BlogLifestyleEdukasi1 Km Berapa Menit Jalan Kaki, Naik Motor, dan Mobil
0
0

1 Km Berapa Menit Jalan Kaki, Naik Motor, dan Mobil

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 29, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
1 km berapa menit jalan kakitop-right-banner

Pins ingin mencoba untuk rutin berjalan kaki? Selain memiliki rumah yang nyaman seperti Grand Sharon Residence sebagai Perumahan di Kota Bandung yang terbaik, tubuh yang sehat juga penting untuk dijaga. Pins juga bisa menggunakan fitur dari PinValue untuk membeli rumah idaman. Pins mungkin penasaran 1 km berapa menit jalan kaki atau ketika menggunakan motor dan mobil.

Jawaban dari 1 km berapa menit sendiri tidak dapat dikoversi secara langsung, seperti 1 km sama dengan barapa meter atau cm. Konversi dari km ke m atau cm bisa dilakukan secara langsung karena ketiganya sama-sama ukuran satuan panjang. Sementara menit adalah ukuran waktu, sehingga Pins tidak bisa mengkonversi langsung dari km ke menit. Akan membutuhkan data lain, yaitu kecepatan, agar bisa mengkonversi dari km ke menit. Sama seperti saat mengkonversi 1 ton berapa liter dan 1 liter sama dengan berapa kg yang tidak bisa dilakukan secara langsung karena merupakan satuan ukuran yang berbeda. Berikut selengkapnya!

1 km Berapa Menit Jalan Kaki?

Source : CBC

Seperti telah ditulis di atas, konversi dari km ke menit tidak dapat dilakukan secara langsung. Pins membutuhkan data kecepatan jalan kaki seseorang. Jika kecepatan jalan kaki Pins berbeda dengan orang lain, maka menit yang dibutuhkan untuk mencapai 1 km juga berbeda.

Misalkan, Pins berjalan kaki dengan kecepatan 3 km/jam sementara teman kamu berjalan kaki dengan kecepatan 4 km/jam. Maka, teman Pins akan lebih cepat sampai, dan waktu menit yang dibutuhkan untuk mencapai 1 km lebih sedikit. Misalnya:

Pins berjalan kaki dengan kecepatan 1 m/detik. Berapa menit yang dibutuhkan untuk mencapai 1 km?

Pembahasan:

Diketahui: Kecepatan = 1 m/detik, jarak = 1 km = 1.000 meter (kita ubah ke meter karena kecepatannya dalam meter/detik).

Ditanya: waktu = …?

Jawab:

kecepatan = jarak / waktu.

waktu = jarak / kecepatan = 1.000/1  = 1.000 detik = 1.000/60 menit = 16,67 menit.

Jadi, 1 km sama dengan 16,67 menit jika kecepatan jalan kaki adalah 1 m/s.

1 km = Berapa Langkah?

Tergantung dari jarak langkah kaki kalian.

Jika langkah kaki Pins, satu kali langkah = 50 cm atau 0,5 meter, sedangkan 1 km = 1.000 km, maka banyaknya langkah yang dibutuhkan adalah 1.000/0,5 = 2.000 langkah kaki. Sementara jika langkah kaki 40 cm, atau 0,4 m, maka banyaknya langkah yang dibutuhkan adalah 1.000/0,4 langkah = 2.500 langkah. Kamu hanya perlu mengukur saja, satu kali langkah kaki Pins berapa meter atau cm.

Baca juga: Catat! Rincian Biaya Pengukuran Tanah Per Meter

1 km Berapa Menit Naik Motor?

Source : MCN

Berbeda dengan cara menghitung 1km berapa menit jalan kaki. Untuk menghitung konversi waktu yang dibutuhkan saat naik motor dengan jarak tempuh 1 kilometer, diperlukan juga data kecepatan sepeda motor yang dikendarai. Berbeda kecepatan, beda juga menit yang dibutuhkan.

Selain itu, perlu paham juga 1 km berapa meter dan paham juga konversi 1 m/s = km/jam dan sebaliknya 1 km/jam = berapa 1 m/s. Sebagai gambaran, Pins contohkan dua kecepatan sepeda motor yang berbeda.

Jika kecepatan sepeda motor adalah 60 km/jam, maka waktu yang dibutuhkan untuk menempuh 1 km = 1/60 jam = 1 menit (menggunakan rumus waktu = jarak / kecepatan). Sementara jika kecepatan sepeda motor adalah 30 km/jam, maka 1 km ditempuh dalam waktu 1/30 jam = 2 menit.

Baca juga: 900 CC (ml) Air Sama Dengan Berapa Gelas Ya? Ini Penjelasannya

Berapa Menit Menempuh 1 Km Pakai Bus, Kereta atau Mobil?

Source : iStockphoto

Tentunya, untuk menghitung 1 km berapa menit menggunakan bus? Membutuh waktu tergantung kecepatan kendaraan yang digunakan. Contoh, Lani dan keluarganya pergi ke Bandung naik kereta api dengan kecepatan 80 km per jam. Berapa menit yang dibutuhkan untuk menempuh 1 km perjalanan?

Jawaban:

waktu yang dibutuhkan = jarak / kecepatan = 1 / 80 jam = 1/80 x 60 menit = 6/8 menit atau 0,75 menit atau 45 detik.

Jadi 1 km sama dengan 0,75 menit jika naik kereta dengan kecepatan 80 km/jam.

Bagaimana Pins, cukup mudah bukan untuk menghitung konversi dari km ke menit? Intinya asalkan kamu paham mengenai rumus satuan kecepatan serta menghafal tangga km, konversi jam ke menit, dan menggunakan logika hitungannya akan jauh lebih mudah.

Baca juga: 1 Gelas Air Berapa Mililiter? Ini Penjelasan Selengkapnya!

Featured image source: Healthline


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Raharja Regency dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download