Pelaksanaan proyek konstruksi bangunan memerlukan keamanan serta ketertiban agar pembangunan dapat berjalan lancar serta tepat waktu sesuai jadwal.

Untuk itu diperlukan petugas keamanan yang bisa dibuatkan pos satpam sebagai kantor sekaligus titik lokasi pemantauan keamanan proyek.

Pos jaga ini bisa diletakan di gerbang proyek, area belakang maupun titik lainya yang membutuhkan pengamanan ekstra.

Ada beragam material yang bisa digunakan untuk membuat pos satpam, bisa dari kayu, galvalum, seng gelombang maupun bahan bangunan lainya.

pos jaga

Disini kita bahas secara khusus analisa harga pembuatan rumah jaga yang terbuat dari konstruksi kayu dengan dinding dan atap terbuat dari seng gelombang.

Pembahasan dimulai dari perhitungan volume dalam satuan m2, analisa harga pos jaga, serta rencana anggaran biaya pos satpam.

Menghitung volume m2 rumah jaga

Perhitunganya cukup dengan mencari tahu luas lantai yang akan dibangun, contohnya jika hendak membangun pos jaga ukuran panjang 2m lebar 2m maka volumenya yaitu.

  • volume pos jaga = 2m x 2m
  • 4m2.

Analisa Harga Satuan Pekerjaan Pembuatan 1 m2 rumah jaga konstruksi kayu

Koefisien analisa tersebut berdasarkan peraturan menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) nomor 28/PRT/M/2016 tentang analisis harga satuan pekerjaan bidang pekerjaan umum bagian rumah jaga (konstruksi kayu.

Rencana Anggaran Biaya Pos Jaga

Jika yang mau dibangun seluas 4m2, dengan harga per m2 Rp.1.015.850,- maka total biaya yang diperlukan adalah

  • RAB Pos satpoam = luas bangunan x harga per m2
  • 4m2 x Rp.1.015.850,-
  • Rp.4.063.400,- terbilang ( empat juta enam puluh tiga ribu empat ratus rupiah).

Harga tersebut belum termasuk pengecatan. Untuk pekerjaan pengecatan bsia dibuatkan analisa harga secara terpisah.

Demikian uraian tentang analisa harga satuan pekerjaan pos satpam yang terbuat dari struktur kayu dinding seng gelombang semoga bermanfaat.