13 Jenis Burung Punai Di Indonesia - Pinhome

Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

13 Jenis Burung Punai Di Indonesia

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 22 December 2020 ∙ 5 menit membaca

Jenis Burung Punai Di Indonesia – Burung punai merupakan salah satu jenis burung berukuran sedang dari keluarga Columbidae dan Genus Treron. Burung yang masih memiliki kekerabatan dengan burung merpati ini tergolong jenis burung arboreal yang beraktivitas di atas pohon, memamakan buah-buahan.

Burung yang dikenal dengan sebutan green pigeon dalam bahasa inggrisnya pesebarannya cukup luas mulai dari Asia sampai afrika. Penyebaran burung punai hanya dapat ditemukan di Benua Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kamboja, Cina, Hongkong, Myanmar, Nepal, Filipina, Singapura, India, Laos, dan Vietnam.

Baca Juga: 

Mengenal Burung Punai dan Karakteristiknya

Burung jenis ini umumnya berhabitat di hutan pantai, hutan magrove, hutan sekunder, hutan rawa-rawa, perkebunan yang berpohon jarang, di sekitar pemukiman, tempat-tempat terbuka dan lembah sampai ketinggian 1200 mdpl.

Di Indonesia jenis burung punai lebih kurang beranggotakan 13 jenis. Berhabitat asli di hutan dan sangat menyukai pohon-pohon yang lebat. Burung punai ini mempunyai karakter sangat liar dan penakut sehingga sangat sulit untuk di amati apalagi ditangkap. Burung punai mempunyai panjang badan antara 20 – 35 cm dan sangat menyukai hidup berkelompok, yang mana dalam satu kelompok berjumlah sekitar 7 – 8 ekor burung.

13 Jenis Burung Punai Di Indonesia

Dibawah ini merupakan jenis burung punai yang ada di Indonesia lengkap dengan gambarnya yang dapat anda ketahui dari jenis burung punai tersebut

1. Punai bakau, Cinnamon-headed Green-pigeon (Treron fulvicollis)

jenis burung punai di Indonesia

Jenis burung punai bakau jantan memiliki kepala dan dada berwarna coklat dan bahu dan punggung berwarna merah padam. Sedangkan si betina mirip dengan punai lenguak betina namun dengan warna yang lebih buram.

2. Punai besar, Large Green-pigeon (Treron capellei)

Jenis burung punai berukuran besar dengan kaki kuning. Jantan memiliki dada berwarna oranye dan tungging coklat, sedangkan si betina mirip jantan dengan warna yang lebih buram.

Baca juga : Jenis Merpati Balap di Indonesia

3. Punai flores, Flores green pigeon (Treron floris)

jenis burung punai di Indonesia

Jenis burung punai flores jantan memiliki wajah abu-abu pucat dengan bagian jidat berwarna keputihan, serta bagian iris dan kaki berwarna merah. Sementara betinanya memiliki penampilan yang serupa dengan jantan, hanya saja bagian punggungnya berwarna hijau polos

4. Punai gading, Pink-necked Green-pigeon (Treron vernans)

Jenis burung punai gading jantan memiliki kepala berwarna abu-abu, leher merah jambu, dan dada oranye. Sedangkan betina berwarna hijau dengan tubuh bawah berwarna lebih muda. Baik jantan maupun betina memiliki ekor berwarna abu-abu dengan tungging coklat.

5. Punai gagak, Wedge-tailed Green-pigeon (Treron sphenurus)

Jenis burung punai gagak jantan berwarna hijau dengan bahu merah padam, selain itu si jantan memiliki dada dan topi berwarna emas. Sedangkan punai gagak betina berwarna hijau seluruhnya dengan kepala dan tubuh bawah hijau muda.

Baca Juga: 

6. Punai kecil, Little green pigeon (Treron olax)

jenis burung punai di Indonesia

Sesuai dengan namanya, burung punai ini memilki tubuh yang relatif kecil. Jantan memiliki kepala abu-abu, dada oranye, dan bahu serta punggung merah padam. Sedangkan si betina berwarna hijau dengan mahkota abu-abu serta dada dan perut hijau muda. Baik jantan maupun betina memiliki ekor berwarna gelap.

7. Punai lengguak, Thick-billed Green-pigeon (Treron curvirostra)

Jenis burung punai lenguak memiliki paruh tebal. Jantan memiliki bahu berwarna merah padam dengan ciri khas mahkota abu-abu dan pangkal paruh merah. Sedangkan punai lenguak betina bertubuh hijau namun dengan mahkota abu-abu. Baik jantan maupun betina memiliki ekor dengan bulu tengah hijau sedangkan bulu luar abu-abu.

8. Punai penganten, Grey-cheeked green pigeon (Treron griseicauda)

jenis burung punai di Indonesia

Jenis burung punai penganten jantan memiliki bahu berwarna merah padam, dengan kepala abu-abu. Sedangkan betina mirip jantan hanya dengan muka yang berwarna hijau. Baik punai penganten jantan maupun betina memiliki ekor dengan bulu tengah hijau dan lubu luar abu-abu.

Baca Juga: Mengenal Burung Anis Seam

 9. Punai salung, Sumatran Green-pigeon (Treron oxyurus)

Burung punai salung memiliki tubuh yang hampir hijau seluruhnya namun memiliki ciri khas berupa ekor yang panjang dan meruncing. Punai salung jantan mmiliki tengkuk/ bagian belakang leher yang berwarna biru buram.

10. Punai siam, Orange-breasted Green-pigeon (Treron bicinctus)

jenis burung punai di Indonesia

Jenis burung punai siam jantan memiliki kepala berwarna hijau dengan leher merah muda, dada oranye, dan tengkuk abu-abu. Sedangkan si betina kepala dan leher hijau dengan tengkuk abu-abu. Baik jantan maupun betina memiliki ekor berwarna khitaman.

Baca juga : Cara Memilih Merpati Balap Yang Bagus Prospek Juara

11. Punai sumba, Sumba Green-pigeon (Treron teysmannii)

Jenis burung punai sumba pada bagian dahi dan muka berwanra hijau kekuningan. Punai Sumba jantan memiliki punggung bagian bawah yang berwarna merah-manggis, sedangkan yang betina punggungnya berwarna hijau, serta bagian sayap berwarna lebih pucat.

12. Punai timor, Timor green pigeon (Treron psittaceus)

Jenis burung punai timor memiliki warna hijau, termasuk mahkota, tenggorokan dan tunggir hijau kuning lebih terang. Jantan: tepi penutup sayap kuning terang. Betina: tepi penutup sayap putih kekuningan.

13. Punai Pandora, Buru green pigeon (Treron aromaticus)

Burung punai ini memiliki warna mahkota abu-abu, palang sayap kuning lebar, penutup ekor bagian bawah putih. Jantan: Punggung merah-manggis. Betina: Lebih hijau daripada jantan dan punggunnya berbulu hijau.

Kesimpulan

Dari 13 jenis burung punai yang ada di Indonesia terdapat burung punah yang terancam punah akibat perburuan liar, sehingga jenis burung ini tergolong jenis burung yang dilindungi. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang 13 jenis burung punai di Indonesia.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel