Tangerang merupakan sebuah kawasan di Indonesia yang berada di provinsi Banten. Letaknya dianggap strategis karena berada tepat di sebelah barat ibu kota DKI Jakarta. Kawasan ini dibagi menjadi 3 bagian: Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Kabupaten Tangerang

Kabupaten Tangerang memiliki wilayah seluas 959,61 km2, atau sekitar 12,62% dari total keseluruhan provinsi Banten. Dengan luas wilayah yang signifikan tersebut, tak heran jika kabupaten Tangerang secara administratif dibagi menjadi 2 bagian; bagian barat menjadi bagian pengawasan Polda Banten, sedangkan sisanya menjadi tanggung jawab Polda Metro Jaya.

Dengan letak astronomis 106°20’ - 106°43’ bujur timur (BT) dan 6°00’ - 6°21’ lintang selatan (LS), sebagian besar wilayah kabupaten Tangerang merupakan dataran rendah beriklim tropis dan curah hujan 120 - 200 mm per bulan, tergantung musim. Secara geografis, kabupaten Tangerang berbatasan dengan Laut Jawa di bagian utara; Kota Tangerang, DKI Jakarta, dan Kota Tangerang Selatan di bagian timur; Kabupaten Lebak dan Kabupaten Bogor di bagian selatan; dan Kabupaten Serang di bagian barat.

Yang berbeda dari kabupaten Tangerang adalah wilayahnya dikelompokkan dalam fungsi khusus secara topografis. Bagian barat merupakan wilayah pertumbuhan Balaraja dan Tigakarsa sebagai sentra permukiman, pusat pemerintahan, dan industri; pusat pertumbuhan Teluknaga di bagian pesisir yang difokuskan menjadi pusat industri wisata alam dan bahari, industri maritim, perikanan, pertambakan, serta pelabuhan; dan pusat pertumbuhan Curug, Kelapa Dua, Legok, dan Pagedangan yang berada di bagian timur ditujukan untuk area permukiman.

Pembagian Kecamatan Kabupaten Tangerang

Kabupaten Tangerang terbagi menjadi 29 kecamatan dengan jumlah penduduk sebanyak 2.619.803 orang (data tahun 2017) dengan kepadatan penduduk sebesar 2.589 jiwa/km2.

Balaraja

panduan lengkap kabupaten tangerang

Balaraja merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Tangerang yang terletak di bagian sebelah barat. Kecamatan ini didominasi oleh berbagai perusahaan, pabrik, dan industri. Kawasan ini menjadi salah satu daerah industri di Kabupaten Tangerang.

Balaraja memiliki sembilan desa/kelurahan, antara lain:

• Kelurahan Balaraja (Kodepos : 15610)

• Desa Cangkudu (Kodepos : 15610)

• Desa Gembong (Kodepos : 15610)

• Desa Saga (Kodepos : 15610)

• Desa Sentul (Kodepos : 15610)

• Desa Sentul Jaya (Kodepos : 15610)

• Desa Suka Murni (Kodepos : 15610)

• Desa Talagasari (Kodepos : 15610)

• Desa Tobat (Kodepos : 15610)

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Balaraja menuju pusat pemerintahan di Tigaraksa membutuhkan waktu sekitar 22 menit. Untuk menuju kota Tangerang membutuhkan waktu 36 menit.

Point of interest

Balaraja terkenal sebagai salah satu kawasan industri dan pabrik. Beberapa pabrik yang ada di Balaraja seperti Pabrik Grand Mortar Balaraja, PT. Gunung Selang (Adiwarna Mika), PT Rinnai Indonesia Plant 2, atau PT. Satyaraya Keramindo Indah.

Transportasi

Beberapa angkutan kota yang melintasi Balaraja, antara lain:

A.04 Trayek: Terminal Cimone – Balaraja

A.07 Trayek: Balaraja - Curug

Pusat keramaian

Beberapa pusat keramaian di Balaraja, adalah:

Plaza Balaraja Downtown

Pasar Sentiong Balaraja

Wisata Air Kencana Tirta

RSUD Balaraja

RSIA ILANUR

Fasilitas pendidikan

Pusat pendidikan yang ada di Balaraja, antara lain:

SDN 1 BALARAJA

SDIT ALFATH SADARUSSALAM

SD Negri Cangkudu 1 & 2

SMK PGRI 1 BALARAJA

SMAN 1 Kabupaten Tangerang

SMA Negeri 2 Balaraja

SMA Mandiri Balaraja

SMP Negeri 1 Balaraja

Cikupa

panduan lengkap kabupaten tangerang

Cikupa adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang yang berbatasan langsung dengan kabupaten Serang. Di Cikupa terdapat sejumlah kawasan industri, pertokoan, dan perumahan. Cikupa diapit oleh kecamatan-kecamatan sentra industri Kabupaten Tangerang seperti Pasar Kemis di sebelah utara, Curug di sebelah timur, dan Balaraja di sebelah barat.

Selain itu, Cikupa kini juga memiliki sebuah kawasan pengembangan kota mandiri yaitu Citra Raya Tangerang. Kota mandiri ini memiliki luas mencapai 2.760 ha, yang memiliki kawasan superblock, apartemen, perkantoran, pergudangan, shopping mall, hingga perumahan.

Kecamatan Cikupa meliputi 14 desa/kelurahan yang terdiri dari:

• Desa Cibadak

• Desa Talaga

• Desa Talagasari

• Desa Dukuh

• Desa Cikupa

• Desa Sukanagara

• Desa Bitung Jaya

• Desa Pasir Gadung

• Desa Sukadamai

• Desa Pasirjaya

• Desa Budi Mulya

• Desa Bojong

• Kelurahan Sukamulya

• Kelurahan Bunder

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Untuk menuju Tangerang Kota, dari Cikupa membutuhkan waktu 34 menit. Sedangkan untuk menuju Tigaraksa membutuhkan waktu 20 menit

Point of interest

CitraRaya merupakan pengembangan kota mandiri terbesar oleh Grup Ciputra di Tangerang, Banten. Kota Mandiri ini mulai dibangun dengan luas pengembangan mencapai 2.760 hektar (ha). CitraRaya telah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dengan segala kelengkapan fasilitas umum dan retail dalam memenuhi segala unsur kebutuhan penghuni dan sekitarnya. CitraRaya kini telah menjelma sebagai salah satu regional and business center yang kuat di Barat kota Jakarta.

Transportasi

Moda transportasi yang melintas di Cikupa, antara lain:

A.04 Trayek: Terminal Cimone – Balaraja

A.06 Trayek: Terminal Cimone – Tigaraksa

A.07 Trayek: Balaraja - Curug

E.10 Trayek: Curug – Tigaraksa

E.12 Trayek: Cikupa - Citra Raya

Pusat keramaian

Cikupa memiliki berbagai pusat keramaian, seperti:

Eco Plaza Citra Raya Cikupa

Mal Ciputra Citra Raya Cikupa

Citra Raya World Of Wonders Theme Park

Citra Raya Water World

Amaris Hotel Citra Raya – Tangerang

Mardi Gras Citra Raya

Fasilitas pendidikan

Beberapa pusat pendidikan yang ada di Cikupa, antara lain:

SMKS WIPAMA CIKUPA TANGERANG

SMPN 1 Cikupa

SAM SCHOOL at Citra Raya

SMK Miftahul Jannah

SMPN 2 Cikupa

Al-Azhar Syifa Budi Talaga Bestari

Cisauk

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Cisauk pada mulanya merupakan bagian dari Kecamatan Serpong yang mengalami pemekaran wilayah. Nama Cisauk diambil dari nama salah satu desa, Desa Cisauk yang kini telah berubah status menjadi Kelurahan Cisauk.

Cisauk saat ini menjadi salah satu daerah yang sangat cepat perkembangannya. Hal ini tidak lepas dari aktifnya kembali Stasiun Cisauk yang melayani perjalanan dari Tanah Abang – Rangkasbitung (Stasiun Maja).

Di lantai dua stasiun dibangun jembatan penghubung di atas udara atau skywalk sepanjang 350 meter. Fungsinya untuk mempermudah penumpang Stasiun Cisauk menuju ke Terminal Shuttle Bus BSD Link dan Pasar Modern Intermoda BSD City. Kawasan ini juga memiliki terminal bus layang (elevated) yang terletak di lantai dua. Selain itu, gedung stasiun terkoneksi dengan pintu masuk dan keluar Pasar Modern dan Terminal Shuttle Bus BSD Link.

Cisauk kini dikenal sebagai kawasan yang infrastruktur konektivitasnya sudah lengkap dan terintegrasi. Terkait mobilitas, Cisauk sudah memiliki akses jalan tol, jalan arteri, dan jalur KRL.

Kecamatan ini memiliki enam kelurahan/desa, antara lain:

• Desa Dandang

• Desa Cibogo

• Desa Suradita

• Desa Sampora

• Desa Mekarwangi

• Kelurahan Cisauk

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Untuk menuju arah Tigaraksa, membutuhkan waktu sekitar 53 menit dari Cisauk. Sedangkan untuk menuju BSD City membutuhkan waktu 22 menit.

Point of interest

Stasiun Cisauk saat ini memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap dan sudah bertaraf internasional. Stasiun ini memiliki gaya arsitektur minimalis futuristik, lengkap dengan fasilitas khusus wanita menyusui, toilet, fasilitas difabel, dan skywalk untuk menyeberangi rel. Bangunan stasiun ini beroperasi sejak 1 Februari 2019.

Bangunan lama stasiun yang sudah tidak lagi dipergunakan untuk keberangkatan dan kedatangan penumpang, kini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh Unit Pusat Pelestarian dan Desain Arsitektur PT KAI.

Transportasi

Trayek angkutan yang melintasi di Cisauk adalah D20 :Serpong - Cisauk- Cicangkal

Pusat keramaian

Pusat keramaian yang bisa dikunjungi di Cisauk, antara lain:

Pasar Malam Cisauk

Stasiun Cisauk

FRESH MODERN INTERMODA MARKET

Pasar Modern Korpri Suradita

Kolam Renang Saiji Waterboom

Taman Impian Raya Cisauk

Lubana Sengkol (Resto, Pemancingan & Outbound)

Fasilitas pendidikan

Fasilitas pendidikan yang ada di Cisauk, meliputi:

SMP Negeri 3 Cisauk

SMPN 1 Cisauk

SDN Anamui

SMK Tunas Cisauk Tangerang

SMA Ruhul Bayan

SMK Semesta Cisauk

Unika Atma Jaya Kampus 3 BSD

Physics Laboratory IULI

Cisoka

panduan lengkap kabupaten tangerang

Cisoka adalah kecamatan di kabupaten Tangerang yang terletak di sebelah Barat Daya. Kecamatan ini terdiri dari 10 desa, yaitu:

• Cisoka

• Sukatani

• Jeungjing

• Selapajang

• Caringin

• Cibugel

• Bojongloa

• Cempaka

• Karangharja

• Carenang

Salah satu destinasi wisata yang sedang terkenal di Cisoka, adalah Telaga Biru Cisoka. Telaga Biru Cisoka ini bukanlah danau alami, melainkan bekas galian pasir yang sudah tidak lagi beroperasi selama dua tahun. Lubang bekas galian dengan kedalaman belasan meter tersebut kemudian terisi air hujan hingga menjadi telaga.

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Untuk menuju arah Tigaraksa, dari Cisoka hanya membutuhkan waktu sekitar 26 menit saja. Jika ingin menuju Cikupa, dapat ditempuh dalam waktu 38 menit.

Point of interest

Telaga Biru Cisoka yang juga dikenal dengan nama telaga biru Cigaru dan Danau Biru Cigaru ini bukanlah danau alami, melainkan bekas galian pasir yang sudah tidak lagi beroperasi selama dua tahun. Lubang bekas galian dengan kedalaman belasan meter tersebut kemudian terisi air hujan hingga menjadi telaga.

Warga sekitar kemudian menamakan telaga ini dengan nama Telaga Biru Cigaru karena warna air telaga ini yang berwarna biru.

Transportasi

Stasiun Maja

Angkot E06 Adiyasa – Balaraja

Pusat keramaian

Pusat keramaian yang bisa dikunjungi di Cisoka, antara lain:

Telaga Biru Cisoka

Pasar Cisoka

Cicido Outbond Corner

Masjid At Taqwa

Griya Permata Cisoka

Taman Cisoka Indah

Perum Surya Jaya Indah

Fasilitas pendidikan

Fasilitas pendidikan yang ada di Cisoka, antara lain:

SMPN 2 Cisoka

SMK Yapisda

SMP Negeri 1 Cisoka

SMP SMK BANI ADNA Cisoka

SMK Gema Bangsa

SMAN 8 KabTangerang

Curug

panduan lengkap kabupaten tangerang

Sebagian besar wilayah Lippo Village di bagian barat masuk di wilayah kecamatan Curug. Kecamatan ini terkenal dengan banyak perumahan dan kompleks kelas menengah. Curug memiliki tujuh kelurahan/desa yang terdiri dari:

• Kelurahan Curug Kulon

• Desa Curug Wetan

• Kelurahan Sukabakti

• Desa Cukanggalih

• Desa Kadu Jaya

• Desa Kadu

• Kelurahan Binong

Curug juga terkenal sebagai lokasi dari Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia yang merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Perhubungan Indonesia.

Waktu ke pusat perekonomian

Dari Curug menuju Tangerang kota membutuhkan waktu 30 menit. Sedangkan untuk menuju Tigaraksa membutuhkan waktu 28 menit.

Point of interest

Lippo Village merupakan sebuah proyek kota mandiri yang dibangun sejak tahun 1992. kota ini dikembangkan dan dibangun oleh salah satu grup properti terbesar di Indonesia, PT Lippo Karawaci Tbk, yang merupakan anak perusahaan Lippo Group.

Transportasi

Beberapa moda transportasi yang melintasi Curug, antara lain:

R.07 Trayek: Pasar Malabar/Perumnas 1 – Binong

R.06 Binong – Pos Karawaci

A.03 Trayek: Cimone - Parung Panjang

A.07 Trayek: Balaraja - Curug

Pusat keramaian

Beberapa pusat keramaian, dan perumahan yang ada di Curug, adalah:

ALADIN Aquaplay Karawaci

Pasar Curug Tangerang

Lippo Village

Villa Permata

Sari Bumi Indah

Binong Permai

Tataka Puri

Harapan Kita

Cluster Mutiara Curug 1 - 5

Cluster Mutiara CukangGalih

Grand Puri Asih Kadujaya

Cluster Permata Karawaci

Fasilitas pendidikan

Beberapa pusat pendidikan yang ada di Curug, antara lain:

School Binong Permai

SMK Al-Hikmah Curug

SMPN 2 CURUG

SMK Yuppentek 2

STPI Curug

SMP PGRI 246 Curug

SD-SMP Strada Yos Sudarso

Pramita University of Indonesia Tangerang

STIE & STMIK University

Gunung Kaler

panduan lengkap kabupaten tangerang

Gunung Kaler adalah salah satu kecamatan yang ada di kabupaten Tangerang. Posisi kecamatan Gunung Kaler terletak lebih ke arah utara. Kecamatan ini dilalui oleh jalan utama yaitu Jalan Raya Syekh Nawawi Tanara – Jalan Raya Kresek.

Kecamatan Gunung Kaler adalah hasil dari pemekaran kecamatan Kresek. Kecamatan ini memiliki sembilan desa, yang terdiri dari:

• Desa Cibatok

• Desa Kandawati

• Desa Onyam

• Desa Rancagede

• Desa Cipaeh

• Desa Gunungkaler

• Desa Sidoko

• Desa Kedung

• Desa Tamiang

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Jika ingin menuju pusat pemerintahan di Tigaraksa, dari Gunung Kaler membutuhkan waktu sekitar 1 jam 26 menit.

Pusat keramaian

Beberapa fasilitas umum yang ada di Gunung Kaler, antara lain:

Pasar Karang Jetak

Pasar Kresek

Puskesmas Gunung Kaler

KLINIK SYIFA MEDIKA

Klinik Kenanga

Fasilitas pendidikan

Beberapa fasilitas pendidikan yang ada di kecamatan Gunung Kaler, antara lain:

SMP NEGERI 2 GUNUNG KALER

SMK AN-NABILAH Gunung Kaler

SMPN 1 Gunung Kaler

SMKN 3 Gunung Kaler

SMAN 29 KABUPATEN TANGERANG

Jambe

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Jambe adalah hasil dari pemekaran kecamatan Tigaraksa. Luas wilayah kecamatan ini sebesar 2.773 ha, mayoritas lahan dipergunakan sebagai persawahan. Secara administratif, Jambe terdiri dari 10 desa, yaitu:

• Desa Jambe

• Desa Tipar Raya

• Desa Daru

• Desa Mekarsari

• Desa Kutruk

• Desa Pasir Barat

• Desa Ranca Buaya

• Desa Taban

• Desa Ancol Pasir

• Desa Sukamanah

Jarak dari Pusat Ibu Kota Kabupaten Tangerang + 5 Km yang di hubungkan oleh jalan Kabupaten dengan batas-batas Wilayah Kecamatan sebagai berikut :

• Sebelah Barat : Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor.

• Sebelah Timur : Kecamatan Panongan.

• Sebelah Utara : Kecamatan Tigaraksa.

• Sebelah Selatan : Kecamatan Parung Panjang, Kabupaten Bogor

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Jambe menuju Tigaraksa, membutuhkan waktu sekitar 18 menit melalui jalan darat.

Transportasi

Stasiun Daru

Pusat keramaian

Pasar Rancabuaya Kecamatan Jambe

Pasar Tipar Raya Jambe

Klinik Bidan Novia Purnama

Puskemas Mekarsari

Perumahan Daru permai

Perumahan Daru Raya ANANTALAND

Perumahan Daru Indah

Fasilitas pendidikan

Beberapa fasilitas pendidikan yang ada di kecamatan Jambe, antara lain:

MIS Yabika

YABIKA Jambe

SDN Jambe II

SMP PEMBANGUNAN 2 JAMBE

SMAN 10 Kabupaten Tangerang

SMKN 8 Kabupaten Tangerang

SMKS Karya Pembangunan Jambe

Jayanti

panduan lengkap kabupaten tangerang

Jayanti adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang, yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Cisoka dan Kecamatan Balaraja. Kecamatan ini dilalui oleh Jalan Tol Jakarta-Merak, tepatnya di Desa Dangdeur dan Desa Pangkat. Selain itu, Jayanti juga dilalui oleh Jalan Raya Serang.

Kecamatan ini terdiri dari delapan desa, yaitu:

• Desa Cikande

• Desa Jayanti

• Desa Pasir Muncang

• Desa Sumur Bandung

• Desa Pasir Gintung

• Desa Dangdeur

• Desa Pangkat

• Desa Pabuaran

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Untuk menuju Tigaraksa, dari Jayanti membutuhkan waktu sekitar 38 menit

Pusat keramaian

Pusat keramaian dan perumahan yang ada di Jayanti, antara lain:

Pasar tradisional jayanti

Pasar Malem Pasirnangka

Cluster Persada Jayanti

Grand Harmoni 3 Jayanti

Perum Jayanti Residence

Grand Harmoni 3 Jayanti

Fasilitas pendidikan

SMK Darul Ishlah Jayanti

SMA Masyariqul Anwar Gintung Jayanti-Tangerang

SD Miftahussalam

SMP Negeri 1 Jayanti

SMP Negeri 2 Jayanti

SMP Assalam Jayanti

Kelapa Dua

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Kelapa Dua terkenal sebagai lokasi dari kota terencana yaitu Lippo Village dan Gading Serpong (Summarecon). Dua proyek perumahan ini menjadi perintis munculnya berbagai perumahan lain di kawasan Kelapa Dua. Selain kedua township tersebut, saat ini perkembangan perumahan di kawasan ini sangat pesat. Diantaranya adalah Villa Rizki Ilhami, Perum Dasana Indah, Permata Medang dan Perum Kelapa Dua.

Kecamatan ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Curug, dan terdiri dari enam desa/kelurahan, yaitu:

• Kelurahan Bojong Nangka

• Kelurahan Kelapa Dua

• Kelurahan Pakulonan Barat

• Kelurahan Bencongan

• Kelurahan Bencongan Indah

• Desa Curug Sangereng

Untuk batas wilayahnya meliputi:

• Utara: Kecamatan Cibodas (Kota Tangerang)

• Timur: Kecamatan Pinang (Kota Tangerang) dan Kecamatan Serpong Utara (Kota Tangerang Selatan)

• Selatan: Kecamatan Legok dan Kecamatan Pagedangan

• Barat: Kecamatan Curug

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Kelapa Dua menuju Tigaraksa membutuhkan waktu sekitar 41 menit. Sedangkan untuk menuju kota Tangerang membutuhkan waktu 26 menit

Point of interest

Gading Serpong dulunya adalah sebuah kawasan permukiman seluas sekitar 1.500 hektar yang terletak di Kelapa Dua, Tangerang. Kawasan ini awalnya dikembangkan oleh Summarecon Agung dengan nama Summarecon Serpong. Kawasan ini utamanya terbagi menjadi dua bagian, yakni Summarecon Serpong dan Paramount Serpong. Kawasan ini pun telah memiliki sekolah, kampus, pasar modern, klub olahraga dan rekreasi, klub dan lapangan golf, hotel, pusat pertemuan, dan rumah sakit.

Transportasi

Moda transportasi yang melintasi Kelapa Dua, antara lain:

R.06A Trayek: Bojong Nangka (Bonang) - Pasar Anyar

R.06 Trayek: Legok - Pos Karawaci

R.13 Trayek: Pasar Malabar - Kelapa Dua

R.19 Trayek: Terminal Cibodas - Gading Serpong

R.07 Trayek: Pasar Malabar/Perumnas 1 – Binong

A.03A Trayek: RS.An Nissa - Super Mall Lippo Karawaci

G.08 Trayek: Cikokol – Sangiang

R.03A Trayek: Pasar Anyar – Serpong

B.04 Trayek: Cikokol – BSD

B.07 Trayek: Serpong - Kali Deres

Pusat keramaian

Pusat keramaian yang bisa dikunjungi di Kelapa Dua, adalah:

• Supermal Karawaci

• Summarecon Mall Serpong

• Summarecon Digital Centre

• Pasar Modern Mutiara Karawaci

• Pasar Kelapa Dua

• Pasar Modern Sinpasa

• Pasar Modern Paramount

• Pasar Bonang

• Lippo Village

• Palem Semi

• Imperial Klub Golf

Fasilitas pendidikan

Kecamatan Kelapa Dua memiliki fasilitas pendidikan yang baik dan lengkap untuk semua tingkatan, antara lain:

• SDN Kelapa Dua 4

• SDN Pakulonan Barat 1

• SDN Pakulonan Barat 2

• SDN Perumnas Bumi Kelapa Dua

• SDN Perumnas Bumi Kelapa Dua 1

• SDN Rumpaksinang

• SDS Dasana Indah

• SDS Fajar Islami

• SDS Harvest Christian School

• SDS Hilaris

• SDI Cendekia

• SDI Permata Hati

• SDS Kristen Tunas Bangsa

• SDS Kusuma Montessori

• SDS Menara Tirza

• SDS Muhammadiyah 33 Kademangan

• SDS Nurul Islam

• SDS Pelita Harapan

• Sekolah Islam Terpadu SDIT Al ISTIQOMAH Kab Tanggerang

• Sekolah Dian Harapan, Lippo Village

• Sekolah Terpadu PAHOA Summarecon Serpong

• Sekolah BPK Penabur, Summarecon Serpong

• Sekolah Tarakanita, Summarecon Serpong

• Sekolah Stella Maris International, Summarecon Serpong

• Sekolah Tunas Bangsa, Summarecon Serpong

• Sekolah Islamic Village, Villa Ilhami

• Sekolah Al Fityan Tangerang, Perumahan Dasana Indah

• Sekolah Yayasan Pendidikan Mutiara Kasih, Perum Kelapa Dua

• Sekolah Nurul Islam Tangerang, Kelapa Dua

• Sekolah Dasar Bilingual Islam Fajar Islami, Kelapa Dua

• Taman Kanak-kanak Putra IX, DKD Kelapa Dua

• Sekolah Muslim Cendikia

• Sekolah Dasar Cihuni depan warung teteh

• SMPN 1 Kelapa Dua

• SMPN 2 Kelapa Dua

• SMAN 23 Kabupaten Tangerang

• Sekolah QCA (Quiver Center Academy), Gading serpong, Kelapa Dua [KB, TK, SD, SMP]

• Sekolah Charisma Global School, Lippo Karawaci

• Universitas Pelita Harapan, Lippo Village

• Universitas Multimedia Nusantara, Summarecon Serpong

• Universitas Gunadarma, Kelapa Dua

• Universitas Matana, Paramount Serpong

• Surya University, Summarecon Serpong

• SURE Center, Summarecon Serpong

• STKIP Surya, Summarecon Serpong

Kemiri

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Kemiri yang terletak di ujung utara Kabupaten Tangerang dengan luas 32,137 Km² terbagi menjadi 7 Desa, yaitu:

• Desa Kemiri

• Desa Patra Manggala

• Desa Karanganyar

• Desa Klebet

• Desa Lontar

• Desa Rancalabuh

• Desa Legok Sukamaju

Untuk batas wilayahnya meliputi:

Sebelah Utara : Laut Jawa

Sebelah Timur : Kecamatan Mauk dan Kecamatan Rajeg

Sebelah Selatan : Kecamatan Sukamulya

Sebelah Barat : Kecamatan Kronjo

Di Desa Lontar terdapat Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dibangun di atas lahan seluas 94 ha dengan tiga unit pembangkit dimana kapasitas masing – masing unit 315 megawatt sehingga total kapasitas tenaga listrik yang dihasilkan 945 MW, proyek pembangunan PLTU 3 Banten ini ditujukan untuk memperkuat pasokan tenaga listrik di area Jakarta dan sekitarnya pada sistem kelistrikan Jawa – Bali.

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Kemiri menuju Tangerang membutuhkan waktu sekitar 46 menit.

Point of interest

Di Desa Lontar terdapat Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang dibangun di atas lahan seluas 94 ha dengan tiga unit pembangkit dimana kapasitas masing – masing unit 315 megawatt sehingga total kapasitas tenaga listrik yang dihasilkan 945 MW, proyek pembangunan PLTU 3 Banten ini ditujukan untuk memperkuat pasokan tenaga listrik di area Jakarta dan sekitarnya pada sistem kelistrikan Jawa – Bali.

Pusat keramaian

Fasilitas publik yang bisa dikunjungi di Kemiri, adalah:

• Pasar Kemiri

• Pasar Ikan KJ TM

• RSUD Kemiri Jaya

• RSIA BHAKTI RUSDI

Fasilitas pendidikan

SMP Negeri 3 Kemiri

SMK PERMATA KEMIRI

SMPN 2 KEMIRI

SMAN 26 Tangerang

SMPN 1 KEMIRI

SDN KEMIRI IV

SDN Selatip

Kresek

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kresek adalah kecamatan di kabupaten Tangerang yang menghasilkan pemekaran kecamatan baru, yaitu kecamatan Gunung Kaler. Kecamatan ini dilalui oleh jalan Tol Jakarta-Merak, tepatnya di Desa Koper.

Kecamatan Kresek terdiri dari Sembilan desa, antara lain:

• Desa Kresek

• Desa Kemuning

• Desa Rancailat

• Desa Talok

• Desa Jengkol

• Desa Renged

• Desa Patrasana

• Desa Pasirampo

• Desa Koper

Adapun batas–batas wilayah Kecamatan Kresek:

• Utara: Kecamatan Gunungkaler dan Kecamatan Mekarbaru

• Timur: Kecamatan Kronjo

• Selatan: Kecamatan Jayanti

• Barat: Kabupaten Serang (kecamatan Cikande dan Binuang)

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Untuk menuju pusat pemerintahan di Tigaraksa membutuhkan waktu 36 menit.

Pusat keramaian

Fasilitas publik yang bisa dikunjungi di Kresek, adalah:

Taman Pelangi (celosia garden)

Pasar Kresek

Pasar malam Tonjong

Klinik Kenanga

Praktek Drg. Atik Purtika Dan Dr. Indri

Rumah Sakit Obini Medika

Fasilitas pendidikan

Beberapa pusat pendidikan di Kresek, antara lain:

SMAN 7 Kabupaten Tangerang

SMK JAYA BUANA Kresek Tangerang BANTEN

SMP Negeri1 Kresek Tangerang

SMP Anisa Kresek

SDN Patrasana III

Kronjo

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kronjo adalah kecamatan di kabupaten Tangerang yang terletak di sebalah utara, dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Kecamatan Kronjo melakukan pemekaran daerah dan menghasilkan kecamatan Mekarbaru.

Kecamatan Kronjo terdiri dari 10 desa, yaitu:

• Desa Muncung

• Desa Kronjo

• Desa Pagedangan Ilir

• Desa Pagedangan Udik

• Desa Pasilian

• Desa Blukbuk

• Desa Bakung

• Desa Pasir

• Desa Cirumpak

• Desa Pagenjahan

Untuk batas wilayahnya, meliputi:

• Utara: Laut Jawa

• Timur: Kecamatan Kemiri

• Selatan: Kecamatan Kresek

• Barat: Kecamatan Mekarbaru

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Kronjo menuju Tigaraksa membutuhkan waktu sekitar 53 menit.

Point of interest

Wisata Pulau Cangkir di Kronjo Tangerang Banten memiliki perairan untuk berenang di sekitar pulau yang bening dengan menyewa pelampung. Sebagai oleh-oleh, pengunjung dapat berbelanja tangkapan laut segar di TPI Kronjo yang memang berada di kawasan objek wisata

Pusat keramaian

Pulau Cangkir

Pasar Baru Kronjo

Pelelangan Ikan Kronjo

Pasar Malem Pasilian

Tugu Cangkir Kronjo

Fasilitas pendidikan

Beberapa pusat pendidikan di Kronjo, antara lain:

SMP Negeri 1 Kronjo

SD NEGERI KRONJO III

MI. Nurul Hidayah 2 Kronjo

SDN Pagedangan Udik 1 & 2

SMP IT AL AMANAH

Kosambi

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kosambi adalah salah satu kecamatan di kabupaten Tangerang yang berbatasan langsung dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Daerah Kosambi juga terkenal sebagai salah satu kawasan pergudangan, hal ini dikarenakan lokasinya yang strategis dekat dengan perairan di utara Jakarta.

Kecamatan Kosambi terdiri dari 10 desa/kelurahan, yang terdiri dari:

• Desa Jatimulya

• Desa Belimbing

• Desa Cengklong

• Desa Rawaburung

• Desa Rawarengas

• Desa Salembaran Jati

• Kelurahan Salembaran Jaya (Kelurahan Salembaran)

• Kelurahan Dadap

• Kelurahan Kosambi Barat

• Desa Kosambi Timur

Untuk batas wilayahnya meliputi:

• Utara Laut Jawa

• Timur Kecamatan Penjaringan

• Selatan Kota Tangerang, Kecamatan Kalideres, dan Kecamatan Penjaringan

• Barat Kecamatan Teluknaga

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Untuk menuju Tigaraksa, dari Kosambi membutuhkan waktu sekitar 1 jam 13 menit. Sedangkan jika ingin ke arah Bandara Soekarno Hatta, membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Point of interest

Kawasan Kosambi dikenal sebagai salah satu kawasan pergudangan karena lokasinya yang dekat dengan perairan Jakarta.

Transportasi

B.09 Trayek: Cikokol – Dadap

Angkot B.09A Trayek: Terminal Kali Deres - Dadap

Pusat keramaian

• Villa Taman Bandara

• Puri Kamal

• Griya Dadap Estate

• Duta Bandara Permai

• Taman Dadap Indah

• Bandara City Mall

Fasilitas pendidikan

Suari Terang School

SMAN 5 Tangerang Regency (SMA Naga Bonar)

SDN Kosambi I

Sekolah Gapura Kasih

SMA Yadika 10 Kosambi

SMA Bethel Dadap

SMK Tunas Bangsa

SDN Cengklong 2

SMP YADIKA 10 KOSAMBI

Legok

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Legok merupakan Kecamatan yang cukup strategis yang terletak di sebelah Timur Kota Kabupaten Tangerang dengan luas wilayah wilayah + 3,646 Ha. Jarak dari ibu kota Kabupaten, yaitu Tigaraksa, sekitar 30 km yang dihubungkan oleh Jalan Negara / Propinsi dan Jalan Kabupaten dengan batas wilayah sebagai berikut :

- Sebelah Utara berbatasan dgn Kec. Curug

- Sebelah Selatan berbatasan dgn Kab Bogor

- Sebelah Barat berbatasan dgn Kecamatan Panongan.

- Sebelah Timur berbatasan dgn Kecamatan Pagedangan.

Kecamatan Legok terdiri dari 10 desa/kelurahan, yaitu:

• Kelurahan Babakan

• Desa Babat

• Desa Bojongkamal

• Desa Caringin

• Desa Ciangir

• Desa Cirarab

• Desa Kamuning

• Desa Legok

• Desa Palasari

• Desa Rancagong

• Desa Serdang Wetan

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Legok menuju Tigaraksa membutuhkan waktu sekitar 31 menit. Jika ingin ke arah Karawaci, membutuhkan waktu sekitar 40 menit

Transportasi

R.06A Trayek: Bojong Nangka (Bonang) - Pasar Anyar

R.06 Trayek: Legok - Pos Karawaci

A.03 Trayek: Cimone - Parung Panjang

Pusat keramaian

Tugu Legok

Pasar Legok

Perum Teratai Griya Asri

Cluster Kaliandra, Perumahan Legok Permai

Perumahan Legok Residence

The Green Residence Legok

Fasilitas pendidikan

SMP Insan Kamil Tangerang

SMP Islam Nurul Hikmah

SD NEGERI LEGOK III

SMK GLOBAL INSAN

SDN Legok Tangerang Banten

Mauk

panduan lengkap kabupaten tangerang

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Untuk menuju arah Tigaraksa membutuhkan waktu 41 menit dari Mauk.

Point of interest

Kecamatan Mauk memiliki potensi objek wisata, yaitu pantai Tanjung Kait, karena letaknya berada di paling utara kabupaten tangerang sebagai daerah pesisir pantai laut jawa. Selain itu, di wilayah Mauk terdapat sekolah pelayaran yang termasuk salah satu sekolah pelayaran terbesar di Indonesia yaitu BP2IP (yang sekarang menjadi wilayah kecamatan Sukadiri karena pemekaran dari kecamatan Mauk), dan banyak pula bangunan bersejarah peninggalan kolonial Belanda dan China, seperti jembatan, gedung-gedung tua dan vihara di kawasan Pantai Tanjung Kait.

Pusat keramaian

Pantai Tanjung Kait

Pantai Karang Serang

Tugu Mauk Otto Iskandar Dinata

Pantai Shangrila

Vihara Tri Dharma Cariya

Tjoe Soe Kong Bio

Vihara Madato Kesambi

Kelenteng Co Su Kong Tanjung Kait

Fasilitas pendidikan

Mauk memiliki Sekolah Dasar yang tertua yaitu SDN Mauk I berdiri pada tahun 1928, SMAN 1 Mauk yang didirikan pada tahun 1982, dan SMA Paradigma (dulu nama SMA PGRI) yang berdiri pada tahun 1986.

Mekarbaru

panduan lengkap kabupaten tangerang

Mekarbaru adalah kecamatan yang terletak di sebelah utara kabupaten Tangerang. Kecamatan Mekarbaru merupakan hasil pemekaran dari kecamatan Kronjo. Dengan luas wilayah 23,82 km², kecamatan Mekarbaru terdiri dari delapan desa, yaitu:

• Desa Jenggot

• Desa Kedaung

• Desa Waliwis

• Desa Klutuk

• Desa Kosambi Dalam

• Desa Mekarbaru

• Desa Gandaria

• Desa Cijeruk

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Mekarbaru menuju Tigaraksa membutuhkan waktu sekitar 1 jam 1 menit.

Pusat keramaian

Pasar Raya Jenggot, Stadion Mini Mekarbaru

Fasilitas pendidikan

Beberapa fasilitas pendidikan yang ada di Mekarbaru, antara lain:

SMPN 3 MEKAR BARU

SMPN 1 MEKAR BARU

MIS. Nurul Hikmah Mekar Baru

MA AL-JAUHARATUN NAQIYAH – MERAPIT

SMK Nurul Amin

SDN Jenggati

Pagedangan

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Pagedangan adalah hasil dari pemekaran kecamatan Legok. Pagedangan adalah lokasi dari perumahan besar dan kota mandiri Summarecon Serpong yang meliputi kecamatan Kelapa Dua dan Pagedangan. Summarecon Serpong dan BSD City juga masuk dalam Pagedangan, tepatnya di desa Cihuni.

Kecamatan Pagedangan terdiri dari 11 desa/kelurahan, yaitu:

• Desa Cicalengka

• Desa Cihuni

• Desa Cijantra

• Desa Jatake

• Desa Kadu Sirung

• Desa Karang Tengah

• Desa Lengkong Kulon

• Desa Malang Nengah

• Kelurahan Medang

• Desa Pagedangan

• Desa Situgadung

Selain BSD City, di kecamatan ini juga terdapat berbagai perumahan seperti Perum Puspitek, Perumahan Medang Lestari, Perumahan Aster 3, dan Perumahan Griya Sarana Pagedangan.

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Pagedangan menuju Tigaraksa membutuhkan waktu sekitar 46 menit. Jika ingin menuju ke arah Alam Sutera, membutuhkan waktu 28 menit.

Point of interest

BSD City merupakan proyek kota terencana dengan total luas lahan terbesar di Indonesia, yaitu sebesar 6.000 hektar. BSD City memiliki beberapa pusat perbelanjaan seperti BSD Plaza, ITC BSD, BSD Junction, Giant Hypermarket BSD, AEON Mall dan Teraskota. Di sini juga terdapat beberapa wisata rekreasi menarik seperti OceanPark Water Adventure

Transportasi

Moda dan akses transportasi yang ada di Pagedangan, antara lain:

Angkot R.03A Trayek: Pasar Anyar – Serpong

Angkot B.04 Trayek: Cikokol – BSD

Angkot B.07 Trayek: Serpong - Kali Deres

Angkot B.07 Trayek: Serpong - Kali Deres

Angkot D.12A Trayek: Ciputat – BSD

Angkot D.16 Trayek: BSD City – Muncul

Angkot D.21 Trayek: Ciputat – BSD

Angkot D21 Pakulonan-Victor (via Plaza BSD - Terminal BSD City)

Mayasari Bakti AC74A patas ke Kampung Rambutan (via Karawaci - BSD City - Tol JORR - Ps. Rebo)

Mayasari Bakti AC117 patas ke Pulo Gadung (via Cikokol - Kebon Nanas - BSD City - Tol JORR - Ps. Rebo - UKI - Bypass - Pemuda)

Sinar Jaya AC151 patas ke Blok M (via BSD City - Tol JORR - Fatmawati - Melawai - Trunojoyo)

Sinar Jaya AC155 patas ke Grogol (via BSD City - Tol Kb. Jeruk - Tomang)

Stasiun Rawa Buntu

Jalan Tol Jakarta- Tangerang

Jalan Tol JORR Ulujami-Serpong

Pusat keramaian

Fasilitas publik, dan pusat perbelanjaan yang ada di Pagedangan, antara lain:

German Center

Taman Kota

Pasar Modern

BSD Green Office Park

Einstein Park at EduTown

EduTown

The Breeze

CBD BSD Commercial Park

Sunburst Office Park

Pusat perbelanjaan BSD Plaza

Pusat perbelanjaan ITC BSD

Pusat perbelanjaan Teraskota

Pusat perbelanjaan AEON Mall

Pusat perbelanjaan BSD Junction

Pusat perbelanjaan BSD Square

Courts Megastore

Giant Hypermarket

OceanPark Water Adventure

AEON Serpong

ICE BSD

Fasilitas pendidikan

Prasetiya Mulya Business School

Sinar Mas Academy

Universitas Swiss German

Deutsche Internationale Schule (DIS)

Sekolah St. Ursula BSD

Sekolah Ora et Labora BSD

Sekolah Al-Azhar BSD

SDN Rawabuntu

Pakuhaji

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Pakuhaji terletak di garis Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa, dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Kecamatan ini adalah hasil dari pemekaran dengan Kecamatan Sepatan. Luas wilayah kecamatan Pakuhaji adalah 1.687 ha, dan terdiri dari satu kelurahan dan 14 desa, antara lain:

• Kelurahan Pakuhaji

• Desa Paku Alam

• Desa Buaran Mangga

• Desa Buaran Bambu

• Desa Bunisari

• Desa Rawa Boni

• Desa Laksana

• Desa Kohod

• Desa Sukawali

• Desa Kramat

• Desa Surya Bahari

• Desa Kiara Payung

• Desa Gaga

• Desa Kalibaru

Untuk batas wilayahnya, meliputi:

• Utara: Laut Jawa

• Timur: Kecamatan Teluknaga

• Selatan: Kecamatan Sepatan

• Barat: Kecamatan Sukadiri

Mayoritas penduduk setempat memiliki mata pencaharian petani, nelayan, serta buruh. Kecamatan ini juga memiliki beberapa objek wisata pantai dan religi.

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Untuk menuju Tigaraksa, dari Pakuhaji membutuhkan waktu sekitar 1 jam 2 menit.

Point of interest

Pasar ikan yang berada di Desa Surya Bahari merupakan salah satu pusat distribusi ikan ke seluruh kabupaten Tangerang.

Transportasi

Angkot G.02

Trayek: Pasar Baru - Kramat

Pusat keramaian

Beberapa pusat keramaian dan wisata yang dapat dikunjungi, adalah:

Pasar Pakuhaji

Pasar Bambu Baru

Pasar Ikan Surya Bahari

Wisata Pesisir Pantai

Wisata Kampung Nelayan Cituis

Wisata Persawahan

Wisata Religi Makam Syeh Kramat Panjang

Tanah Retak Pantai Anom

Fasilitas pendidikan

Beberapa fasilitas pendidikan yang ada di Pakuhaji, antara lain:

SDN Pakuhaji 1

SDN Pakuhaji II

SMA Gemilang 1 Pakuhaji

SDN PAKUHAJI IV

SMAN 20 Tangerang

SMPN 1 PAKUHAJI

SMP NEGERI 3 PAKUHAJI

SMPN 2 PAKUHAJI

SMK PLUS PAKUHAJI

Panongan

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Panongan memiliki luas wilayah sekitar 3.500 ha yang berbatasan dengan kecamatan Curug dan Cikupa. Kecamatan ini terdiri dari delapan desa/kelurahan, antara lain:

• Kelurahan Mekar Bakti

• Desa Peusar

• Desa Ciakar

• Desa Panongan

• Desa Ranca Iyuh

• Desa Serdang Kulon

• Desa Mekar Jaya

• Desa Ranca Kalapa

Sedangakan untuk batas wilayahnya meliputi:

• Sebelah Utara berbatas dengan Kecamatan Cikupa

• Sebelah Timur berbatas dengan Kecamatan Curug

• Sebelah Barat berbatas dengan Kecamatan Tiga Raksa

• Sebelah Selatan berbatas dengan Kecamatan Legok

Waktu tempuh menuju pusat perekonomian

Dari Panongan menuju Tigaraksa dapat ditempuh dalam waktu 25 menit. Jika ingin ke arah Cikupa hanya membutuhkan waktu 10 menit.

Pusat keramaian

Lugano Lake CitraRaya

Boston Eco Plaza

Ecoplaza Citra Raya

Pasar Panongan

Fasilitas pendidikan

Kecamatan Panongan memiliki fasilitas pendidikan yang baik, seperti:

SMPN 1 PANONGAN

SMP-SMK Citra Nusantara Panongan

SDIT - SMPIT - SMAIT Cordova 2 Panongan

SMK SMP Mandiri 79

Sekolah Citra Berkat

Pasar Kemis

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Pasarkemis terletak di sebelah barat Kabupaten Tangerang dengan luas wilayah 6.121,899 Ha. Kecamatan ini merupakan hasil pemekaran dari kecamatan Rajeg yang memiliki lima desa dan empat kelurahan, yaitu:

Desa:

• Pasarkemis

• Sukaasih

• Gelam Jaya

• Pangadegan

• Sukamantri

Kelurahan:

• Sindangsari

• Kutajaya

• Kutabumi

• Kutabaru

Pasarkemis terkenal sebagai kawasan padat penduduk dan salah satu kawasan industri di kabupaten Tangerang. Batas wilayahnya meliputi:

• Utara: Kecamatan Rajeg dan Kecamatan Sepatan

• Timur : Kecamatan Jatiuwung dan Kecamatan Periuk

• Selatan: Kecamatan Cikupa

• Barat : Kecamatan Sindang Jaya

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Pasarkemis menuju Cikupa membutuhkan waktu sekitar 26 menit. Jika ingin ke arah Tigaraksa, membutuhkan waktu 24 menit.

Transportasi

Angkot R.08 Trayek: Terminal Cimone - Pasar Kemis

Angkot E.09 Trayek: Pasar Kemis – Kronjo

Angkot A.01A Trayek: Cimone - Daon

Pusat keramaian

Amsterdam Water Park

Fun Park Water Boom

Taman Burung

Batavia Splash Water Adventure

Plaza Kutabumi

Giant Ekstra Permata

Pasar Kemis

Fasilitas pendidikan

SDN Sukaasih I

SDIT - SMP MUHAMMADIYAH PASAR KEMIS

Sekolah Tarsisius Vireta

SMP Negeri 1 Pasarkemis

SDS Penabur Ilmu

SDN Pasarkemis IV

SMK Tunas Harapan Pasarkemis

Rajeg

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Rajeg dikenal sebagai salah satu kawasan yang memiliki banyak perumahan kelas menengah ke bawah. Lokasinya yang cukup strategis menjadikan harga properti di wilayah ini sangat bersaing.

Kecamatan ini terdiri dari satu kelurahan dan 12 desa, yaitu:

• Kelurahan Sukatani

• Desa Jambukarya

• Desa Daon

• Desa Rancabango

• Desa Rajeg Mulya

• Desa Rajeg

• Desa Sukamanah

• Desa Pangarengan

• Desa Tanjakan

• Desa Tanjakan Mekar

• Desa Sukasari

• Desa Mekarsari

• Desa Lembangsari

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Jika ingin ke arah Tigaraksa, dari Rajeg membutuhkan waktu sekitar 28 menit

Transportasi

Angkot E.09 Trayek: Pasar Kemis – Kronjo

Angkot A.01A Trayek: Cimone – Daon

Pusat keramaian

Funpark Rajeg

Perumahan Rajeg City

Rajeg Gardenia

Rajeg Hill Residence

Mutiara Puri Harmoni Rajeg

Fasilitas pendidikan

SDN Rajeg V

SDN Rajeg I

SMP Negeri 1 Rajeg

SMA Daarul Archam

SMK Avicena Rajeg

SDIT Bani Yahya Soleman

Sepatan

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Sepatan sudah berkembang sangat pesat dengan infrastruktur jalan yang sudah beton dan akses Jembatan baru Kedaung Barat, pemerintah sudah menargetkan Sepatan sebagai daerah perumahan kelas menengah dengan konsep kota mandiri.

Masyarakat Sepatan berasal dari penduduk asli dan penduduk pendatang dengan keanekaragaman profesi, tinggal di lokasi perumahan dan pedesaan. Namun masyarakat yang ekonominya relatif rendah tinggal di perkampungan dengan sebagian besar mata pencahariannya adalah buruh,petani dan pedagang.

Kecamatan ini terdiri dari 8 desa/kelurahan, yaitu:

• Kelurahan Sepatan

• Desa Pisangan Jaya

• Desa Kayu Bongkok

• Desa Karet

• Desa Mekar Jaya

• Desa Sarakan

• Desa Kayuagung

• Desa Pondok Jaya

Saat ini sedang ada wacana akan adanya pemekaran wilayah baru yaitu Kabupaten Tangerang Utara. Semenjak adanya wacana ini, kini wilayah Sepatan mengalami perkembangan daerah yang cukup pesat dengan munculnya berbagai perumahan kelas menengah ke atas. Hal ini dianggap bahwa Sepatan merupakan salah satu pusat aktivitas, bisnis, dan ekonomi di masa depan.

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Sepatan menuju Tigaraksa membutuhkan waktu sekitar 48 menit. Jika ingin menuju Tangerang Kota dapat ditempuh dalam waktu 30 menit.

Transportasi

Angkot R.03 Trayek: Kotabumi - Pasar Anyar

Angkot A.01A Trayek: Cimone – Daon

Angkot G.01 Trayek: Pasar Baru – Kronjo

Angkot G.03 Trayek: Kotabumi - Terminal Kali Deres

Pusat keramaian

Golden City

Perumahan Permata Sepatan

Duta Asri palem 1

Duta Asri Palem 5

Duta Asri palem 7

Tangerang Residence

Grand CITY

Gardenia Sepatan

Perumahan Sepatan Viola

Fasilitas pendidikan

SMP Negeri 1 Sepatan, SMP Negeri 2 Sepatan, SMP Negeri 3 Sepatan, SMA Negeri 11 Kabupaten Tangerang, dan SMK Negeri 2 Kab. Tangerang, SDN Sepatan 1, SDN Sepatan 2, SDN Sepatan 3, SDN Sepatan 4, SDN Sepatan 5, SDN Sarakan 1, SDN Sarakan 2, Sekolah swasta Yayasan Awwabin yang terdiri dari TK, SDIT, MTs, Madrasah Aliyah (MA), dan sekolah swasta lainnya, seperti : SMA MKGR Sepatan, SMK AZ-Zahra Sepatan, SMP PGRI Sepatan

Sepatan Timur

panduan lengkap kabupaten tangerang

Sepatan Timur adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang. Kecamatan ini merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Sepatan. Wilayahnya yang berdekatan dengan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta dan Provinsi DKI Jakarta membuat masyarakat yang menetap di Sepatan Timur bekerja di luar daerahnya.

Kecamatan ini terdiri dari 6 desa, yaitu:

• Desa Sangiang

• Desa Tanah Merah

• Desa Lebak Wangi

• Desa Jatimulya

• Desa Kedaung Barat

• Desa Gempolsari

Untuk batas wilayahnya meliputi:

• Utara Kecamatan Pakuhaji

• Timur Kecamatan Teluknaga dan Kecamatan Neglasari

• Selatan Kecamatan Periuk

• Barat Kecamatan Sepatan

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Sepatan Timur menuju Tangerang Kota membutuhkan waktu sekitar 26 menit

Fasilitas pendidikan

Daftar Sekolah yang berada di Wilayah Kecamatan Sepatan Timur

SMA Negeri 25 Kab. Tangerang

SMA Mulia Budi

SMA Global Tangerang

SMA Bina Putra

SMA Cemerlang

SMP Negeri 1 Sepatan Timur

SMP Bina Putra

SDN Negeri 1 Kedaung Barat

SDN Negeri 3 Kedaung Barat

TK Islam Mutiara Angkasa

MI Ibnu Abbas

MI Nurul Iman

Sindang Jaya

panduan lengkap kabupaten tangerang

Sindang Jaya adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang. Kecamatan ini merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Pasar Kemis.

Kecamatan ini terdiri dari tujuh desa, antara lain:

• Desa Badak Anom

• Desa Sindang Sono

• Desa Sindang Asih

• Desa Wana Kerta

• Desa Sindang Jaya

• Desa Suka Harja

• Desa Sindang Panon

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Sindang Jaya menuju Tigaraksa hanya membutuhkan 7 menit.

Pusat keramaian

Hutan Jati Raya Sindang Panon

Sungai Cimanceuri

Pasar Ps. Kemis

Fasilitas pendidikan

SMPN 1 Sindang Jaya

SDN Sindangjaya I

SDN Sindangjaya IV

Sekolah Al Amanah

SMA Negeri 13 Kab. Tangerang

TK/SD Harapan Bangsa

SMP PGRI 338 SINDANGSONO

Solear

panduan lengkap kabupaten tangerang

Solear adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Kecamatan ini merupakan hasil pemekaran dari Kecamatan Cisoka. Solear memiliki salah satu destinasi wisata religi yang cukup terkenal yaitu Situ Makam Kramat Solear. Wisata ini sering dikunjungi oleh masyarakat pada akhir pekan.

Kecamatan Solear terdiri dari tujuh desa, yaitu:

• Desa Cikareo

• Desa Cikasungka

• Desa Cikuya

• Desa Cireundeu

• Desa Munjul

• Desa Pasanggrahan

• Desa Solear

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Solear menuju Tigaraksa hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit

Point of interest

Situs Makam Keramat Solear erat kaitanya dengan sejarah penyebaran islam di wilayah Banten. Dari cerita turun temurun makam kramat dan kera-kera yang berada di area makam sudah ada sejak abad ke 16. Menurut cerita, pada saat ulama besar tersebut tutup usia para pengikutnya bersumpah untuk menjaga makam Syekh Mas Masyad dengan menjelma menjadi kera. Kata warga sekitar, kera-kera ini tidak pernah berkurang ataupun bertambah jumlahnya meski sudah berusia ratusan tahun.

Pusat keramaian

Sarang Godzila Tebing Koja

Cisoka Telaga Biru (CIGARU)

Makam Keramat Solear

Fasilitas pendidikan

SMP Negeri 2 Solear

SMP Negeri 1 Solear

SMK NUSANTARA SOLEAR

SMAN 27 KAB. TANGERANG

SMKN 9 Kab. Tangerang

SD Negeri Cikuya III

SMPN 6 Cikasungka Solear

Sukadiri

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Sukadiri adalah hasil pemekaran dari kecamatan Mauk. Sukadiri terletak di sebelah utara dan termasuk dalam jalur Pantura. Kecamatan ini terdiri dari delapan desa, yaitu:

• Desa Gintung

• Desa Mekar Kondang

• Desa Buaran Jati

• Desa Kosambi

• Desa Rawa Kidang

• Desa Sukadiri

• Desa Karang Serang

• Desa Pekayon

Sedangkan untuk batas wilayahnya meliputi:

• Utara Laut Jawa

• Timur Kecamatan Pakuhaji

• Selatan Kecamatan Rajeg dan Kecamatan Sepatan

• Barat Kecamatan Mauk

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Untuk menuju Tigaraksa dibutuhkan perjalanan selama 1 jam 13 menit.

Pusat keramaian

Pantai Karang Serang

Fasilitas pendidikan

SDN SUKADIRI

SMPN 1 Sukadiri

SMAN 21 Kab. Tangerang

MAN 3 TANGERANG

SMK Kesehatan Bina Prestasi Tangerang

Sukamulya

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Sukamulya adalah salah satu kecamatan terkecil di kabupaten Tangerang. Kecamatan ini adalah hasil pemekaran dari kecamatan Balaraja. Sukamulya dilalui oleh beberapa jalan nasional seperti Jalan Raya Kresek dan Jalan Tol Tangerang-Merak.

Sukamulya terdiri dari delapan desa, yaitu:

• Desa Benda

• Desa Bunar

• Desa Buniayu

• Desa Kaliasin

• Desa Kubang

• Desa Merak

• Desa Parahu

• Desa Sukamulya

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Sukamulya menuju Tigaraksa, membutuhkan waktu selama 41 menit.

Pusat keramaian

Pasar Pasirampo

Pasar Benda

Pasar Balaraja

Pasar Tradisional Balaraja Mas Baru

Teluknaga

panduan lengkap kabupaten tangerang

Teluknaga merupakan kecamatan yang memiliki lokasi terdekat untuk mengakses ke Bandara Soekarno-Hatta, dengan melewati pintu "M1" (pintu belakang Bandara Soekarno-Hatta), yang biasanya diakses bagi masyarakat Kota Tangerang untuk masuk ke Bandara.

Teluknaga merupakan kecamatan yang cukup mengalami kemajuan yang cukup pesat jika dibandingkan dengan kecamatan lainnya yang berada di sekitar Kabupaten Tangerang, apabila dilihat dari infrastruktur jalan yang baik dan transportasi yang tersedia selama 24 jam.

Kecamatan ini terdiri dari13 desa, yaitu:

• Desa Babakan Asem

• Desa Bojong Renged

• Desa Kampung Besar

• Desa Kampung Melayu Barat

• Desa Kampung Melayu Timur

• Desa Kebon Cau

• Desa Lemo

• Desa Muara

• Desa Pangkalan

• Desa Tanjung Burung

• Desa Tanjung Pasir

• Desa Tegal Angus

• Desa Teluknaga

Kampung Kali Mati adalah kampung yang berada di desa Kampung Melayu Barat, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Indonesia. Kampung ini memiliki banyak keunikan dibandingkan desa-desa lain di kecamatan ini. Meskipun di kampung ini paling banyak didominasi oleh mayoritas Tionghoa namun masyarakat di kampung ini hidup rukun dengan penganut agama lainnya

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Teluknaga menuju Tigaraksa membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sedangakan untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta memutuhkan waktu 40 menit.

Transportasi

Angkot Pintu Air - Kampung Melayu -Teluk Naga

Pusat keramaian

Taman Buaya Tanjung Pasir

Travel Mangroove Forests

Pantai Muara Kecil

Teluk Naga Mas - Taman Wisata & Edukasi

Pasar Teluk Naga

Fasilitas pendidikan

SDN TELUKNAGA 1

SDN TELUKNAGA 2

SDN TELUKNAGA 3

SMP AL JUMHURIYAH

SMK TELUKNAGA

SMA AL JUMHURIYAH

MTs AL HASANIYAH

MA AL HASANIYAH

SDN 01 Kampung Melayu

SDN 02 Kampung Melayu

SDN 03 Kampung Melayu

SDN 05 Kampung Melayu

SDN Kampung Melayu VI

MI Al Hikma Pangkalan Teluknaga

SDIT At-Taqwa Garuda

SMPN 01 Teluknaga

SMPN 02 Teluknaga

SMPN 03 Teluknaga

SMP Islam Al Hikma Teluknaga

SMAN 01 Teluknaga (sekarang menjadi SMAN 12 Kabupaten Tangerang)

SMK Al Hikma Teluknaga

Tigaraksa

panduan lengkap kabupaten tangerang

Kecamatan Tigaraksa adalah pusat pemerintahan serta ibu kota dari kabupaten Tangerang. Kecamatan ini memiliki luas wilayah sebesar 5.279 ha. Wilayah Tigaraksa terkenal memiliki banyak perumahan kelas menengah serta sebagai pusat aktivitas warga.

Tigaraksa terdiri dari 14 desa/kelurahan, yaitu:

• Desa Cisereh

• Desa Pasir Nangka

• Desa Pematang

• Desa Pete

• Desa Tegalsari

• Desa Mata Gara

• Kelurahan Kadu Agung

• Desa Marga Sari

• Desa Sodong

• Desa Tapos

• Desa Bantar Panjang

• Desa Cileles

• Kelurahan Tigaraksa

Jika merunut kepada legenda rakyat dapat disimpulkan bahwa cikal-bakal Kabupaten Tangerang adalah Tigaraksa. Dalam riwayat diceritakan, bahwa saat Kesultanan Banten terdesak oleh Agresi Militer Belanda pada pertengahan abad ke-16, diutuslah tiga maulana yang berpangkat Tumenggung untuk mem­buat perkampungan pertahanan di wilayah yang berbatasan dengan Batavia. Ketiga Tumenggung itu adalah, Tumenggung Aria Yudhanegara, Aria Wangsakara, dan Aria Jaya Santika. Mereka segera mem­bangun basis pertahanan dan pemerintahan di wilayah yang kini dikenal sebagai kawasan Tigaraksa.

Waktu tempuh ke pusat perekonomian

Dari Tigaraksa menuju Cikupa membutuhkan waktu 22 menit. Sedangkan jika ke arah Balaraja membutuhkan waktu sekitar 20 menit

Point of interest

Tigaraksa adalah pusat pemerintahan dan ibu kota dari kabupaten Tangerang.

Transportasi

Angkot A.06 Trayek: Terminal Cimone – Tigaraksa

Angkot E.10 Trayek: Curug - Tigaraksa

Pusat keramaian

Tigaraksa waterboom

Pasar Tigaraksa

Taman Adiyasa

Alun-alun Tangerang

Perum Mustika

Puri Permai

Perum Tigaraksa

Pesona Helikonia

Panca Wirasakti

Pesona Teratai

Pesona Nusa Indah

Villa Tatira

Fasilitas pendidikan

SMKS PUSTEK MITRA TIGARAKSA

SMKS YARSI MEDIKA

SMA IT RUHUL JADID

SMAN 18 KABUPATEN TANGERANG

SMAN 6 KABUPATEN TANGERANG

SMAS ADRIA PRATAMA MULYA RIDING SCHOOL

SMAS AL HUSNA TIGARAKSA

SMAS AL MUBAROK

SMAS PGRI 58 TIGA RAKSA


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome - PINtar jual beli sewa properti.