10 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

Diperbarui oleh Mahardhika Gilang ∙ August 18, 2022 ∙ 4 menit membaca

Sering menemukan selada air dalam lalapan makanan? Selada air merupakan jenis sayuran berwarna hijau gelap dengan bentuk daun bulat kecil. Selada air cukup mudah ditemui dan sering dijadikan sebagai hiasan dalam makanan. Namun, selada air juga bisa diolah menjadi salad, sup, atau tumis sayuran. Tak hanya lezat, ada banyak manfaat selada air untuk kesehatan, lho.

manfaat-selada-air
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selada air mengandung vitamin C yang memberikan manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas dalam tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih sehingga tubuh bisa melawan infeksi dan mengurangi peradangan. Asupan vitamin C dalam selada air pun bermanfaat dalam mengurangi risiko kerusakan sel darah dan masuk angin.

Kandungan vitamin C dalam selada air juga dapat mempercantik kulit. Selada air adalah sayuran yang kaya akan zat antioksidan. Kandungan mineral dengan vitamin C di dalamnya dapat menghilangkan racun dan mempercantik kulit kamu.

  • Melindungi Kesehatan Mata

Manfaat selada air selanjutnya yaitu melindungi kesehatan mata. Kandungan antioksidan dalam selada air, yakni lutein dan zeaxanthin penting untuk kesehatan mata. Selain itu, kedua antioksidan tersebut juga dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar biru dari layar gadget. Kandungan tersebut pun bisa menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula yang terkait dengan usia.

  • Mencegah Kanker

Selada air mengandung fitokimia yang mampu mengurangi risiko terkena jenis kanker tertentu. Bukan hanya itu, kandungan isothiocyanate yang ada dalam selada air juga terbukti mencegah kanker usus besar, prostat, kulit, hingga paru-paru. Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa isothiocyanate serta sulforaphane dalam selada air pun dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Selada air memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas tersebut dapat menyebabkan stres oksidatif yang dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker. Nah, kandungan antioksidan dalam selada air dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit tersebut.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Selada air mengandung antioksidan seperti beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. Tidak hanya itu saja, selada air juga dapat membantu menurunkan kolesterol yang bisa meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, selada air pun mengandung diet nitrat yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan aliran pembuluh darah dalam tubuh.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat selada air selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan tulang. Tahukah kamu bahwa dalam selada air terdapat berbagai mineral yang baik untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium. Selain itu, selada air juga mengandung vitamin K cukup tinggi yang dapat membantu tubuh untuk membentuk jaringan tulang yang kuat dan sehat.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa orang dengan asupan vitamin K yang tinggi memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami patah tulang pinggul. Tak hanya itu, kandungan asam folat, magnesium, dan vitamin K dalam selada air juga berfungsi sebagai nutrisi dalam menjaga kepadatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis dan membantu pembentukan sel-sel tulang.

  • Mengurangi Diabetes

Mengkonsumsi selada air secara teratur juga dapat membantu mengurangi diabetes. Hal ini dikarenakan selada air mengandung asam alfa-lipoat antioksidan. Senyawa tersebut dapat mengurangi kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, mencegah perubahan akibat stres oksidatif pada penderita diabetes, serta dapat mengurangi kerusakan saraf pada penderita diabetes.

  • Mencegah Penuaan Pada Kulit

Selain menggunakan skincare anti-aging, ternyata kamu juga bisa mencegah proses penuaan pada kulit dengan rutin mengkonsumsi selada air. Senyawa Isothiocyanate (ITC) dan vitamin C yang ada di dalam selada air dapat membantu mencegah kerusakan kolagen dan elastin pada kulit. Kandungan ini juga membantu kulit lebih banyak memproduksi kolagen, sehingga kulit bisa tampak lebih muda, lebih sehat, dan lebih elastis.

  • Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat selada air lainnya yang bisa kamu rasakan yaitu untuk membantu menurunkan tekanan darah. Selada air mengandung nitrat yang membantu menciptakan elastisitas di dalam pembuluh darah yang berguna untuk menurunkan tekanan darah.

  • Mempercepat Proses Pemulihan Pasca Olahraga

Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 ditemukan bahwa olahraga meningkatkan potensi kerusakan DNA, serta meningkatkan peroksidasi lipid. Mengkonsumsi selada air sebelum olahraga dapat membantu mengurangi kedua masalah tersebut. Sayuran hijau ini berkontribusi dalam mengurangi kerusakan DNA yang disebabkan oleh olahraga.

Nah, itulah 10 manfaat selada air untuk kesehatan. Kini, mungkin kamu perlu memasukkan selada air dalam menu masakan sehari-hari. Selada air memang kurang populer di Indonesia. Namun, jenis sayuran yang satu ini cukup banyak ditemui pada masakan Eropa dan Asia Timur.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Kenali Pengertian dan Fungsi Sinyal Trading Bagi Pemula

Saat melakukan trading, kamu harus tahu bagaimana kondisi sinyal trading yang sedang berlangsung sa

Finansial
Finansial Mengenal Bid Price dan Ask Price dalam Trading

Investasi saham yang berkontribusi pada pasar sekunder kini tidak lagi menjadi penghubung antara in

Finansial
Finansial Apa itu Cryptopunk? Cara Beli dan Daftar Harga Termahalnya

Non-fungible Token atau NFT  merupakan salah satu aset kripto yang sampai pada puncak kejayaan pad

Lifestyle
Lifestyle 35 Ucapan Hari Kartini Inspiratif Penuh Makna

Habis gelap terbitlah terang, ungkapan yang dicetuskan oleh Ibu Kartini. Seorang pahlawan bagi pere

Finansial
Finansial Apa itu Price Action dalam Trading? Ini Penjelasannya!

Mengingat trading termasuk instrumen yang memiliki high risk, maka diperlukan strategi dan analisa

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia