Pasangan pondasi batu kali banyak digunakan sebagai pondasi rumah tinggal serta bangunan lainya sehingga bangunan tersebut dapat berdiri kuat dengan adanya pekerjaan pasangan pondasi batu kali yang baik, meskipun termasuk bagian struktur rumah terpendam tanah yang tidak terlihat dan tidak memerlukan keindahan serta modifikasi arsitektur secara khusus namun pondasi batu kali ini harus benar-benar kuat menahan beban bangunan diatasnya, tentu akan sangat percuma jika sebuah rumah dengan arsitektur sangat bagus harus runtuh atau mengalami keretakan sebagai akibat dari pekerjaan pasangan pondasi batu kali yang tidak bagus, mari kita lihat uraian tentang pekerjaan ini.

Gambar pondasi batu kali

denah dan detail pondasi

Bahan / material yang dibutuhkan untuk pemasangan pondasi batu kali

Bahan yang dibutuhkan dalam pekerjaan pasangan batu kali baik yang termasuk material pokok atau material bantu dapat di list sebagai berikut:

  • Portland cement / semen merupakan bahan perekat pada adukan yang selanjutnya digunakan untuk merangkai pasangan batu kali.
  • Pasir pasang untuk membuat adukan sebagai bahan perekat pasangan batu kali
  • Batu kali atau batu belah sebagai bahan utama pondasi batu kali
  • Kerikil untuk campuran adukan beton pada lantai kerja rabat beton
  • Material bantu seperti paku, kawat bendrat, benang ukur, papan bow plank dll.

Harga pekerjaan pasangan pondasi batu kali

Perhitungan harga pasangan batu kali menggunakan ukuran M3, jadi untuk mengetahui harga pekerjaan pondasi secara keseluruhan maka sebelumnya kita hitung terlebih dahulu harga pondasi batu kali per m3 sesuai dengan bentuk pondasi serta desain pondasi batu kali yang rencanakan, misalnya untuk pondasi dengan gambar diatas mempunyai harga pondasi batu kali kurang lebih Rp.400.000,00 yang meliputi  material dan tenaga kerja.

Tips pekerjaan pondasi batu kali

  1. Buat terlebih dahulu papan bowplank untuk mengukur perletakan pondasi, kesikuan bangunan serta kedataran pondasi batu kali sehingga didapatkan sebuah hasil pekerjaan yang rapid an memuaskan.
  2. Buat spesi adukan dengan campuran yang benar, semakin banyak penggunaan semen maka semakin besar pula daya rekat yang dihasilkan untuk menyatukan batu kali yang sudah ditata sedemikian rupa membentuk pasangan pondasi batu kali.
  3. Hitung terlebih dahulu kebutuhan dimensi pondasi yang dibutuhkan untuk menahan beban rumah diatasnya, sehingga didapatkan dimensi batu kali yang kuat namun ekonomis.
  4. Rencanakan metode kerja pemsangan pondasi batu kali dengan baik dan benar sehingga didapatkan hasil pekerjaan dengan kualitas maksimal serta dengan biaya efisien.
  5. Pemasangan pondasi batu kali dikerjaan oleh tukang bangunan yang ahli dalam bidang tersebut, hal ini tentu akan mempengaruhi kecepatan penyelesaian pekerjaan serta hasil pekerjaan yang bagus.
  6. Dan berbagai hal lainya yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan ini