Bagi para karyawan yang sudah lama bekerja, tentu sangat wajar jika mereka memikirkan tentang membeli rumah atau mobil. Mereka seringkali merasa bingung memilih antara mobil dulu atau rumah dulu yang mereka beli, sebab kedua-keduanya memang sangat penting. tentunya akan banyak pertimbangan membeli mobil atau rumah dulu.

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah atau mobil, berikut ini hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sehingga nantinya Anda tidak salah memilih.

Inilah hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli rumah dulu ketimbang mobil

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah, Anda perlu memikirkan mengenai cicilannya, apakah gaji Anda cukup untuk membayar cicilan rumah tersebut.

Lalu Anda juga perlu berpikir tentang tujuan Anda membeli rumah, apakah untuk ditinggali atau malah dijadikan investasi. Pertimbangan-pertimbangan tersebut itu bisa Anda jadikan sebagai patokan untuk memutuskan Anda membeli rumah dulu atau tidak.

Inilah hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil dulu ketimbang rumah.

Sebelum memutuskan membeli mobil, Anda juga perlu memikirkan mengenai apa gunanya membeli mobil tersebut, apakah Anda akan gunakan sebagai alat transportasi sehingga Anda mudah ke kantor atau sekedar untuk menaikan gengsi saja, ataukah Anda akan menyewakan mobil tersebut sehingga penghasilan tambahan Anda bertambah.

[caption id="attachment_174" align="alignnone" width="640"]

mobil atau rumah

mobil atau rumah[/caption]

Hal-hal tersebut perlu Anda pikirkan, sebab ketika Anda bekerja di suatu perusahaan besar dan kinerja Anda diperhitungkan, pada umumnya perusahaan akan menyediakan rumah dinas atau kendaraan dinas.

Akan tetapi, jika kinerja Anda tidak diperhitungkan, perusahaan yang Anda tempati tidak menyediakan fasilitas tersebut.

Kesimpulannya, tidak masalah Anda memilih membeli rumah dulu atau mobil dulu, hanya saja pikirkan yang mana yang lebih Anda butuhkan dan manfaatnya yang lebih besar. Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan penghasilan Anda dengan cicilan yang perlu dibayar.

Jika Anda menjadikan mobil atau rumah yang Anda belu sebagai alat investasi atau sebagai alat penghasilan tambahan, itu  pun diperbolehkan. Selain untuk menambah penghasilan Anda, Anda juga lebih mudah untuk membayar cicilan dan perawatan mobil atau rumah, dan juga Anda akan mendapatkan keuntungan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalaah harga rumah lama-kelamaan akan meningkat sedanngkan harga mobil lama-kelamaan semakin menurun. Jadi, jika Anda membeli mobil hanya untuk digunakan sebagai alat transportasi, maka uang Anda akan tergerus. Akan tetapi, jika Anda membeli rumah, walaupun Anda jadikan tempat tinggal, namun Anda bisa menggunakannya sebagai alat investasi di kemudian hari. Tentu saja itu akan menambah keuntungan Anda.

Di lain pihak, uang muka mobil biasanya lebih rendah dibandingkan uang muka rumah, begitu pula dengan cicilannya. Oleh sebab itu, pilihlah berdasarkan prioritas kebutuhan masing-masing, sebab ada beberapa orang yang lebih memilih membeli mobil ketimbang rumah karena mereka kebanyak bekerja di luar rumah, sehingga dengan adanya mobil, urusan pekerjaannya dapat terselesaikan dengan baik.