Perbedaan listrik pascabayar dan prabayar yang akan dibahas kali ini bisa menjadi pertimbangan sebelum akhirnya memilih salah satunya. Apa perbedaan, kelebihan, serta kekurangan listrik pascabayar dan prabayar? Scroll ke bawah, yuk!

Listrik sudah menjadi kebutuhan bagi manusia untuk bisa menjalankan kehidupan yang sudah modern seperti sekarang ini. Dulu, mungkin Pins masih bisa hidup tanpa sumber listrik. Tapi, sekarang ini sudah banyak barang dan aktivitas yang membutuhkan keberadaan listrik, misalnya saja untuk penerangan, charger ponsel, TV dan masih banyak lagi. Hampir seluruh aspek kehidupan membutuhkan sumber listrik sehingga penting untuk memilih sumber listrik jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan Pins.

Listrik prabayar adalah inovasi terbaru dari PLN dalam menyediakan sumber listrik untuk masyarakat. Jika sebelumnya Pins hanya mengenal listrik pascabayar, sekarang sudah banyak orang yang beralih dari penggunaan listrik pascabayar menjadi listrik prabayar atau listrik pulsa untuk kebutuhan rumah tangga.

listrik pascabayar atau prabayar
Contoh meteran listrik prabayar dari PLN (Wikipedia)

Sebelum memilih untuk memasang listrik pascabayar atau listrik prabayar, tentu Pins harus mengetahui kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan begitu, perbedaan listrik pascabayar dan prabayar bisa menjadi pertimbangan bagi Pins yang ingin memasang sumber listrik untuk kebutuhan rumah tangga atau sehari-hari.

Untuk lebih lengkapnya, Pinhome akan membahas satu per satu kelebihan dan kekurangan dari listrik pascabayar dan juga dari listrik prabayar. Baru kemudian, Pins bisa memilih sumber listrik mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan Pins.

Perbedaan Listrik Pascabayar dan Prabayar Listrik: Kekurangan Listrik Pascabayar

Bagi Pins yang sudah pernah menggunakan listrik pascabayar pasti mengerti betul bagaimana kekurangan yang dimiliki sumber listrik PLN yang satu ini. Perbedaan listrik pascabayar dan prabayar bisa Pins ketahui melalui kekurangan yang dimiliki keduanya sehingga bisa menjadi pertimbangan untuk memilih listrik sumber pascabayar atau prabayar.

Kekurangan yang pertama dari listrik pascabayar adalah pemakaian bisa melampaui batas sehingga tagihan pun bisa membengkak. Tidak ada catatan berapa biaya atau tagihan yang harus dibayarkan dari pemakaian listrik sehingga pemakaian secara boros pun bisa terjadi. Perbedaan listrik pascabayar dan prabayar ini berkaitan dengan besaran tagihan.

listrik pascabayar atau prabayar
Jika tidak dikontrol dengan baik, tagihan penggunaan listrik pascabayar bisa membengkak di akhir bulan (Unsplash)

Kekurangan lainnya adalah kemungkinan terjadinya pemadaman listrik oleh PLN apabila terjadi penunggakan listrik. Tagihan listrik harus dibayarkan selama sebulan sekali dan biasanya akan diberikan tenggat waktu selama tiga bulan. Jika melebihi waktu tersebut, maka listrik akan dipadamkan dan ini menjadi perbedaan listrik pascabayar dan prabayar.

Kekurangan terakhir dari listrik pascabayar adalah kurangnya privasi. Hal ini dikarenakan adanya petugas PLN yang kerap masuk ke pekarangan rumah untuk melakukan pencatatan meteran. Beberapa orang mungkin akan risih dengan masuknya orang lain di pekarangan sehingga penting memperhatikan perbedaan listrik pascabayar dan prabayar.

Perbedaan Listrik Pascabayar dan Prabayar Listrik: Kelebihan Listrik Pascabayar

Seperti yang Pins tahu jika segala sesuatunya pasti ada kelebihan dan kekurangan, sama juga dengan listrik pascabayar. Perbedaan listrik pascabayar dan prabayar bisa dilihat dari kelebihan masing-masing sumber listrik PLN. Kelebihan listrik pascabayar yang pertama adalah listrik yang selalu tersedia hingga akhir bulan.

Listrik pascabayar memungkinkan Pins membayar tagihan di akhir bulan sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Jadi, selama pemakaian listrik masih di bawah daya dari sumber listrik di rumah maka Pins masih bisa memanfaatkan listrik tersebut tanpa takut mati atau kehabisan pulsa seperti listrik prabayar.

Sumber listrik ini hanya akan mati jika ada gangguan atau pemadaman dari pusat PLN sehingga Pins tidak perlu khawatir karena listrik ini tidak akan mati di tengah waktu, seperti yang sering terjadi pada listrik prabayar. Inilah perbedaan listrik pascabayar dan prabayar yang harus Pins perhatikan.

Baca juga: Tips Beli Rumah Yang Harus Dilakukan Agar Tidak Salah Pilih

Kelebihan lain dari pemakaian listrik pascabayar adalah adanya petugas PLN yang datang untuk melakukan pencatatan pemakaian listrik di rumah Pins. Hal ini bisa berfungsi sebagai pengawasan atas pemakaian listrik yang terkadang lupa untuk diperhatikan, apalagi untuk mengabaikan perbedaan listrik pascabayar dan prabayar.

Pencatatan ini dilakukan oleh petugas yang profesional dan berpengalaman sehingga catatan pun lebih teliti. Penggunaan petugas yang profesional berguna untuk meminimalisasi kesalahan yang mungkin terjadi. Perbedaan listrik pascabayar dan prabayar ini juga harus Pins perhatikan sebelum akhirnya memilih salah satu di antaranya untuk rumah tangga.

Kekurangan Listrik Prabayar yang Perlu Diketahui Penggunanya

Sebelum memilih listrik pascabayar, Pins juga bisa memilih listrik prabayar namun jangan lupa untuk memperhatikan kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Perbedaan listrik pascabayar dan prabayar bisa dilihat dari kekurangan yang dimiliki oleh listrik prabayar dan berikut akan dijelaskan beberapa kelemahannya secara lebih detail.

Kekurangan yang pertama penggunaan listrik prabayar adalah mengharuskan Pins mengingat kapan terakhir membeli pulsa listrik. Hal ini sebenarnya cukup fleksibel dan tergantung pada kebutuhan masing-masing orang atau penggunanya. Mengingat waktu pembelian pulsa listrik bisa bermanfaat sebagai bentuk pengawasan terhadap pemakaian listrik agar tahu berapa pengeluaran satu bulan untuk listrik.

listrik pascabayar atau prabayar
Karena listrik prabayar dapat habis sewaktu-waktu, perlu dicatat kapan Pins harus melakukan isi ulang (Pexels)

Ketika listrik prabayar bisa mati kapan saja ketika pulsa habis, perbedaan listrik pascabayar dan prabayar ini bisa terlihat. Meteran listrik prabayar sudah dilengkapi dengan alarm yang akan mengingatkan Pins jika pulsa listrik tinggal sedikit atau mau habis. Namun, tak jarang Pins pun lupa membeli.

Jika Pins lupa membeli pulsa dan kemudian pulsa habis, maka listrik akan mati secara otomatis. Untuk bisa menyalakan kembali, Pins harus membeli pulsa listrik terlebih dahulu dan memasukkan kode voucher agar listrik bisa digunakan kembali. Hal inilah yang menjadi perbedaan listrik pascabayar dan prabayar.

Pembayaran listrik melalui petugas PLN membuat Pins memiliki catatan berapa saja tagihan yang Pins bayarkan selama penggunaan listrik. Berbeda dengan listrik prabayar yang tidak melibatkan petugas PLN sehingga Pins pun tidak memiliki catatan mengenai penggunaan listrik kecuali dari struk token pembayaran itu sendiri.

Kelebihan Listrik Prabayar yang Akan Dirasakan oleh Penggunanya

Di balik kekurangan penggunaan listrik prabayar, Pins juga harus memahami perbedaan listrik pascabayar dan prabayar sebelum memilihnya. Penggunaan listrik prabayar ternyata memiliki banyak kelebihan yang tidak Pins dapatkan dari penggunaan listrik prabayar selama ini. Kelebihan pertama adalah pemakaian listrik lebih terkendali karena bisa habis sewaktu-waktu.

Kelebihan kedua adalah tidak ada sanksi denda pemutusan karena jika Pins tidak mengisinya dengan pulsa maka Pins tidak bisa menggunakan listrik tersebut. Pins baru bisa menikmati penggunaan listrik apabila sudah mengisinya dengan pulsa listrik. Selain itu, tidak ada denda keterlambatan pembayaran yang berlaku di pascabayar.

Perbedaan listrik pascabayar dan prabayar juga bisa dilihat dari pembelian listrik. Pulsa listrik prabayar tersedia dalam beberapa nominal, mulai dari Rp 20.000 sehingga Pins bisa menyesuaikan sendiri dengan kebutuhan dan budget yang ada. Selama Kwh masih tersisa, listrik masih bisa digunakan sehingga tidak ada yang terbuang.

Penggunaan listrik prabayar juga memungkinkan Pins terbebas dari biaya beban bulanan yang biasanya ditanggungkan pada pengguna listrik pascabayar. Dengan kelebihan ini, Pins menjadi lebih mudah untuk memahami perbedaan listrik pascabayar dan prabayar. Tinggal Pins memilih sumber listrik mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan.

Setelah memahami kelebihan dan kekurangan dari listrik pascabayar dan listrik prabayar tentu membuat Pins lebih bijak dalam menentukan pilihan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing sehingga pilihan yang terbaik adalah memilih sesuai dengan kebutuhan terlepas dari perbedaan listrik pascabayar dan prabayar yang sudah Pins bahas.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome - PINtar jual beli sewa properti.