Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 10 Inspirasi Desain Ruang Tamu yang Cocok Untuk Kamu

10 Inspirasi Desain Ruang Tamu yang Cocok Untuk Kamu

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 22 April 2020 ∙ 4 menit membaca

Pins, setuju gak kalau kesan pertama atau first impression itu penting? Kalau pertama kali masuk ke sebuah rumah, apa yang Pins pertama kali lihat? Pasti ruang tamunya, kan? Nah, untuk menciptakan kesan pertama yang baik bagi para tamu yang datang ke rumah, Pins, kamu bisa mencari inspirasi untuk desain ruang tamu yang cocok untukmu.

Pinhome – Desain ruang tamu memainkan peranan penting lho, Pins! Kenapa? Perabotan atau dekor yang kamu letakkan di sana akan memberikan gambaran kamu kepada orang-orang yang bertamu ke rumahmu. Ruang tamu yang berantakan dan kusam tentu tidak akan memberikan kesan yang baik bagi tamu yang berkunjung. Sebaliknya, ruang tamu yang rapi atau tertata unik akan memberikan kesan menarik bagi para tamu.

Kamu masih bingung mau desain ruang tamu kamu kayak gimana? Yuk, simak 10 inspirasi desain ruang tamu yang cocok untuk kamu versi Pinhome ya, Pins!

Sensasi Abad Pertengahan Di Rumah Kamu

Jika kamu suka hal-hal antik dan jadul, coba deh desain ruang tamumu seperti ini. Untuk menambahkan kesan vintage, pilih sofa kulit berwarna coklat dan tambahkan dekorasi kayu seperti lukisan-lukisan jadul ala era Victoria, ataupun lukisan hitam putih. Jika kamu sudah main aman dengan warna-warna seperti coklat ataupun krem, tambahkan elemen warna hijau dengan tanaman untuk pemanis ruangan.

Monokrom Tapi Powerful

Monokrom bukan berarti membosankan, lho! Dengan satu warna, kamu bisa menampilkan kesan rumah minimalis tanpa perlu pusing. Mainkan gelap terangnya warna dari intensitasnya. Untuk rumah minimalis pastikan warna yang kamu pilih tidak mencolok ya, sobat Pins!

Ruang Tamu sebagai Tempat Pamer Koleksi, Kenapa Tidak?

Kamu ingin memamerkan koleksimu? Letakkan saja di ruang tamu! Atur sedemikian rupa supaya masih koleksimu terlihat cantik namun masih di tempat yang aman. Misalnya, kamu punya koleksi action figure dan kamu ingin meletakkannya di ruang tamu milikmu, sah-sah saja! Untuk menjaga supaya koleksimu aman dari anak-anak yang berkunjung ke rumah, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan lemari etalase kaca.

Ruang Tamu yang Hangat nan Menyenangkan

Untuk kamu yang berkepribadian ramah dan kreatif, desain ruang tamu di atas bisa dijadikan ide! Jangan ragu untuk bermain warna-warna terang, seperti hijau mustard atau biru untuk menambah kesan menyenangkan di ruang tamu kamu. Penerangan alami dari jendela juga hal yang bagus jika kamu ingin meletakkan beberapa tanaman di ruang tamu kamu.

Ruang Nostalgia

inspirasi desain ruang tamu

Apa perasaanmu melihat gambar ini? Seperti ruang tamu di rumah nenek saat kamu berkunjung waktu kecil, ya! Desain ruang tamu simpel dengan berbagai warna menarik, lantai kayu, ruang gerak luas, dan adanya karpet besar seperti mengajak kita menjadi anak kecil lagi. Desain ruang tamu seperti ini memiliki nuansa hangat dan kekeluargaan.

Oase Timur Tengah di Rumah Kamu

inspirasi desain ruang tamu

Desain ruang tamu yang selalu trend dari dulu sampai saat ini adalah tipe Maroko. Tips membuat desain ruang tamu Maroko adalah menggunakan warna-warna “earthy”, seperti coklat yang memberikan aksen kuat dan juga permainan tekstur dan pahatan kompleks di jendela atau pintu, dan juga cetakan etnik unik di beberapa bagian, misalnya gorden atau karpet.

Pilih Tipe Coastal, Tempat Kamu Melepas Penat

Ruang tamu tipe coastal bisa kamu jadikan acuan kalau kamu “anak pantai” sejati. Buat ruang tamu bertema pantai dengan warna coklat pasir, biru muda, dan putih. Jangan lupa dekorasi ala “island vibe” seperti dreamcatcher raksasa atau rajutan-rajutan berwarna putih gading yang bisa ditempel di dinding ruang tamu kamu!

Ruang Tamu Minimalis, Less Is More

inspirasi desain ruang tamu

Sesuai fungsinya untuk menerima tamu, ruang tamu desain minimalis hanya menyediakan hal-hal esensial saja seperti tempat duduk dan meja. Tapi semua itu sudah terasa cukup, bukan? Inilah konsep minimalis yang sebenarnya!

Baca juga: Bingung Hanya Punya Ruang Tamu Kecil? Jangan Khawatir, Ini Tips Mengakalinya Pins!

Ruang Tamu Terbuka

Kalau kamu memiliki rumah yang luas, ruang tamu terbuka bisa kamu terapkan, lho! Dengan memposisikan ruang tamu di depan taman, area ini akan terasa lebih lega. Udara segar dari luar juga bisa masuk ke rumah.

Biarkan Cahaya Masuk

inspirasi desain ruang tamu

Untuk kamu yang ingin ruang tamu mu terang tapi tidak mau ruang terbuka, gunakan jendela besar. Pilih hanya sedikit perabotan untuk menambah kesan luas.


Selesai deh 10 inspirasi desain ruang tamu yang cocok untuk kamu! Semoga bisa membantu kamu dalam mengambil keputusan ya! Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel