Langit-langit ruangan atau sering di sebut plafon adalah salah satu tambahan pada bangunan sebagai pelengkap dan juga sebagai pembatas antara ruangan dengan atap . fungsi utamanya adalah supaya ruangan kelihatan bersih dan juga rapi . karena langit langit atau plafon adalah salah satu aspek yang sangat di perhatikan sebagai salah satu factor keindahan dan kerapian suatu interior dari bangunan . langit-langit dapat di buat dari beberapa macam dan dengan model yang di sukai oleh penghuni rumah tersebut, mulai dari langit-langit kayu, grc, gypsum, eternit, anyaman bamboo, bahkan bisa menggunakan triplek.

Untuk langit-langit ,pada jaman sekarang yang paling sering digunakan adalah dari bahan gypsum, karena dari bahan ini hasilnya lebih bagus dan lebih rapi, selain itu menggunakan gypsum dapat lebih mudah digunakan atau di buat variasi-variasi seperti drop ceiling, ceiling up dsb . selain mempunyai kelebihan, plafon gypsum juga mempunyai kekurangan, yaitu tidak tahan terhadap air, kalau terkena air bisa menyebabkan gypsum rusak . maka dari itu sebelum memasang plafon pastikan atap rumah anda dalam kondisi yang baik dan tidak bocor . apabila bocor nanti akan sia sia karena plafon gypsum yang anda pasang akan rusak . karena gypsum tidak tahan terhadap air . untuk finishing plafond gypsum adalah yang paling mudah pengerjaannya . itulah kelebihan menggunakan bahan penutup langit langit berbahan gypsum . tapi untuk penggunaan kembali lagi ke selera pemilik rumah , jika ingin rumahnya memiliki aksen unik dan dengan nilai artistic tinggi maka kayu adalah pilihan utamanya

Rangka plafon, untuk memasang semua jenis penutup langit – langit diatas, perlu di pasang rangka plafon terlebih dahulu . rangka itu sendiri bisa menggunakan bermacam – macam bahan , bisa menggunakan kayu, dan metal furing, dan bisa juga menggunakan rang besi hollow . untuk plafond gypsung kebanyakan menggunakan rangka galvalum . tapi bisa juga menggunakan kayu maupun metal furing, tapi lebih disarankan menggunakan galvalum karena pengerjaannya cepat dan mudah dalam membetuk atau dibuat mainan hiasan seperti drop ceiling maupun ceiling up . untuk harganya pun menggunakan rangka galvalum juga lebih terjangkau dibandingkan menggunakan kayu .

Penerangan, penerangan lampu disarankan menggunakan yang model down light, hasil menggunakan down light memiliki kesan lebih rapid an elegan dari pada menggunakan lampu yang menonjol . untuk jumlah titiknya ga ada kriteria khusus, sesuai kesukaan pemilik, dalam 1 ruangan bisa menggunakan 1 titik lampu dan bisa juga menggunakan 4 titik lampu . dan jika anda membuat ceiling up maupun ceiling drop, anda bisa menambahkan lampu keliling untuk menghias plafon anda .