Tanpa kita sadari, pemilihan warna cat rumah minimalis ternyata ikut mempengaruhi keadaan emosional kita sebagai penghuninya. Bahkan ada beberapa warna yang memberi efek psikologis yang sangat kuat terhadap pikiran dan juga keseimbangan pengelihatan kita. Inilah yang memperkuat alasan kenapa kita harus mulai memperhatikan perpaduan warna pada rumah kita.

Rumah menjadi tempat kita memulai aktivitas, menghabiskan waktu, membuat kenangan dan juga tempat kita untuk berkumpul dan beristirahat setelah lelah bekerja seharian penuh. Pemilihan warna terhadap bagian interior dan eksterior rumah ternyata cukup memberikan dampak yang lumayan besar terhadap keadaan psikologi kita sehari-harinya. Pemilihan warna yang keliru bisa menimbulkan gelombang energi yang tidak cocok untuk kita.

Berikut beberapa referensi penggunaan warna cat rumah minimalis yang bisa Pins terapkan di rumah, lengkap dengan penjelasan dampaknya:

1. Beri kesan lembut dengan warna biru tua
Saat ini warna biru tua banyak menjadi pilihan warna utama untuk rumah minimalis. Tak heran, karena warna biru memberikan kesan lembut yang terkesan tidak berlebihan pada ruangan. Pemilihan warna biru tua pun cocok untuk generasi keluarga Milenials yang ingin rumahnya terkesan fun, elegan tapi juga tetap nyaman untuk ditinggali. Warna biru tua dengan kesan lembutnya sangat cocok dipadupadankan dengan dekorasi visual yang pas dan tidak berlebihan agar tetap bisa memberikan efek sejuk dan juga terang pada area tersebut.

warna cat rumah minimalis
Tak hanya di dalam ruangan, warna biru tua juga dapat diaplikasikan di teras untuk mendapatkan nuansa hangat dan lembut (Unsplash)

2. Hadirkan kesan alami dengan warna hijau tua
Dengan efek alami dan nyaman yang dimilikinya, warna hijau tua juga merupakan salah satu warna yang paling diminati untuk rumah minimalis. Jika ditempatkan sebagai warna dominan dalam desain interior, ruangan tersebut akan terasa mendapatkan kehadiran dari hawa segar dan juga sejuk. Jadi sebisa mungkin Pins menempatkan warna hijau tua ini pada ruangan sentral yang ukurannya lebih besar atau mendominasi rumah. Hindari mengecat warna hijau tua pada ruangan yang kecil karena warna-warna gelap membuat suatu ruangan terasa lebih kecil.

warna cat rumah minimalis
Cat hijau tua dengan dekorasi lampu berbentuk burung dan corak bantal floral bikin ruangan ini jadi lebih segar kan, Pins! (Unsplash)

3. Nikmati ruangan yang terasa hangat dengan warna hazelnut
Warna hazelnut akan memberikan kesan hangat dan juga natural pada rumah minimalis. Pemilihan warna hazelnut pada rumah minimalis juga bisa dinilai sebagai pilihan cerdas karena kita akan lebih mudah untuk mengkombinasikannya dengan berbagai furnitur dan perabotan yang ada di dalam rumah karena warnanya yang natural sehingga bisa disandingkan dengan berbagai macam barang dan juga dekorasi. Ada baiknya untuk memberikan warna hazelnut ini kepada ruangan yang minim pencahayaan karena akan membuatnya terasa lebih terang.

warna cat rumah minimalis
Karena netral, warna hazelnut bisa menciptakan kesan hangat tanpa bertabrakan dengan warna perabotanmu yang lain, Pins! (Pinterest)

4. Hadirkan kesan klasik dengan warna mustard
Kalau Pins tidak cocok dengan warna hazelnut, kita bisa memilih warna mustard yang kesannya agak mirip dengan warna hazelnut. Warna mustard sebenarnya memberikan kesan klasik yang cukup kuat pada suatu ruangan, ketika memadu-padankannya, akan jauh lebih baik untuk memilih perabotan ataupun dekorasi yang bernada warna emas. Perpaduan warna emas dan mustard akan tampak jauh lebih kental, mewah dan juga elegan, karena itulah ada baiknya Pins memilih warna mustard ini sebagai aksen pada satu sisi dinding saja.

(wow1day)

Pemilihan warna cat rumah minimalis bisa memberikan sentuhan estetik yang besar pada rumah minimalis kita. Hanya dengan memilih warna yang baik, kita mampu mempercantik rumah dengan berbagai kombinasi warna yang mempunyai efek positif kepada rumah kita sehingga hunian tidak hanya indah dipandang namun juga sangat nyaman untuk ditingali.

Baca juga: Inilah Warna Cat Rumah Terbaru 2020

Jika Pins masih merasa kesulitan, berikut ada referensi dan kombinasi warna cat rumah minimalis yang kita bisa pilih:

1. Kombinasi warna-warna sejuk dan juga hangat
Seperti namanya, warna-warna sejuk ini biasanya dengan mudah kita temukan di alam luas. Namun, bukan berarti warna ini bisa diterapkan di berbagai ruangan pada rumah kita. Warna-warna yang hangat dan sejuk tidak cocok untuk ditempatkan di tempat tidur karena justru menstimulus pengelihatan dan memicu bekerja otak kita sekali lagi sehingga kita tidak bisa beristirahat secara tenang. Sebaliknya, cobalah untuk meletakkan warna-warna hangat ini di ruangan yang biasanya berisi orang-orang yang ingin bersosiolisasi seperti ruang tamu, ruang makan, dapur dan juga ruang berkumpul keluarga. Pencahayaan juga penting untuk memaksimalkan efek warna-warna cat yang terkesan sejuk dan hangat. Pilihlah jenis lampu yang cocok agar bisa meningkatkan kesan hangat seperti warna kuning yang cocok untuk warna gelap sedangkan lampu warna putih untuk warna ruangan yang lebih hangat.

warna cat rumah minimalis
Ternyata perpaduan warna hazelnut dengan ungu bisa jadi menarik ya, Pins! Bikin ruangan jadi kelihatan lebih "hidup" (Appie)

2. Membuat kombinasi warna dingin
Warna-warna dingin biasanya terinspirasi dari warna langit, laut ataupun rumput, sehingga bisa menimbulkan kesan ketenangan terhadap setiap ruangan. Untuk mendapatkan rumah yang terkesan tenang, sebaiknya jatuhkan pilihan warna-warna dingin pada kamar tidur dan juga ruang tamu. Buatlah jendela yang besar agar Pins bisa mempertahankan efek segar yang ada pada warna-warna dingin. Pins juga bisa memakai lampu berwarna putih saat malam hari agar efek menenangkannya semakin terasa.

warna cat rumah minimalis
Agar tak tampak terlalu mencekam, padukan warna-warna dingin dengan fitur arsitektur rumah, seperti jendela yang besar (Crismatec)

3. Padukan warna hangat dan warna dingin
Dan siapa sangka, kombinasi warna-warna hangat dan juga warna-warna dingin bisa membuat suatu ruangan terlihat indah dan juga terasa nyaman dalam waktu yang bersamaan? Seperti warna putih, hitam dan abu-abu dalam satu waktu bersamaan. Ketika warna abu-abu dan hitam dipadukan dengan warna putih, maka akan timbul kesan muda, modern, lembut dan juga menenangkan dalam satu waktu yang bersamaan. Ketiga warna ini seperti warna putih, abu-abu dan juga hitam juga bisa membuat ruangan yang kecil dan sempit terasa lebih lapang. Warna-warna ini juga bisa menghadirkan kesan santai dan membuat ruangan terasa lebih cerah meskipun hanya sedikit mendapatkan pencahayaan alami di dalamnya.

warna cat rumah minimalis
Permainan kontras warna dingin dan hangat seperti ini bisa kamu lakukan di ruang keluarga supaya menciptakan kesan dinamis (Pinterest)

Jika Pins berencana menghadirkan warna putih, hitam dan abu-abu sebagai warna cat rumah minimalis, pastikan untuk memadukannya dengan warna lain yang lebih terang atau mengkombinasikannya dengan warna gelap dari jenis warna yang sama. Ketiga warna ini bisa membuat suatu ruangan terasa formal dan professional, jadi sangat cocok jika Pins ingin menerapkannya pada ruang kerja atau studio. Atau, Pins juga bisa memakai ketiga warna ini pada kamar yang ukurannya besar dan juga memiliki banyak sumber pencahayaan yang alami. Ketidakseimbangan dari warna abu-abu, hitam dan juga putih bisa membuat ruangan tersebut terasa mencekam dan juga misterius. Sangat tidak disarankan untuk rumah minimalis yang Pins tinggali bersama keluarga. Kuncinya, Pins harus menemukan keseimbangan diantara ketiga warna tersebut untuk memunculkan estetik pada rumah.

Nah, itulah beberapa informasi kombinasi warna yang bisa Pins terapkan sebagai warna cat rumah minimalis. Kombinasi warna apa yang menjadi favorit Pins?

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome - PINtar jual beli sewa properti.