BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Rekomendasi Genset Untuk Rumah Terbaik dan Awet Beserta Tips Memilihnya
0
0

12 Rekomendasi Genset Untuk Rumah Terbaik dan Awet Beserta Tips Memilihnya

Dipublikasikan oleh   dan Diperbarui oleh Annisa Hapsari

Apr 10, 2023

11 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Di era teknologi yang serba canggih seperti saat ini, memiliki genset untuk rumah merupakan keharusan. Seperti yang diketahui bahwa listrik merupakan sumber daya penting yang dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Dengan adanya genset, Anda tidak perlu lagi khawatir jika listrik mati sewaktu-waktu. Hal tersebut tentu akan mendukung kegiatan Anda bisa tetap berjalan dengan baik meskipun listrik sedang padam. Namun sebelum membeli genset, Anda perlu memperhatikan beberapa hal agar bisa memilihnya dengan tepat.

Tips Memilih Genset Untuk Rumah Yang Bagus

PLN merupakan perusahaan pemasok listrik terbesar di Indonesia yang menyediakan sumber energi listrik untuk memenuhi kebutuhan rumahan. Tapi, tidak bisa terbantahkan jika aliran listrik PLN seringkali tidak stabil.

Untuk mengganti sumber listrik tersebut Anda perlu menyediakan genset untuk rumah yang selama 24 jam bisa menggantikan peranan PLN sebagai sumber listrik.

Genset memiliki aliran listrik yang cenderung stabil sehingga aman digunakan. Namun sebelum membelinya Anda perlu memperhatikan cara memilih genset untuk rumah tangga yang tepat sebagai berikut.

1. Pilihlah daya listrik genset yang sesuai

Pilihlah daya listrik genset yang sesuai

Sebelum beli genset untuk rumah hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah daya listrik yang dibutuhkan.

Akan lebih bagus lagi jika daya genset yang digunakan bisa mencapai 20-30% dari hitungan total daya listrik rumahmu. Jika sudah ada kelebihan daya, Anda tidak perlu lagi khawatir jika tiba-tiba listrik di rumah padam.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan listrik

Sesuaikan dengan kebutuhan listrik

Saat membeli genset, Anda tidak bisa asal pilih saja. Pemilihan yang cermat perlu dilakukan agar genset yang dibeli bisa cocok dengan kebutuhan listrik rumah. Sebelum itu perhatikan kapasitas listrik yang dibutuhkan.

Cara termudah adalah menghitung daya yang dibutuhkan ketika mati listrik. Misalnya ada berapa lampu yang ingin dinyalakan dan apa saja alat elektronik yang mungkin dibutuhkan saat mati lampu.

Dengan menyesuaikan daya dengan kebutuhan, Anda bisa tetap menggunakan barang elektronik saat lampu padam.

3. Jenis mesin yang digunakan

Jenis mesin yang digunakan

Sebelum membeli genset, pastikan Anda telah menanyakan detail spesifikasi produk. Pastikan Anda mengetahui dengan jelas apa jenis mesin yang digunakan pada genset.

Itu merupakan aspek terpenting untuk menentukan kinerja serta kualitas genset yang akan digunakan. Pastikan mesin dapat bekerja secara optimal namun tidak menghasilkan panas saat bekerja.

Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan pada mesin genset dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama.

Tanyakan juga suku cadang yang digunakan pada genset, agar Anda bisa memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi. Akan lebih baik jika Anda membeli genset di toko yang memberikan garansi untuk waktu yang lama.

4. Harga genset

Harga genset

Pilihlah harga genset yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Semakin besar kapasitas sebuah genset tentu akan semakin mahal biaya yang harus dikeluarkan.

Dengan mempertimbangkan berbagai aspek, Anda bisa memilih jenis genset yang sesuai dan memilih merk dengan harga yang sesuai. Lakukan survei terlebih dahulu sebelum membelinya, agar Anda bisa melakukan perbandingan pada beberapa produk genset yang akan dipilih.

Dengan begitu Anda bisa mendapatkan genset yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki harga yang terjangkau.

5. Perhatikan bahan bakar yang digunakan dan waktu pemakaiannya

Perhatikan bahan bakar yang digunakan dan waktu pemakaiannya

Untuk dapat bekerja secara maksimal, genset perlu bahan bakar sebagai sumber energi. Hal tersebut sangat penting untuk dipertimbangkan karena perbedaan bahan bakar bisa membedakan kualitas dari genset.

Jangan lupa untuk menyimpan cadangan bahan bakar genset agar tidak repot ketika bahan bakar genset habis. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah mengisi kembali genset ketika kehabisan bahan bakar.

6. Perhatikan ukuran genset

Perhatikan ukuran genset

Aspek lain yang tak kalah pentingnya untuk dipertimbangkan saat membeli genset adalah memperhatikan ukuran dan beratnya. Genset yang memiliki massa ringan namun daya besar biasanya dibandrol dengan harga yang lebih mahal karena lebih fleksibel untuk digunakan.

Namun jika membeli genset yang lebih besar dan berat pastinya kapasita yang dimiliki juga akan setara. Jika Anda membeli genset dengan ukuran besar, pilihlah genset yang dilengkapi dengan roda agar Anda bisa lebih mudah untuk memindahkannya.

Selain itu perhatikan juga ukuran kVA yang terdapat pada genset. Angka tersebut memang tidak langsung menunjukkan nilai watt yang sebenarnya. Untuk itu Anda perlu mengkonversinya terlebih dahulu ke dalam watt. Acuannya adalah 1 kVA sama dengan 0,8 kW atau 800 watt.

Rekomendasi Genset Untuk Rumah Yang Terbaik Dan Berkualitas

Banyaknya merk dan jenis genset tentu akan membuat Anda kebingungan memilihnya. Semakin besar kapasitas genset tentu akan memiliki harga yang lebih mahal. Namun kembali lagi, bahwa memilih genset untuk rumah sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Carilah genset yang fleksibel dan mudah dioperasikan sehingga Anda tidak bingung ketika membutuhkannya. Berikut beberapa rekomendasi genset terbaik yang ada di pasaran.

1. Honda EU10i Genset (Rp11.476.000)

Honda EU10i Genset

Merk Honda banyak dikenal sebagai produsen otomotif terbesar yang ada di dunia. Bahkan produk Honda dipasarkan ke berbagai belahan negara di seluruh dunia.

Genset untuk rumah terbaik yang satu ini menggunakan bahan bakar bensin yang dilengkapi dengan teknologi inverter. Teknologi ini berfungsi untuk memberikan output yang lebih stabil sehingga aman digunakan untuk berbagai alat elektronik yang ada di rumah Anda.

Genset ini memiliki suara yang senyap sehingga tidak berisik. Rata-rata output yang bisa dihasilkan genset ini mencapai 900 watt. Honda EU10i ini dilengkapi dengan sistem pengapian fully transitioned dan sistem penyalaan recoil.

Kapasitas oli genset ini sekitar 250 ml dan kapasitas bahan bakarnya mencapai 2,1 liter. Genset ini dijual dengan harga sekitar Rp11.476.000 – 14 jutaan.

2. LONCIN Genset LC7800DDC-L 5000 Watt (Rp17.612.000)

LONCIN Genset LC7800DDC L

Selain menggunakan bahan bakar minyak, genset ini juga bisa dioperasikan dengan bahan bakar BBM atau LPG. Produk genset buatan Tiongkok ini memiliki output yang cukup besar yaitu 5000 watt.

Dibandrol dengan harga Rp17.612.000, genset ini dilengkapi dengan sistem pengatur tegangan otomatis. Selain itu produk ini juga aman untuk digunakan sebagai salah satu sumber daya rumah tangga hingga industri.

3. Sogo Nagoya GL 1200 Generator Genset (Rp1.300.000)

Sogo Nagoya GL1200

Sogo Nagoya mampu menghasilkan daya yang besar hingga mencapai 800 watt. Sogo Nagoya GL 1200 bisa menjadi pilihan terbaik dan tepat untuk memberikan Anda suplai listrik yang lebih stabil untuk rumah.

Didesain dengan mesin 2 tak dengan kapasitas 64 cc, membuat genset ini sangat tangguh dan bisa diandalkan saat mati listrik.

Genset ini menggunakan mode starter manual dengan teknologi fly wheel menggunakan kipas sehingga produk tidak akan panas meski digunakan untuk waktu yang lama.

Selain dayanya yang besar, genset ini juga memiliki kapasitas tangki hingga 4,5 liter yang mengkonsumsi rata-rata harian sekitar 0,6 liter saja.

Suara genset ini bisa dikatakan cukup sedang, tidak terlalu berisik sehingga masih nyaman digunakan. Genset ini dibandrol dengan harga sekitar Rp1.300.000 .

4. Daimaru DM 1200 (Rp1.027.600)

Daimaru DM 1200

Ini merupakan genset mini yang fleksibel dan praktis. Genset ini hadir dengan harga terjangkau yang mampu menghasilkan daya maksimal hingga 800 watt dengan rekomendasi output sekitar 600 watt.

Keunggulan utama dari genset ini adalah sangat irit bahan bakar dan tidak bising. Selain itu karena memiliki ukuran yang mini, genset ini tidak memakan banyak tempat dan lebih mudah dipindahkan sesuai dengan kebutuhan.

Tangki bensin yang cukup besar membuat genset ini mampu beroperasi untuk waktu yang lebih lama. Maksimal lamanya pemakaian genset ini adalah sekitar 7 jam. Genset ini menggunakan sistem penyalaan manual dan dibandrol dengan harga Rp800.600 ribuan hingga Rp1.027.600 jutaan.

5. Yamaha EF 5500 FW Genset (Rp14.506.000)

Yamaha EF 5500 FW

Genset canggih produksi Yamaha mempunyai teknologi Future Wave yang berfungsi yang berguna meminimalkan distorsi gelombang listrik menjadi lebih stabil.

Genset ini umumnya digunakan untuk berbagai kebutuhan pribadi seperti di rumah, pertokoan sampai perkantoran. Urusan kualitas dan keamanan, sudah pasti Yamaha EF 5500 FW Genset ini terjamin.

Genset ini telah lolos uji coba ISO dan dibekali dengan mesin 4 tak. Produsen memberikan jaminan garansi 1 tahun untuk membuat para pengguna merasa lebih nyaman.

Suku cadang genset ini sangat mudah ditemukan. Untuk produk barunya, genset ini dibandrol dengan harga Rp11.000.000 – Rp14.506.000 .

6. Hyundai HDG 3800x Genset (Rp6.750.000)

Hyundai HDG 3800x

Genset untuk rumah yang bagus ini merupakan produk buatan Hyundai. Kebanyakan orang mungkin lebih mengenal produk Hyundai dalam bidang otomotif seperti mobil. Namun ternyata produsen tersebut juga memproduksi genset juga.

Kelebihan yang dimiliki oleh genset ini adalah modelnya yang praktis, irit bahan bakar, ringan dan tidak bersuara berisik. Hal inilah yang membuat genset ini sangat diandalkan dan banyak disukai. Daya maksimum genset ini adalah 3000 watt dengan daya maksimum hampir 2700 watt.

Kapasitas mesinnya mencapai 212 cc dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 15 liter. Fitur lainnya yang dimiliki genset ini adalah double starter dengan electric starter dan recoil.

Tidak hanya cocok digunakan untuk rumah saja, namun genset ini juga bisa digunakan untuk toko, kantor dan lain sebagainya. Genset ini dibandrol dengan harga sekitar 5-6 jutaan.

7. Aldo Gasoline Generator ET-1500 (Rp2.200.000)

Aldo Gasoline Generator ET 1500

Untuk Anda yang memiliki banyak elektronik di rumah atau kantor, tentu akan butuh genset untuk menyuplai listrik tetap berjalan dengan lancar meskipun ketika listrik mati.

Genset yang satu ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik bagi Anda yang membutuhkan daya listrik yang besar. Genset ini bisa memberikan daya listrik sekitar 750 watt. Ini merupakan genset yang memiliki harga terjangkau dengan kualitas yang patut dipertimbangkan.

Genset inj memiliki tangki bensin sebesar 5 liter. Sistem penyalaan mesinnya menggunakan recoil. Genset ini dijual di pasaran dengan harga sekitar 2-3 jutaan.

8. Genset Firman FPG1500L (Rp2.675.000)

Genset Firman FPG1500L

Jika Anda mencari genset dengan harga yang terjangkau, produk ini bisa menjadi salah satu yang paling diandalkan. Genset ini memiliki harga yang bisa dikatakan cukup murah dengan jenis yang bervariasi, tergantung dari daya yang mampu dihasilkan.

Dengan begitu Anda bisa lebih mudah untuk membelinya sesuai dengan kebutuhan. Kapasitas mesin genset ini berkisar di 100 cc dengan daya maksimal yang dikeluarkan mencapai 220 V.

Genset ini menggunakan sistem penyalaan manual yang dilengkapi secara khusus dengan sistem peringatan oli.

Tingkat kebisingan yang dihasilkan genset ini dapat tergolong cukup rendah dan nyaman untuk digunakan.

Dengan kisaran harga 2-4 jutaan, Anda sudah bisa mendapatkan genset berkualitas yang terjamin mutunya.

9. Krisbow Genset 2800 Watt (Rp4.580.000)

Krisbow Genset 2800 Watt

Krisbow memang sudah terkenal sebagai salah satu merk yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan rumah tangga berkualitas tinggi, tidak terkecuali genset.

Genset Krisbow hadir dengan mesin single cylinder 4 tak yang telah dilengkapi dengan pendingin yang dapat mencegah genset tidak terlalu panas/overheat saat digunakan. Kapasitas mesin genset ini adalah 208 cc menggunakan tipe oli.

Daya output maksimal yang mampu dihasilkan adalah sebesar 2800 watt. Genset ini memiliki voltase sebesar 220 V dengan kecepatan mesin sampai 3000 rpm. Kapasitas tangki bahan bakarnya sebesar 15 liter. Genset ini umumnya dijual dengan kisaran harga Rp4.580.000.

10. Genset YAMA tipe 12000 1 Phase Limited (Rp25.500.000)

Genset YAMA tipe 12000 1 Phase Limited

Genset yang dibandrol dengan harga 25 jutaan ini memang diketahui memiliki kekuatan yang handal. Daya yang dihasilkannya super besar, yaitu mencapai 10.000 watt.

Genset ini bukan hanya bisa digunakan sebagai cadangan kebutuhan listrik saja, namun juga bisa dijadikan sebagai sumber pasokan listrik utama untuk ruko, rumah, kantor dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan genset ini, Anda tidak perlu lagi khawatir jika tiba-tiba lampu harus padam. Berapapun jumlah kebutuhan listrik Anda bisa terpenuhi oleh genset yang satu ini.

11. Multipro Genset Listrik 2 TAK (Rp1.399.900)

Multipro Genset Listrik 2 TAK

Genset yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang membutuhkan sumber daya listrik yang portabel, praktis dan mudah digunakan. Genset ini sangat tangguh dan hemat bahan bakar sehingga dapat diandalkan ketika kondisi listrik padam.

Cara kerjanya dalam menghasilkan listrik, genset Multipro akan membutuhkan bensin yang dicampur dengan oli samping. Untuk menyalakan genset selama 3 jam, membutuhkan bahan bakar kurang lebih sekitar 3 liter.

Sistem penyalaan genset ini menggunakan recoil yang lebih ringan jika dibandingkan dengan genset 2 tak yang lainnya.

Genset ini umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga, acara hajatan, pertokoan dan lain sebagainya. Fitur lain yang dihadirkan genset ini adalah colokan baterai dengan tegangan sekitar 12 V. Harga jual genset ini di pasaran sekitar 1-2 jutaan.

12. Hargen Portable Genset 2500 Watt (Rp3.800.000)

Hargen Portable Genset 2500 Watt

Genset untuk rumah tangga yang satu ini mengusung konsep portabel yang cukup praktis untuk digunakan. Keunggulan utama dari produk ini adalah kedap suara sehingga tidak berisik dan mengganggu orang sekitar saat sedang beroperasi.

Cara mengoperasikan genset ini bisa dikatakan cukup praktis sehingga cocok dipakai untuk berbagai kebutuhan rumah, kantor, home industri, rumah sakit hingga pabrik. Hargen Portable Genset memiliki desain terbuka yang mampu membuat daya listrik yang besar.

Kapasitas listrik yang dihasilkan bisa mencapai 2800 watt. Tipe starternya adalah electric dan recoil dengan kapasitas tangki untuk bahan bakar sebesar 15 liter. Genset ini dibandrol dengan harga kisaran 900 ribu hingga Rp3.800.000 .

Daftar Harga Genset Untuk Rumah Terbaik

Jenis

Harga

Toko

Honda EU10i Genset

Rp11.476.000

Tokopedia

LONCIN Genset LC7800DDC-L

Rp17.612.000

Bukalapak

Sogo Nagoya GL 1200

Rp1.300.000

Shopee

Daimaru DM 1200

Rp1.027.600

Shopee

Yamaha EF 5500 FW

Rp14.506.000

Tokopedia

Hyundai HDG 3800x

Rp6.750.000

Tokopedia

Aldo Gasoline Generator ET-1500

Rp2.200.000

Tokopedia

Genset Firman FPG1500L

Rp2.675.000

Tokopedia

Krisbow Genset 2800 Watt

Rp4.580.000

Tokopedia

YAMA tipe 12000 1 Phase Limited

Rp25.500.000

Tokopedia

Multipro Genset Listrik 2 TAK

Rp1.399.900

Tokopedia

Hargen Portable Genset 2500 Watt

Rp3.800.000

Tokopedia

Dengan adanya genset untuk rumah, Anda bisa tetap nyaman dan tenang menjalani aktivitas harian tanpa khawatir meskipun listrik mengalami pemadaman secara tiba-tiba. Anda bisa memilih genset yang sesuai dengan budget dan kebutuhan masing-masing agar lebih sesuai.

Baca juga:

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download