Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 10 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah

Lifestyle

10 Inspirasi Model Pintu Minimalis yang Elegan untuk Rumah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 18 March 2021 ∙ 6 menit membaca

Pintu menjadi bagian penting dari sebuah rumah. Pintu menjadi akses utama untuk masuk dan keluar rumah. Selain itu pintu juga menjadi pelindung utama rumah, namun yang tak kalah penting pintu juga menjadi ornamen penghias rumah.

Pinhome – Munculnya media sosial seperti Pinterest dan juga kehadiran para vlogger properti memberikan pengaruh luar biasa dalam industri properti.

Salah satu imbas yang nyata terlihat adalah munculnya ragam jenis atau gaya rumah yang baru. Hal ini pun tidak luput dari peran akses media sosial dan internet sehingga pertukaran informasi antar masyarakat dunia semakin mudah.

Pintu menjadi salah satu elemen rumah yang mengikuti gaya rumah. Gaya rumah dan pintu minimalis ini muncul sejalan dengan gaya hidup minimalis masyarakat dunia. Bahkan retail properti seperti IKEA juga turut memberikan kontribusi dalam mempromosikan gaya hidup minimalis yang diwakili oleh visual rumah minimalis.

Nah, berikut ini ada 10 inspirasi model pintu minimalis yang elegan untuk rumah Anda.

Pintu Minimalis Elegan Gaya Jepang

model pintu minimalis
(Rumah.com)

Pins, tidak dapat dihindari lagi bahwa Jepang membawa pengaruh besar di kehidupan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah gaya interior Jepang. Gaya interior tersebut meliputi jendela, bentuk pintu, bentuk ruang tamu, dan bahkan bentuk kursi.

Gaya interior Jepang tersebut tergambarkan dalam film animasi, film dan bahkan reality show Jepang. Hal ini seakan-akan menjadi ajang atau wadah promosi gaya interior Jepang yang kuat dengan pintu geser atau sliding door.

Baca JugaDesain Rumah Anda dengan Menggunakan Wallpaper Putih, Ini Dia Keunggulannya!

Apabila Pins merupakan salah satu penggemar gaya interior Jepang, pintu sliding door minimalis yang elegan ala Jepang bisa menjadi rekomendasi. Keunggulan utama pintu ini adalah tidak memakan tempat dan memberikan kesan luas pada ruangan.

Pintu Minimalis Bergagang Besar

model pintu minimalis
(Pinterest)

Bosan dengan gagang pintu yang monoton? Nah Pins bisa berkreasi dengan menggunakan gagang pintu besar seperti pada gambar di atas.

Kombinasi antara desain interior pintu yang minimalis, balutan warna yang sederhana dan gagang besi yang panjang akan memunculkan kesan modis pada pintu utama rumah Anda.

Memang jika secara fungsi sebenarnya tidak banyak yang berubah, tetapi Pins dapat melihat visual yang menarik dari perpaduan desain interior minimalis dan modern pada pintu tersebut.

Pintu Lipat Kaca (Folding Door)

model pintu minimalis
(Glass on web)

Kalau Pins sering menonton review rumah selebriti Hollywood, banyak yang memanfaatkan pintu kaca dengan ukuran lebar sebagai pelindung rumah. Pintu seperti ini memang hanya terdiri dari bingkai kayu dan kaca transparan yang berukuran besar.

Baca Juga5 Model Teralis Jendela Minimalis Agar Rumah Aman Namun Tetap Modis

Pintu minimalis ini mempunyai keunggulan seperti memberikan kesan luas karena Pins dapat langsung melihat kondisi luar rumah. Selain itu pintu seperti ini bisa memudahkan Anda untuk mengontrol kondisi di taman apabila anak-anak sedang bermain.

Kelemahannya adalah tidak semua rumah dapat menggunakan pintu seperti ini untuk pintu utama. Pintu minimalis seperti ini lebih cocok ketika Pins mempunyai halaman yang luas dan pagar yang tinggi. Dengan begitu tidak semua orang dapat mengintip ke dalam rumah. Pintu seperti ini juga rawan pecah, sehingga Pins harus memilih kaca yang anti peluru atau anti pecah agar pintu awet.

Pintu Dua Daun Minimalis

model pintu minimalis
(Unsplash)

Pins jenuh dengan pintu satu daun? Nah Pins bisa menggunakan pintu minimalis dua daun sebagai inspirasi nih.

Menggabungkan gaya interior minimalis dengan pintu dua daun akan membuat rumah Pins menjadi lebih cantik!

Pintu dua daun mempunyai keunggulan seperti dapat dengan mudah mengatur pintu, apakah ingin dibuka kedua daunnya atau satu saja yang dibuka.

Ketika Pins membeli barang dengan ukuran besar seperti sofa, maka pintu dua daun akan memudahkan dalam proses memasukkan sofa ke dalam rumah.

Pintu Corak Kayu Industrialis

model pintu minimalis

Apabila Pins suka dengan gaya interior rumah yang industrialis, maka memilih pintu dengan corak kayu seperti di atas sangat cocok sekali!

Corak kayu akan memperkuat kesan industrialis dan alami. Pins tinggal menentukan bentuk corak atau pola kayu, lalu memilih warna dari pintu yang sesuai keinginan Pins. Pins bisa memilih warna cokelat muda, cokelat tua atau perpaduan cokelat dengan putih.

Kelemahan dari pintu ini sebenarnya ada pada pola tersebut. Semakin berumur, maka ada kemungkinan pola kayu pada pintu semakin terkikis. Jadi Pins harus telaten membersihkan dan jangan sampai tergores oleh benda tajam.

Pintu Geser atau Sliding Door Gaya Industrialis

model pintu minimalis
(Amazon)

Berbeda dengan sliding door gaya Jepang, pintu sliding door ini bergaya industrialis. Apabila Pins senang dengan gaya industrialis, maka jenis pintu seperti ini juga cocok lho untuk menghiasi rumah Pins.

Jenis pintu ini cukup populer di negara barat. Bentuknya unik karena memperlihatkan slider di bagian atas tanpa ditutupi oleh apapun.

Jenis pintu ini cocok sekali untuk digunakan sebagai pintu kamar atau pintu kamar mandi. Namun sepertinya pintu jenis ini kurang cocok digunakan untuk pintu utama.

Vertical Pivot Door

model pintu minimalis
(I Pinming Door)

Apakah Pins bisa menebak, apa yang unik dengan pintu di atas? Yap, pintu ini tidak mempunyai engsel di samping. Pun pintu ini tidak mempunyai slider yang terlihat.

Pintu ini bernama Vertical Pivot Door. Terinspirasi dari folding door atau pintu lipat dan sliding door atau pintu geser, lahirlah pintu dengan jenis seperti ini.

Pintu ini juga terinspirasi dari sekat-sekat yang dapat digerakkan pada kantor. Jika Pins pernah melihat movable partition yang memisahkan satu ruangan dengan ruangan lain, nah itu juga menginspirasi terlahirnya pintu ini.

Vertical Pivot Door cocok untuk Pins yang kreatif dan ingin mencoba hal baru. Perlu diingat pintu seperti ini didominasi oleh bahan kayu sehingga pilihlah bahan kayu yang kuat dan tidak mudah dimakan rayap.

Pintu Kaca Minimalis

model pintu minimalis
(Unsplash)

Pins pernah melihat pintu seperti ini? Biasanya pintu seperti ini dapat Pins temukan di toko aksesoris atau toko bunga. Pintu seperti ini memang cukup cantik jika dilihat dan dikombinasikan dengan gaya interior minimalis.

Namun model pintu minimalis ini kurang tepat jika digunakan sebagai pintu utama rumah. Pintu seperti ini lebih cocok menjadi pintu pemisah antara dapur kotor dengan ruang makan.

Pintu dengan Kaca di Bagian Atas

model pintu minimalis
(Unsplash)

Model pintu minimalis seperti ini mempunyai keunikan tersendiri, karena Pins dapat melihat kondisi di luar rumah hanya dengan mengintip dari dalam. Namun, sepertinya pintu jenis ini juga kurang pas digunakan sebagai inspirasi pintu utama.

Pintu seperti ini lebih cocok digunakan sebagai pintu untuk ruang kerja di rumah. Apabila Pins mempunyai ruang perpustakaan atau mushola di dalam rumah, maka jenis pintu ini cocok sekali untuk melengkapi ruangan tersebut.

Pintu dengan Lubang Surat

model pintu minimalis
(Unsplash)

Pins, dewasa ini kotak surat atau mail box yang diletakkan di halaman rumah sudah sangat jarang sekali ditemukan. Maka dari itu jenis pintu seperti di atas cocok untuk mengganti fungsi kotak surat.

Apabila Pins mempunyai hunian di apartemen, maka pintu seperti ini cocok sekali menjadi akses utama apartemen Pins.

Pintu ini mempunyai lubang surat yang memudahkan pengantar surat/paket memasukkan barang ke rumah Pins. Dengan begitu, petugas tidak perlu meletakkan barang atau paket di depan pintu.

Nah itu saja Pins 10 inspirasi model pintu minimalis yang elegan untuk rumah Anda. Semoga bisa memberikan pencerahan ya terkait referensi pintu minimalis menarik!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Anda di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel