80 frame per detik.

Cybershot DSC-W830 juga bisa menghasilkan video dengan resolusi maksimal 1280 x 720 dengan  kecepatan pengambilan 30 frame per detik. Sensitivitas ISO yang dibawa oleh kamera mirrorless dengan sensor Super HAD CCD ini adalah 80 hingga 3200.

Sony Cybershot DSC-W830 bisa dibeli, baik secara offline maupun online dengan kisaran harga Rp 1.599.000 saja.

15. Kamera Mirrorless Olympus Pen E-PL8

Kamera Mirrorless Olympus Pen E PL8 RekomendasiMerk 1

Kamera mirrorless dari Olympus ini ada di posisi terakhir karena harganya bukan yang termurah. Pen E-LP8 hadir dengan body yang mungil tapi memiliki banyak lensa, sangat cocok untuk pemula. Terdapat sensor four thirds 16 MP yang dilengkapi dengan adanya stabilisasi gambar.

Performa kamera mirrorless ini benar-benar cepat. Ada sistem auto fokus yang bisa dengan kilat mengunci fokus. Ada juga continuous shooting mode dengan kecepatan 8 frame per detik.

Pen E-LP8 juga punya layar yang bisa Anda putar hingga 180 derajat hingga menghadap ke depan. Harga yang harus Anda bayarkan untuk mendapatkan kamera mirrorless ini adalah 6 jutaan.

Daftar Harga Kamera Mirrorless Murah Harga Mulai 700 Ribuan

[table id=43 /]

Harga yang ditawarkan oleh berbagai merk kamera mirrorless murah bergantung pada fitur yang dibawa oleh kamera tersebut. Kalau Anda ingin mendapatkan kamera mirrorless dengan lebih banyak fitur, Anda mungkin perlu mempersiapkan lebih banyak dana.

Kamera mirrorless adalah salah satu bentuk investasi, pastikan Anda membeli yang benar-benar berkualitas. Dengan begitu, maka Anda bisa menggunakan kamera tersebut untuk waktu yang lama.

Baca juga: 

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 12 Cara Screenshot di Laptop Windows & Mac OS

Cara screenshot di laptop merupakan sebuah skill yang secara tak tertulis wajib diketahui oleh seti

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Terbaru! Harga Paving Block per M2 dan Jasa Pemasangannya!

Paving block merupakan suatu material bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau mater

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Alat Potong Keramik Manual Terbaik

Alat Potong keramik terbagi menjadi dua yaitu manual dan otomatis atau yang lebih dikenal dengan al

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Harga dan Motif Keramik Dinding Kamar Mandi 25x40

Keramik dinding kamar mandi ukuran 25x40 cm adalah yang biasa dipakai. Tapi ada cara tersendiri unt

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia