Rumah murah tapi transportasi jauh acap kali menjadi pertimbangan bagi mereka yang bekerja di kota. Walaupun harus mengorbankan waktu dan tenaga setiap akan pergi bekerja. Apakah ini pilihan terbaik? Simak artikel berikut ini!

Pekerja yang merantau pasti memikirkan dimana akan tinggal karena tidak ada rumah yang dimiliki. Sering kali menjadi bahan pertimbangan, apakah memilih rumah murah tapi transportasi jauh atau sebaliknya.

Meskipun dimudahkan dengan adanya internet untuk mencari informasi mengenai rumah yang dijual. Namun, memilih rumah tidaklah semudah yang dibayangkan karena ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Bukan hanya masalah harga, jauh dekat akses transportasi juga sering membuat Pins bimbang. Inilah ulasan lengkap yang bisa kamu pertimbangkan agar mendapat pilihan terbaik.

Harga Rumah Murah Tapi Transportasi Jauh Disebabkan Beberapa Faktor

Rumah Murah tapi Tranportasi Jauh
(banidea.com)

Harga tanah dan rumah dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah lokasi di mana rumah tersebut berada. Semakin strategis lokasi, maka akan semakin mahal dan begitu juga sebaliknya. Selain lokasi, kualitas bangunan juga menjadi hal lain yang memengaruhi murah atau mahalnya harga rumah tersebut.

Karakteristik rumah seperti ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah dana untuk membeli rumah bisa berkurang sebab umumnya lokasi yang jauh dari fasilitas publik atau berada di desa punya valuasi lebih murah. Hanya saja, biaya transportasi akan lebih mahal karena jaraknya yang jauh.

Apabila Pins membeli rumah mahal tapi transportasi dekat. Pins harus mempersiapkan dana yang lebih besar untuk membeli rumah karena harga tanah dan rumah di lokasi strategis lebih mahal. Namun, Pins bisa menghemat biaya transportasi.

Pentingnya Koneksi Transportasi di Sekitar Rumah

Rumah Murah tapi Tranportasi Jauh
(unsplash.com)

Apabila Pins bekerja di kota besar seperti Jakarta yang sering dipenuhi dengan masalah kemacetan, maka penting untuk mengetahui akses transportasi yang tersedia di sekitar rumah.

Walaupun harga rumah terjangkau, akses tranportasi yang sulit akan memberikan kerugian bagi Pins. Tak hanya masalah biaya, tapi juga masalah waktu dan tenaga. Kamu harus menyiapkan waktu dan tenaga lebih untuk menggunakan transportasi umum ketika berangkat ke kantor.

Di lain sisi, jika kamu memiliki kendaraan pribadi maka akan lebih mudah untuk menjangkau tempat kerja. Pins hanya perlu mengeluarkan biaya transportasi yang lebih mahal karena pastinya pemakaian BBM juga lebih banyak untuk menempuh jarak yang jauh.

Baca juga: Pindah ke Rumah Baru? Lakukan 7 Hal Ini Agar Pindahan Jadi Menyenangkan

Perhatikan Kebutuhan Transportasi Selama Tinggal di Suatu Daerah

Membeli rumah melibatkan jumlah uang yang tidak sedikit. Jangan sampai sudah membayar mahal tapi akhirnya menyesal karena ada hal yang terlupa diperhatikan.

Meski begitu, masih ada rumah dengan harga murah dan bisa memenuhi kebutuhan transportasi ke kantor. Kumpulkan informasi mengenai lokasi di sekitar rumah incaran, apakah mungkin mendapatkan koneksi transportasi yang dibutuhkan, seperti bus, angkutan umum, atau kereta api. Akan percuma jika Pins membeli rumah dengan harga murah, namun mendapatkan masalah setiap hari saat berangkat ke kantor karena tidak menemukan transportasi umum yang diperlukan.

Selain itu, lihat juga bagaimana rute jalan dari rumah menuju kantor sehingga Pins akan lebih mudah menemukan tempat-tempat pemberhentian, seperti halte, stasiun atau terminal. Jika Pins lebih membutuhkan transportasi bus, maka pilihlah rumah yang memberikan akses ke halte atau terminal terdekat.

Tidak Memaksakan Membeli Rumah Melebihi Budget

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah masalah budget yang dimiliki. Seperti yang Pins ketahui jika membeli rumah membutuhkan uang dalam jumlah besar.

Setiap daerah pasti memiliki harga pasaran yang menjadi patokan bagi penjual menentukan. Jadi, pastikan mencari informasi terlebih dahulu mengenai harga pasaran di daerah tersebut dan kemudian sesuaikan dengan budget yang  dimiliki untuk membeli rumah tersebut.


Membeli rumah memang bukan perkara mudah karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar Pins tidak salah memilih. Masalah lokasi dan transportasi menjadi hal yang harus dipikirkan sebelum akhirnya memutuskan ingin membeli rumah murah tapi transportasi jauh atau justru sebaliknya.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome - PINtar jual beli sewa properti.