11 Pengertian Metode Inkuiri Menurut Para Ahli

Dipublikasikan oleh Ani Ramdhani ∙ 10 February 2022 ∙ 3 menit membaca

Pengertian Metode Inkuiri Menurut Para Ahli

Diakui atupun tidak. Sejatinya banyak sekali jenis metode pendidikan yang dikenal dalam metode pembelajaran. Salah satunya adalah metode penemuan atau inquiry. Metode inkuiri ini sendiri merupakan segmen penting yang melakukan pembelajaran dengan pendekatan konstruktifistik sebagai bentuk inovasi ataupun pembaruan yang diterapkan dalam dunia pendidikan.

Metode Inkuiri

Metode inkuiri atau yang lebih dikenal dengan penemuan sejatinya selalu mendorong peserta didik untuk belajar dan juga terlibat aktif terhadap adanya konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang dikemukakan seorang guru di dalam kelas.

Dimana penerapan dalam metode ini utamanya memiliki ciri khas pengalaman dalam melakukan percobaan yang sehingga peserta didik menemukan sendiri tentang prinsip pengetahuan yang diunakan untuk diri mereka sendiri.

Pengertian Metode Inkuiri Menurut Para Ahli

Adapun definisi metode inkuiri menurut para ahli, antara lain;

  1. Poerwadarminto (1976)

Memberikan pengertian bahwa metode inkuiri ialah suatu cara untuk tenaga pendidik (guru) dalam menyampaikan pengetahuan sehingga dapat mendorong tercapai tujuan pembelajaran. Adapun cara menyempaikan pengetahuan dengan melaksanakan, menyelidiki, taktik, dan juga siasat.

  1. Soedanyo (1990)

Memberikan pengertian bahawa metode Inkuiri adalah model pembelajaran dengan menanyakan, meminta keterangan, ataupun dengan menyelidiki dan penyelidikan.

  1. Gulo (2002)

Memberikan pengertian bahwa metode inkuiri (Inquiri) adalah model pembelajaran yang mengedepankan pertanyaan, pemeriksaan, dan juga penyelidikan.

  1. Suchman (1996)

Memberikan pengertian bahwa metode inkuiri adalah pola pembelajaran yang dilakukan oleh tenaga pendidik untuk membantu murid dalam belajar, melalui suatu rumuskan atau menguji pendapatnya sendiri sehingga hal tersebut akan membentuk kesadaran akan kemampuan yang peserta didik miliki.

  1. Jones (1997)

Memberikan pengertian bahwa metode metode inkuiri adalah strategi atau pola mengajar yang mendorong peserta didik untuk dapat menemukan jawabannya sendiri

  1. Widja (1985)

Menurunya metode inkuiri adalah metode pembejaran yang menekankan pengalaman dalam belajar sehingga peseta didik akan terdorong untuk menemukan konsep-konsep dan prinsip

  1. Sumantri (1998)

Memberikan pengertian bahwa metode inkuiri adalah suatu dcara penyajianalam  pelajaran melalui upaya dalam memberikan kesempatan peserta didik untuk menemukan informasi dengan atau bahkan tanpa adanya bantuan guru.

  1. Nasution (1992)

Menurutnya metode inkuiri adalah suatu proses belajar yang memberikan kesempatan pada murid untuk dapat menguji dan menafsirkan atas permasalahan secara sistematik beserta dengan  konklusi yang bisa dibuktikan

  1. Sri Anitah (2001)

Memberikan pengertian bahwa metode inkuiri adalah bentuk perluasan metode discovery yang berarti proses mental dalam mendorong peserta didik untuk menjawab problema, merancang eksperimen, mengumpulkan data , melaksanakan eksperimen, memebuat kesimpulan serta  mampu untuk menganalisisinya.

  1. Sund (dalam Trianto; 2009)

Memberika pengertian bahwa metode inkuiri adalah perluasan proses discovery, yang digunakan lebih mendalam, atau secara umum yang dapat dilakukan manusia untuk mencari dan memahami informasi yang di dapatkan.

[su_box title=”Kesimpulan” title_color=”#ffffff”]

Berdasarkan penjelasan yang telah disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri adalah metode atau cara yang digunakan dalam proses pembelajaran antara guru dan murid yang mendorong agar murid mempunyai kemampuan untuk bertanya, menyelidiki, dan memeriksa sesuatu materi pembelajaran.

Sehingga hal ini akhirnya siswa siswa dapat merumusakan sendiri jawaban sesuai dengan tingkat pengetahuan yang dimilikinya.

[/su_box]

Demikianlah ulasan atas pengertian metode inkuiri menurut para ahli semoga dapat membantu para pembaca dalam mencari dan membuka wawasan terhadap metode pembelajaran.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia