BlogLifestyle13 Rekomendasi Merk Pisau Survival Terbaik dan Tips Memilih
0
0

13 Rekomendasi Merk Pisau Survival Terbaik dan Tips Memilih

Ditulis oleh  

Nov 4, 2021

11 menit membaca

Copied to clipboard
Merk Pisau Survival Terbaik RekomendasiMerk.com|Tips Memilih Pisau Survival Terbaik|Swiss Army Pocket Knife EDC MKA4 02|Kershaw Cryo Tanto Blackwash 1555TBW|Victorinox Swiss Army Super Tinker|Spyderco Pacific Salt Yellow FRN C91PYL|Opinel No. 12 Explore|Morakniv Eldris|Opinel No. 08 Outdoor|Knifezer Swiss Army Pocket Knife EDC 11 in 1|Morakniv Companion|IKEA Vorda Vegetable Knife|Grand Harvest Swiss Army|Gerber Paraframe Mini SS Knife|Eiger Multi Tools P333top-right-banner

Bagi Anda yang gemar melakukan aktivitas outdoor, pisau survival merupakan salah satu peralatan yang wajib dibawa untuk memotong dan mengolah makanan, hingga membelah kayu. Beberapa merk pisau survival terbaik antara lain Morakniv, Opinel, Eiger, Spyderco, dan lain sebagainya.  

Beberapa orang juga menyebut pisau survival dengan sebutan lain misalnya pisau outdoor, pisau tentara, atau pisau camping. Untuk mengetahui secara lebih jelas mengenai aneka pisau survival dan tips memilih pisau survival yang tepat, mari simak ulasan berikut ini:

Tips Memilih Pisau Survival Terbaik yang Tepat

Tips Memilih Pisau Survival Terbaik

Ketika Anda akan membeli pisau survival, hal yang wajib dijadikan patokan adalah fungsi dan kegunaannya. Hal ini dikarenakan adanya berbagai macam bentuk dan variasi mulai dari harga murah hingga mahal. Berikut ini beberapa tips dalam memilih pisau survival yang bagus:

1. Pilih Berdasarkan Ukuran yang Dibutuhkan

Ketika Anda akan membeli pisau survival, maka hal pertama yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan yaitu ukuran pisau. Ukuran pisau ini bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi, serta ukuran tubuh Anda.

Apabila ukuran pisau terlalu besar dan berat, maka Anda akan mengalami kesulitan saat membawa dan menyimpannya. Jika pisau terlalu besar, Anda akan kesulitan untuk melakukan tugas-tugas detail seperti memotong bahan masakan, menguliti hewan buruan, atau membuat perkakas ukuran kecil.

Namun, di sisi lain apabila ukuran pisau terlalu kecil, Anda juga akan kesulitan saat memotong kayu atau batoning (membelah kayu). Idealnya, ukuran pisau survival yaitu sekitar 13-30 cm.

Jika Anda ingin pergi berkemah di area perkemahan bukan di alam liar, pisau lipat bisa menjadi pilihan yang tepat karena mata pisaunya bisa dilipat sehingga lebih aman. Meskipun begitu, pisau lipat ini terbilang kurang tajam apabila dibandingkan pisau bilah.

Pisau lipat juga mudah berkarat sehingga wajib dibersihkan setelah digunakan agar tidak ada kotoran yang menempel. Selain itu, ada juga pisau tool knife yang serbaguna karena dilengkapi dengan berbagai alat lain seperti sendok, cutter, dan pembuka kaleng.

Dilihat dari segi ketahanan dan ketajamannya, pisau ini masih kalah daripada pisau lipat dan pisau bilah. Meski begitu, karena ukurannya yang compact dan multifungsi, pisau ini cocok digunakan untuk berbagai kegiatan outdoor seperti panjat tebing, hiking, mendaki gunung, atau keadaan darurat.

2. Pilih Bahan Pisau Sesuai Penggunaannya

Selain ukuran, dasar pertimbangan lainnya saat memilih pisau survival yaitu dari segi material atau bahan. Pisau survival terbuat dari berbagai macam bahan yang berbeda-beda tergantung penggunaannya. Berikut ini bahan pisau beserta karakteristiknya dilihat dari fungsi dan penggunaan:

1) Stainless Steel

Pisau survival yang terbuat dari stainless steel memiliki karakteristik yang tidak mudah berkarat, mudah diasah, dan multifungsi. Anda juga wajib berhati-hati karena pengasahan yang berlebihan bisa membuat pisau dari bahan stainless steel ini menjadi sangat tajam.

2) Baja Karbon

Pisau survival yang terbuat dari baja karbon memiliki keunggulan dari segi ketajaman dan kemudahan perawatannya. Pisau dari bahan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berkemah di alam liar karena kokoh dan mampu menebas dahan-dahan pohon dengan mudah.

3) Baja Molybdenum

Pisau dari bahan baja molybdenum memiliki bobot yang ringan, mudah diasah, dan tajam sehingga cocok untuk dibawa saat mendaki gunung atau berkemah di alam liar. Keunggulan lain dari bahan ini yaitu kuat, tidak mudah patah, dan tidak mudah berkarat.

4) Baja H1

Pisau survival bahan baja H1 memiliki ketahanan karat yang baik sehingga cocok digunakan untuk kegiatan outdoor seperti memancing dan menyelam di laut. Meski begitu, pisau dari baja H1 masih kurang tajam jika dibandingkan dengan pisau yang terbuat dari bahan karbon atau blue paper steel.  

3. Pilih Berdasarkan Bentuk Pisau

Selain ukuran dan materialnya, bentuk pisau survival juga bisa menjadi mempengaruhi tingkat ketajamannya. Pisau survival pada umumnya berbentuk V-shaped atau dikenal juga dengan sebutan pisau datar dengan daya tahan dan ketajaman di tingkat menengah.

Selain pisau datar, ada pula pisau berongga yang memiliki lubang dengan ujung pisau lebih tipis sehingga cukup sulit untuk diasah dan harus ekstra hati-hati saat digunakan untuk mengiris. Bentuk lainnya yaitu pisau berbentuk cembung seperti mata kapak yang tidak terlalu tajam.

Karena banyaknya pilihan bentuk, Anda lebih disarankan untuk memilih ujung pisau yang tajam, runcing, dan multifungsi. Pilihan lainnya yaitu pisau dengan tipe drop point blade, spear point, straight back, atau drop point.

4. Pilihlah Pisau yang Dapat Dikunci

Tips lain yaitu pilihlah pisau yang bisa dikunci dan memiliki sarung sendiri sehingga lebih aman saat dibawa kemana-mana. Tipe pengunci pada pisau survival atau pisau outdoor ini juga terdiri dari berbagai macam antara lain tipe lock-back dan liner lock.

Pisau dengan tipe pengunci lock-back yaitu pisau yang dilengkapi dengan tombol di bagian sisi belakang gagang yang berfungsi untuk melipat pisau. Sementara itu, untuk pisau dengan tipe liner lock, letak penguncinya berada di pangkal mata pisau.

Rekomendasi Pisau Survival Terbaik

1. Morakniv Eldris

Morakniv Eldris

Rekomendasi pisau outdoor yang pertama yaitu dari brand Morakniv. Pisau Morakniv Eldris adalah pilihan terbaik untuk Anda yang sedang membutuhkan pisau dengan ukuran mini alias kecil. Pisau ini memiliki ukuran kurang lebih 6 cm dengan ketebalan mata pisaunya sekitar 2 mm.

Meski ukurannya terbilang kecil, pisau survival yang satu ini cukup tajam dan sangat praktis untuk dibawa saat Anda melakukan aktivitas outdoor seperti mendaki gunung, camping, atau memancing di laut.

Pisau Morakniv Eldris juga tersedia dalam beberapa varian warna seperti biru, merah, dan hitam dengan warna mencolok sehingga mudah ditemukan saat hilang atau terselip. Untuk harganya sendiri, pisau dari Morakniv ini dipatok dengan harga kisaran Rp675.000,00.

2. Morakniv Companion

Morakniv Companion

Masih dari brand Morakniv, rekomendasi pisau survival terbaik lainnya yaitu Morakniv Companion. Pisau yang dibanderol dengan harga Rp350.000,00 ini sangat cocok untuk Anda yang masih pemula dalam melakukan aktivitas outdoor karena aman dan mudah dibawa kemana-mana.  

Pisau ini menggunakan bahan TPE (Thermoplastic elastomers) rubber yang ergonomis dan anti slip untuk pegangan atau gagangnya, sehingga lebih nyaman dan aman meski dipegang dengan kuat, serta meminimalisir terjadinya kecelakaan ketika menggunakannya.

Untuk bagian mata pisaunya, Morakniv Companion menggunakan bahan Swedish stainless steel dengan tingkat ketajaman dan daya tahan yang baik. Keunikan lainnya dari pisau survival ini yaitu menyediakan kantong pisau dengan pilihan warna variatif yaitu jingga, hijau, merah muda, dan hitam.

3. Eiger Multi Tools P333

Eiger Multi Tools P333

Pisau survival yang bagus dan recommended selanjutnya yaitu dari brand lokal Eiger. Pisau survival Eiger Multi Tools P333 merupakan tool knife yang terbuat dari bahan stainless steel dengan bentuk seperti kunci Inggris sehingga tampak unik jika dibandingkan dengan tool knife lainnya.

Pisau ini sangat multifungsi karena tidak hanya berguna untuk memotong saja, namun bisa juga digunakan untuk mengencangkan dan mengendurkan baut dan mur. Selain dilengkapi kunci Inggris, pisau ini juga dilengkapi peralatan outdoor lainnya seperti gunting kecil dan pembuka kaleng.

Bagi Anda yang sedang mencari produk pisau survival serbaguna, Eiger Multi Tools P333 adalah pilihan yang tepat. Untuk mendapatkan pisau survival yang satu ini, Anda harus menyiapkan kocek sekitar Rp299.000,00.

4. IKEA Vorda Vegetable Knife

IKEA Vorda Vegetable Knife

Pisau survival selanjutnya berasal dari brand IKEA yang terbuat dari material berupa baja molybdenum yang tahan terhadap karat. IKEA Vorda Vegetable Knife cocok dibawa saat camping atau piknik keluarga di alam terbuka.

Produk ini memiliki ketajaman dan daya tahan yang baik, sehingga akan tetap tajam meskipun tidak diasah dan tidak cepat berkarat. Pisau ini memiliki desain yang khas dengan lekukan pada bilah pisaunya yang fungsinya untuk mencegah makanan menempel pada bilah pisau ketika dipotong.

Karena tingkat ketajamannya yang baik, pisau survival ini bisa digunakan untuk memotong sayuran dengan cepat. Harga yang dibanderol untuk pisau IKEA ini sangat terjangkau yaitu kisaran Rp334.000,00.

5. Opinel No. 12 Explore

Opinel No. 12 Explore

Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan outdoor di alam terbuka dan cukup ekstrem, maka Opinel No.12 Explore adalah pilihan yang tepat. Pisau survival yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan dilengkapi peluit yang bisa menghasilkan suara 110 db dan fire starter untuk membuat api.

Mata pisau Opinel ini juga memiliki tingkat ketajaman yang sangat baik dan tidak mudah berkarat, karena terbuat dari material Sandvik stainless steel. Sementara itu, untuk bagian gagangnya terbuat dari bahan fiberglass yang anti slip dan tidak mudah rusak.

Dengan berbagai macam keunggulan yang ditawarkan, pisau survival kualitas terbaik dari Opinel ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp1.350.000,00.

6. Opinel No. 08 Outdoor

Opinel No. 08 Outdoor

Rekomendasi pisau survival terbaik selanjutnya masih berasal dari Opinel yaitu Opinel No. 08 Outdoor. Pisau survival yang satu ini memiliki mata pisau bergerigi parsial yang unik dan khas, sehingga memudahkan Anda dalam memotong daging atau buah.

Pada bagian atas mata pisaunya juga terdapat lubang yang bisa digunakan untuk membuka sekrup. Pisau ini juga dilengkapi dengan Viroblock Safety Rings yang fungsinya untuk mengunci mata pisau sehingga lebih aman ketika dibawa kemana-mana.

Harga yang dibanderol untuk pisau Opinel seri ini lebih murah dibandingkan Opinel No. 12 Explore yaitu kisaran Rp500.000,00 saja.

7. Gerber Paraframe Mini SS Knife

Gerber Paraframe Mini SS Knife

Pisau Gerber Paraframe Mini SS Knife merupakan pisau survival ukuran mini yang recommended. Pisau ini memiliki desain yang minimalis dengan bobot yang ringan dan dilengkapi frame lock, sehingga aman dan praktis untuk dibawa saat melakukan aktivitas outdoor.

Pisau yang dibanderol dengan harga kisaran $15.00 ini terbuat dari bahan high carbon stainless sehingga tahan karat. Pisau survival Gerber juga menggunakan desain fine edge blade pada bagian mata pisaunya sehingga hasil potongan menjadi lebih rapi.

8. Kershaw Cryo Tanto Blackwash 1555TBW

Kershaw Cryo Tanto Blackwash 1555TBW

Kershaw Cryo Tanto Blackwash pisau belati merupakan pisau survival yang memiliki ketahanan yang baik dan tidak mudah terkikis yang terbuat dari black-oxide black wash. Pisau ini memiliki desain yang kokoh dan kuat, serta terlihat estetik.

Untuk mata pisaunya sendiri terbuat dari material stainless steel yang awet digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Karena menggunakan teknologi Speedsafe, pisau Kershaw sangat mudah dibuka meski dengan satu jari saja.

Karena keunggulannya ini, pisau Kershaw menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkannya untuk melakukan aktivitas di alam terbuka seperti camping, hiking, dan kegiatan outdoor lainnya. Harga yang dipatok untuk pisau Kershaw yaitu sekitar Rp400.000,00 saja.

9. Spyderco Pacific Salt Yellow FRN C91PYL

Spyderco Pacific Salt Yellow FRN C91PYL

Spyderco merupakan pisau survival dengan bentuk yang bisa dilipat. Pisau ini menggunakan material berupa baja H1, sehingga dijamin anti karat.

Karena keunggulannya ini, pisau Spyderco cocok dibawa saat melakukan aktivitas outdoor seperti memancing untuk memotong ikan segar secara langsung.

Pisau ini tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga tidak dibersihkan juga tidak masalah dan tidak menurunkan kualitas ketajaman, serta daya tahannya. Pisau ini memiliki lubang pada bagian mata pisaunya sehingga lebih mudah dibuka-tutup meski tangan Anda dalam kondisi basah.

Pegangan pisau ini juga didesain anti slip sehingga tidak licin dan nyaman ketika digunakan. Sebanding dengan kualitasnya, pisau Spyderco Pacific ini dibanderol dengan harga yang relatif mahal yaitu sekitar $106.40.

10. Victorinox Swiss Army Super Tinker

Victorinox Swiss Army Super Tinker

Rekomendasi pisau untuk dibawa saat melakukan aktivitas outdoor yang selanjutnya yaitu Victorinox Swiss Army Super Tinker.

Pisau yang satu ini sangat multifungsi karena tidak hanya pisau saja, namun dilengkapi dengan peralatan lain untuk keperluan outdoor. Peralatan tersebut diantaranya dua bilah pisau, gunting, pembuka kaleng, dan obeng.

Pisau yang dibanderol dengan harga kisaran Rp599.000,00 ini sangat praktis dan nyaman ketika digunakan untuk memotong buah, sayur, atau bahan makanan lainnya saat berkemah atau aktivitas outdoor lainnya.

11. Knifezer Swiss Army Pocket Knife EDC 11 in 1

Knifezer Swiss Army Pocket Knife EDC 11 in 1

Rekomendasi pisau survival multifungsi lainnya yaitu berasal dari brand Swiss Army. Sesuai dengan namanya, pisau ini hadir dengan 11 tools yang sangat fungsional. Selain untuk memotong bahan makanan, pisau ini bisa digunakan untuk mencungkil, memutar sekrup, menggergaji, dan lain-lain.

Pisau survival yang terbuat dari material alumunium ini memiliki desain yang simpel dan kokoh dengan varian warna yang menarik. Harga yang dibanderol untuk pisau keluaran Swiss Army ini juga sangat terjangkau yaitu kisaran Rp125.000,00 saja. Sangat terjangkau, bukan?  

12. Grand Harvest Swiss Army

Grand Harvest Swiss Army

Rekomendasi pisau survival lainnya keluaran Swiss Army yaitu Grand Harvest. Pisau yang terbuat dari bahan besi dengan warna titanium black ini cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari ataupun aktivitas outdoor.

Tidak hanya pisau saja, produk ini juga dilengkapi dengan berbagai macam peralatan yang multifungsi untuk menggunting, membuka botol, menggergaji, mengungkit, dan lain sebagainya. Harga yang dibanderol untuk pisau lipat ini sangat murah yaitu hanya kisaran Rp50.000 saja.

13. Swiss Army Pocket Knife EDC MKA4-02

Swiss Army Pocket Knife EDC MKA4 02

Brand Swiss Army juga memiliki produk pisau survival tajam yang recommended yaitu Swiss Army Pocket Knife EDC MKA4-02.

Pisau yang dibanderol dengan harga sangat murah yaitu kisaran Rp60.000,00 ini sangat cocok untuk dibawa saat melakukan aktivitas outdoor seperti camping atau memancing.

Desain pisau survival ini sangat simpel dan dibuat menggunakan material stainless steel sehingga tahan lama dan anti karat. Dengan harga yang terjangkau, Anda sudah mendapatkan aneka tools antara lain pisau, grinder, pembuka kaleng, dan gunting.

Daftar Harga Merk Pisau Survival Terbaik

[table id=57 /]

Beberapa pilihan merk pisau survival terbaik yang recommended seperti yang sudah dijelaskan di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi sebelum membeli. Pastikan juga untuk memilih pisau yang sesuai dengan kebutuhan, kegunaan, dan budget yang Anda miliki.

Baca juga: 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner
sticky banner
sticky banner
Pinhome App

Coba Aplikasi Pinhome

Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

iOS PCA DownloadAndroid PCA Download