Pinhome

Ide Usaha Rumahan (Dijamin Mudah dan Tidak Ribet)

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 15 November 2021 ∙ 9 menit membaca

Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk mencari uang, tentunya dengan jalan yang banar dan tidak merugikan orang lain, seperti halnya memanfaatkan peluang ide usaha rumahan. Janganlah kalian selelau beranggapan bahwa memulai sebuah bisnis itu hanya bisa berjalan ketika diawali modal yang besar.

Pinhome – Selama kita menjalankan sebuah bisnis dengan baik, maka peluang usaha yang awalnya itu hanya untuk semata-mata mencoba bisa menjadi sebuah pekerjaan utama dengan penghasilan yang tak terduga tentunya.

Baca Juga:

Ide Usaha Rumahan Dengan Keuntungan yang Menarik

(Tridentcpa.com)

Usaha rumahan dengan modal yang kecil tentu saja hal ini sangat menarik berhatian banyak orang. Karena dengan bermodal kecil bisa mendatangkan keuntungan yang fantastis bukanlah sekedar isapan jempol belaka. Terlebih lagi, ada banyak ragam jenis usaha rumahan yang banyak di ciptakan dan dikembangkan secara variatif dan inovatif.

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh disini, dengan adanya sentuhan teknologi memberikan angin segar bagi pelaku usaha rumahan dikarenakan sistem pemasaran mereka tak lagi terbatas secara offline saja, melainkan bisa dilakukan secara online melalui media.

Baca Juga:

1. Ubah Blog Kalian Menjadi Bisnis

(Quora.com)

Saya kira kita harus mulai dengan yang paling saya kenal saat ini. Belum lama ini saya membuat blogging dan hal ini sangat menyenangkan tentunya, kalian harus mencoba hal ini jika kalian benar-benar tertarik akan peluang usaha rumahan ini. Memang hal ini bukanlah skema untuk cepat kaya, tetapi pasti dapat menghasilkan uang bagi kalian.

2. Air Minum Isi Ulang

ide usaha rumahan
(iStockphoto)

Kenapa Air minum isi ulang? Karena kalian juga bisa memanfaatkan salah satu ruangan yang ada di sekitar rumah kalian untuk membuka bisnis air minum isi ulang.

Hal ini sangat menjanjikan, kenapa? Karena pada zaman sekarang ini orang itu lebih banyak tertarik pada hal “serba instan” ya termasuk juga air minum kemasan atau isi ulang dibandingkan mereka harus memasak air sendiri yang pastinya hanya menambah beban pekerjaan mereka. Dikarenakan di beberapa tempat terus mengalami penurunan air bersih, bisnis air minum isi ulang menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

3. Mekanik Motor dan Mobil

(Otoblitz.net)

Apakah kalian tau betapa sulitnya menemukan mekanik yang baik dan dapat dipercaya saat ini? Mungkin itu hanyalah pendapat saya saja, tetapi saya seperti sudah memiliki banyak pengalaman dengan mekanik yang tidak jujur yang sudah di bayar dengan mahal-mahalnya tetapi mereka tidak jujur dalam menjalankanya. Jika kalian tau banyak tentang motor dan mobil dan kalian memiliki banyak peralatan untuk memperbaikinya, ini bisa menjadi sebuah ide bisnis yang baik untuk kalian.

Baca Juga:

4. Katering Harian

(Scribd.com)

Jika kalian memiliki bakat memasak dan bisa menyajikan makanan bercita rasa dengan menu yang unik dan variatif, maka inilah saatnya kalian mempertimbangkan untuk membuka usaha katering rumahan.

Selain tidak terlalu membutuhkan modal yang besar, usaha katering harian memiliki potensi untuk berkembang menjadi penyedia makanan katering di acara-acara besar.

5. Laundry Kiloan

ide usaha rumahan
(Fiamwifi/linkedin)

Banyak sebagian orang tidak terlalu menyukai yang namanya mencuci baju. Selain karena memakan waktu, mencuci juga memerlukan sebuah tenaga untuk mengerjakanya.

Yakin bisnis laundry kiloan? Ya tentu saja yakin! Kalian bisa menjadi sebuah solusi untuk orang yang tidak sempat mencuci dengan memberikan sebuah jasa laundry kiloan.

Jika kalian memiliki sebuah lokasi rumah yang strategis, misalnya dekat perumahan, kampus atau apartemen, maka peluang laundry kiloan ini sangatlah menjanjikan apalagi di musim hujan.

Baca Juga:

6. Usaha Dropship

(Alibaba.com)

Apakah kalian ingin membuka usaha yang bisa menawarkan berbagai produk kepada konsumen? Pilihlah usaha dropship ini. Sekarang ini semakin  supplier yang membuka peluang usaha melalui dropship karena kalian bisa menjual produk supplier tanpa harus mempunyai stok barang dan mengurus pengiriman sendiri.

Meskipun rata-rata keuntugan dropship lebih kecil dibandingkan reseller, namun jika kalian mampu menjual barang di angka yang besar, maka bisnis dropship dapat menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan. Kalian tidak memerlukan stok barang, dan usaha dropship ini dapat dijalankan di mana saja dengan memanfaatkan online marketplace, media sosial, aplikasi chat, dan website.

Namun untuk meningkatkan industri rumahan, kita juga bisa daftar reseller agar kita bisa mengcostume barang dari supplier. Misalnya Anda menjual baju, dengan menjadi seorang reseller Anda juga bisa menjadi agen grosir baju murah dengan Anda yang menentukan harga karena Anda memiliki stok barang.

7. Penulis Online

ide usaha rumahan
(Masterpcservice.com)

Usaha yang tidak memerlukan modal besar selanjutnya adalah menjual jasa sebagai penulis artike online. Modal utamanya ialah keterampilan dalam menulis artikel yang unik dan dapat menarik minat pembaca atau pemilik website yang bersangkutan.

Selain bersifat perorangan, saat ini juga banyak bisnis dan perusahaan yang mencari jasa tersebut seiring perkembangan internet sebagai gerbang informasi maka semakin tinggi pula kebutuhan konten yang berkualitas.

Baca Juga:

8. Pembuatan Website

(Biocatch.com)

Nah selain menjadi penulis online, jasa pembuatan website bisa menjadi pilihan untuk kalian yang ingin membuka usaha bermodal kecil. Tetapi tidak sembarangan orang yang bisa membuka jasa pembuatan website, hanya orang-orang yang menguasai bidang pemrograman saja.

Selain menjadi bagian dari identitas bisnis dan perusahaan untuk memperkenalkan image-nya ke khalayak umum, keberadaan website di era teknologi juga sebagai sarana pemasaran produk untuk menjangkau masnyarakat secara luas.

Sebab itu kreativitas untuk mendesai sebuah website juga dipertaruhkan dalam bisnis ini karena bagaimanapun juga desain menjadi modal agar menarik banyak jaringan dan relasi untuk bekerja sama baik secara individu ataupun atas naman bisnin dan perusahaan.

9. Belajar SEO Website

ide usaha rumahan
(Entrepreneur.com)

Apasih SEO itu? Optimisasi mesin pencari atau SEO secara singkat, adalah seperangkat aturan yang dapat diikuti oleh pemilik situs web (atau blog) untuk mengoptimalkan situs web mereka untuk mesin pencari dan dengan demikian meningkatkan peringkat mesin pencari mereka.

Konten yang bagus masih merupakan faktor keberhasilan yang paling penting dengan atau tanpa SEO. SEO bila dilakukan dengan tepat tidak hanya dapat mendatangkan traffic tetapi juga membawa calon pelanggan yang sebenarnya mencari layanan dan produk terkait bisnis Anda.

Belajar SEO pada waktu ini mungkin adalah waktu yang tepat. Sebab pada saat ini banyak sekali perusahaan atau pembisnis yang mencari jasa Search Engine Optimization (SEO) berkualitas dan dapat diandalkan.

Hal ini dikarenakan SEO memiliki peran yang sangat penting dalam pemasaran online. Jika kalian memiliki riwayat yang cukup dalam meningkatkan peringkat suatu website di halaman pencarian Google, kalian bisa memberikan jasa konsultan SEO kepada meraka.

Nah tapi, sebelum memulai bisnis jasa konsultan SEO, terlebih dulu kalian harus mempelajari aspek-aspek SEO dan membangun rekam jejak secara personal, salah satunya memulai blog dan meningkatkan blog kalian di search engine sebagai contoh hasil kerja kalian.

Baca Juga:

10. YouTuber

(Robloxstatistic.com)

Ha youtuber? Why Not? Jika kalian memiliki kreativitas dan ketertarikan untuk membuat video yang sifatnya menghibur, informatif, atau mengedukasi, tidak ada salahnya kalian mengambil langkah menjadi seorang youtuber.

Meskipun jaminan sukses samar-samar, jika kalian konsisten mengisi konten di channel youtube kalian dengan video yang menarik, tentu kalian memiliki potensi besar untuk menghasilkan pendapatan yang luar biasa. Jika kalian memiliki hobi membuat video yang menarik, salurkanlah hobi kalian itu, dan nikmatilah keuntungan dari hobi yang dibayar.

11. Jasa Editing dan Proofreading

ide usaha rumahan
(Phescreening.uk)

Layanan jasa sejenis ini banyak dibutuhkan. Jasa editing dan proofreading di butuhkan selama tersedianya sebuah tulisan untuk diperiksa dan dikoreksi.

Skripsi dan naskah buku hanyalah sebagian kecil dari contoh tulisan yang biasanya membutuh jasa sejenis ini. Mempunyai latar belakang pendidikan di bidang bahasa atau jurnalistik dapat membantu kalian dalam menekuni jasa ini.

Baca Juga:

12. Ide Usaha Rumahan Sebagai Penerjemah Bahasa

(Unacademy)

Semakin banyak dunia saling terhubung maka kebutuhan akan jasa penerjemah semakin dibutuhkan. Jika kalian menguasai beberapa bahasa, maka kemampuan asing yang kalian miliki itu dapat menjadi sebuah sumber penghasilan yang menggiurkan.

13. Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

ide usaha rumahan
(Pinterest.com)

Apakah kalian pecinta hewan? Jika iya, usaha rumahan ini sangat cocok untu kalian yang mencintai hewan peliharaan dan dapat memberikan perawatan yang baik kepada hewan peliharaan.

Tidak semua orang bisa melakukan perawatan hewan seperti anjing dan kucing. Banyak pemilik hewan peliharaan yang memilih untuk meyerahkan tugas tersebut kepada jasa perwatan hewan peliharaan yang profesional.

Baca Juga:

14. Fotografer

(Pixpa.com)

Memiliki skill di bidang fotografi adalah peluang emas bagi kalian untuk mengawali usaha menjadi seorang fotografer, di mana jasa ini biasanya dibutuhkan oleh banyak bidang. Misal fotografer sebuah produk/brand, fotografer untuk acara personal seperti pernikahan, maupun event besar lainya.

15. Ide Usaha Rumahan Sebagai Guru Privat

ide usaha rumahan
(Memedroid.com)

Memiliki kemampuan menguasai suatu mata pelajaran dan bisa berbagi ilmunya dengan baik kepada orang lain, tidak ada salahnya kalian mencoba untuk menjadi seorang guru privat.

Penghasilan sebagai guru privat yang berpengalaman dapat memberikan keuntungan cukup besar, kemudian kalian pun dapat mengembangkan pengalaman tersebut dengan merekrut calon guru privat pemula da mengajari mereka cara mengajar yang baik serta mencarikan mereka murid.

Penutup

Apapun itu jenis usaha yang kalian lakukan, semua itu perlu komitmen dalam diri dan keyakinan bahwa kalian akan sukses. Termasuk ketika akan membuka dan merealisasikan ide usaha rumahan. Jangan mudah menyerah, karena semua pada dasarnya memiliki resiko.

Baca Juga:

Featured Image Source: Patriotsoftware.com


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia