Pinhome

Lifestyle

15+ Kata Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang

Dipublikasikan oleh Nabila Zahra Hafizhah ∙ 13 April 2021 ∙ 7 menit membaca

Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang – Ramadhan 1442 Hijriah / tahun 2021 ditetapkan pada hari Selasa, tanggal 13 April 2021 berdasarkan Muhammadiyah. Sedangkan menurut menteri agama, sidang isbat baru akan digelar besok (12/4).

Puasa pada bulan Ramadan adalah kewajiban bagi semua umat muslim di seluruh dunia. Puasa Ramadhan masuk dalam rukun Islam ke-3. Hal yang juga tidak ketinggalan dalam menyambut bulan suci ini ialah memberikan Ucapan Selamat Berpuasa terutama bagi masyarakat Indonesia dan Minangkabau yang mayoritas Islam.

Bulan suci ini juga menjadi saat-saat yang sangat ditunggu oleh setiap umat Islam. Selain melaksanakan puasa, beribadah di bulan ini juga dilipat-gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Sehingga, berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan akan memberi manfaat yang sangat besar bagi kita dan menjadi bekal di akhirat.

Sebelum Ramadhan tiba, kita juga dianjurkan untuk bermaaf-maafan dengan keluarga, tetangga, family, kerabat dan orang-orang sekitar. Kemudian, diikuti dengan memberikan Kata-Kata Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang bagi kalian yang bersuku Minangkabau. Berikut, beberapa diantaranya.

Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang Untuk Keluarga

Momen yang membahagiakan ketika Ramadhan bersama keluarga ialah saat makan sahur dan berbuka puasa bersama di rumah. Saat-saat tersebut sangat ampuh untuk mempererat tali kekeluargaan antara satu dan lainnya. Berikut, Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang dan Artinya buat Keluarga :

“Salamaik bapuaso ramadhan ambo ucap’an untuak amak, ayah, adiak jo kakak, untuang-untuang puaso tahun ko bisa manambah kaimanan Kito Basamo.”

Artinya :

Selamat berpuasa ramadhan aku ucapkan untuk ibu, ayah, adik dan kakak, semoga puasa tahun ini bisa menambah keimanan kita bersama.


“Salamaik manjalankan ibadah puaso untuak kaluarga ambo, minal aidzin wal Faizin, mohon maaf lahia jo batin untuak kasadonyo.”

Artinya :

Selamat menjalankan ibadah puasa untuk keluargaku, minal aidzin wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin untuk semuanya.


Sabalum bulan puaso tibo, ambo talabiah dahulu maminta maaf ateh sagalo salah jo doso ka amak, abak, kakak jo adiak. Marhaban ya Ramadhan.”

Artinya :

Sebelum bulan puasa tiba, aku terlebih dahulu meminta maaf atas segala salah dan dosa ke ibu, bapak, kakak dan adik. Marhaban ya Ramadhan.


“Bulan puaso ramadhan 2021 alah Tibo, semoga kaluarga Kito samakin taaik baribadah, mandakek’an diri ka Yan Maha Kuasa kedepannyo. Amin.”

Artinya :

Bulan puasa ramadhan 2021 sudah tiba, semoga keluarga kita semakin taat beribadah, mendekatkan diri ke Yang Maha Kuasa kedepannya. Amin.


“Salamaik manjalankan puaso di bulan suci Ramadhan untuak kasadonnyo di rumah ko, marilah kito manambah amal baiak untuak bekal di akhiraik isuak ko.”

Artinya :

Selamat menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan untuk semuanya di rumah ini, marilah kita menambah amal baik untuk bekal di akhirat kelak.


Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang Buat Teman

Kata kata selamat puasa bahasa Minang

Tongkrongan yang biasanya ramai perihal makan-makan di siang hari, di bulan ramadhan akan berkurang drastis, karena sudah saatnya kita bersama menjalankan ibadah puasa dan mendekatkan kepada Allah. Berikut, beberapa Kata Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang untuk sahabat dan teman-teman :

“Jikok sado harato adolah racun, mako zakaik lah panawarnyo. Jikok saluruah umua iolah doso, mako taubaik lah ubeknyo. Jikok saluruah bulan adolah noda, mako Ramadhan lah pamutiahnyo. Marhaban ya Ramadhan, barakallahu lana.”

Artinya :

Jika semua harta ialah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur ialah dosa, maka taubatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadhan lah pemutihnya. Marhaban ya Ramadhan, barakallahu lana.


“Fajar Ramadhan ka tibo manarangi dunia, salembar sutra mangapuih noda, sabening ambun panyajuak kalbu, sucikan hati barasiah’an jiwa di bulan nan suci. Salamaik manunaikan ibadah puaso. Untuang-untuang amal kito ditarimo Allah Ta’ala.”

Artinya :

Fajar Ramadhan kan hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Ta’ala.


“Wahai zat Nan Mulia, siramilah kami jo ilmu dunia. Jagolah hati dari noda, cemerlangkan penampilan jo iman. Salamaik manjalankan ibadah puaso.”

Artinya :

Wahai Zat Yang Mulia, siramlah kami dengan ilmu dunia. Jagalah hati dari noda, cemerlangkan penampilan dengan iman. Selamat menjalankan ibadah puasa.


“Andai jemari ndak sempat bajabat, Jikok rago ndak dapek basuo, bilo ado kato mambakeh luko, semoga pintu maaf masih tabuka. Salamaik manunaikan ibadah puaso.”

Artinya :

Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak dapat bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa.


“Taselip khilaf ka garah, ado luko tagores ka galak, tabalik pilu ka tingkah, tasingguang raso dalam bakato. Mari kito saliang mamaafkan sabalum bulan suci ramadhan tibo. Semoga kito tetap setia dalam satu jalua, satu doa, satu tujuan: manggapai Ridha Allah SWT.”

Artinya :

Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan tiba. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan; menggapai ridha Allah SWT.


Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang Untuk Pacar

Kita semua tahu bahwa ketika menjalankan ibadah puasa, berpacaran akan mengurangi pahala puasa bahkan dapat membatalkannya. Untuk itu, kurangi bertemu lawan jenis yang bukan mukhrim, apalagi terniat untuk melakukan hal-hal yang tidak baik. Berikut, beberapa Kata Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang Buat Kekasih :

“Ambo baharok Allah SWT salalu ado untuak mamberkati hubungan indah kito jo mahujani kito jo Cinta-Nyo. Salam hangaik di Ramadhan untuak adiak cinto den.”

Artinya :

Aku berharap Allah SWT selalu ada untuk memberkati hubungan indah kita dan menghujani kita dengan cintaNya. Salam hangat di Ramadhan untukmu cintaku.


“Kapado kasiah nan paliang istimewa, ambo mandoakan sado kebahagiaan di dunia ko untuak adiak saaik kami marayokan kesempatan Ramadhan 1442 hijriah nan paluang keberuntungan.”

Artinya :

Kepada kekasih yang paling istimewa, saya mendoakan semua kebahagiaan di dunia ini untuk kamu saat kami merayakan kesempatan Ramadhan 1442 Hijriah  yang penuh keberuntungan.


“Semoga kebaikan ramadhan 2021 mangisi hiduik kito dengan labiah banyak kebahagiaan jo labiah banyak harmoni. Semoga Ramadhan diberkati untuak pacar nan tasayang.”

Artinya :

Semoga kebaikan Ramadhan 2021 mengisi hidup kita dengan lebih banyak kebahagiaan dan lebih banyak harmoni. Semoga Ramadhan diberkati untuk pacar tersayang.


“Pado kesempatan Ramadhan Kareem, jo sapanuah hati ambo nio batarimo kasih kapado Allah SWT karano alah mambao ambo dalam hiduik adiak dan ambo mancari barokah untuak maso depan nan indah basamo adiak nan tacinto. Salamaik bapuaso.”

Artinya :

Pada kesempatan Ramadhan Kareem, dengan sepenuh hati saya ingin berterima kasih kepada Allah karena telah membawa Anda dalam hidup kamu, dan saya mencari berkah untuk masa depan yang indah bersama Anda yang tercinta. Selamat berpuasa.

Kata Ucapan Selamat Berpuasa Ramadhan 2021 Bahasa Padang

Memberikan ucapan selamat menjalankan ibadah puasa kepada orang lain adalah suatu bentuk kepedulian, bentuk perhatian dan penyemangat bagi mereka. Berikut, beberapa Kata Kata Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang terbaik paling menyentuh :

Maingek kato nan salah. Hati nan baprasangko. Janji nan talupoan. Sikap jo sifat nan manyakik’an. Di hari iko izinkanlah, ambo maucap, mohon maaf lahia jo batin, Marhaban ya Ramadhan.”

Artinya :

Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkanlah, aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban Ya Ramadhan.


“Marhaban ya Ramadhan. Bulan suci alah Tibo baliak, saat nan tapekmansucikan diri dari sagalodoso. Mohon maaf lahia jo batin. Salamaik manunaikan ibadah puaso.”

Artinya :

Marhaban ya Ramadhan. Bulan suci kembali tiba. Saat tepat mensucikan diri dari segala dosa. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.


“Ado duo kebahagiaan bagi urang nan bapuaso, yaitu kebahagiaan katiko babuko puaso, jo kebahagiaan katiko isuak batamu jo Tuhannyo.”

Artinya :

Ada dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa, yaitu kebahagiaan ketika berbuka puasa, dan kebahagiaan ketika nanti bertemu dengan Tuhannya. – Hadis Shahih Bukhari.


“Saluruah amal perbuatan anak Adam adolah untuaknyo surang kecuali puaso. Sasungguahnyo inyo Untuk-Ku dan Aku-lah nan mambarikan balasannyo.”

Artinya :

Seluruh amal perbuatan anak Adam adalah untuknya sendiri kecuali puasa. Sesungguhnya ia untuk-Ku dan Aku-lah yang akan memberikan balasannya. – Hadis Bukhari Muslim.


Demikianlah, ulasan singkat kali ini mengenai Kumpulan Kata Ucapan Selamat Puasa Bahasa Minang dan artinya. Semoga Bermanfaat dan menjadi referensi utama. Terima kasih.

Tags :

Bagikan Artikel