Fasilitas pelengkap rumah adalah  komponen-komponen yang mendukung kelengkapan sarana dari rumah itu sendiri, dan sebuah rumah tinggal harus mempunyai komponen-komponen tambahan sebagai fasilitas yang memenuhi syarat ataupun membuat penghuninya nyaman . Komponen-komponen tersebut diantaranya adalah listrik sebagai penerangan, sumur atau PAM sebagai sumber air bersih , saluran air kotor beserta tampungan buangannya seperti septictank dan sumur resapan . dan jika ingin lebih baik maka disarankan untuk menmbuat saluran buangan khusus untuk air hujan ( sumur resapan air hujan ), selain untuk menghindari banjir sumur resapan air hujan juga berfungsi menyimpan kembali air yang dilimpahkan oleh kedalam tanah sebagai cadangan air bersih di bumi. Kita juga harus memelihara bumi dan juga memperhatikannya , terutama masalah air bersih yang ada di dalam bumi, karena air adalah sumber kehidupan makhluk hidup dan kita juga sangat membutuhkan air itu .

fasilitas pelengkap rumah

Diatas adalah komponen pelengkap utama, tapi kita juga tidak boleh melupakan komponen komponen lain guna mendukung kebersihan dan kenyamanan saat kita menempatinya . komponen tersebut antara lain adanya pintu dan jendela yang cukup, guna memperlancar sirkulasi udara dan juga cahaya. Lantai, untuk soal lantai tergantung dari kondisi ekonomi masing  - masing dari pemilik rumah tersebut, baik dari hanya rabat ataupun ubin, keramik atau bahkan lantai yang memiliki aksen mewah seperti lantai granit, marmer maupun parquet . pelapis atau finishing pada dinding, untuk finishing dinding ini sangat mempengaruhi keindahan, kerapian, kebersihan, dan juga kenyamanan pada rumah. Untuk finishing dinding itu sendiri bisa menggunakan plester saja atau plester + aci lalu dicat . dsb . penutup langit – langit atau yang sering di kenal dengan nama plafon, plafon berfungsi sebagai pembatas antara ruangan dengan atap, banyak bahan yang bisa digunakan sebagai penutup langit – langit antara lain gypsum, kayu, anyaman bamboo, grc , dll . lampu yang cukup, lampu yang cukup akan membuat rumah anda terlihat lebih terang dan juga lebih mewah  . apalagi kalau anda mampu menambahi hiasan atau tambahan ornament lampu hias pasti akan membuat rumah anda lebih elegan . dan fasilitas pelengkap lain adalah taman maupun penghijauan untuk rumah tinggal anda, karena adanya taman akan sangat berpengaruh dengan kenyamanan anda dalam menempati rumah tersebut, semakin bersih dan semakin indah rumah yang anda miliki, maka akan semakin nyaman juga anda dalam menghuninya .

Untuk kelengkapan rumah ini semua tergantung kondisi ekonomi anda, apabila anda mampu membuat runag tinggal atau hunian anda senyaman mungkin itu lebih baik, akan tetapi apabila kondisi ekonomi atau keuangan anda mepet, maka dahulukan factor terpenting dahulu seperti listrik dan lampu guna penerangan rumahs, air bersih, dan juga saluran dan pembuangan air kotor dan air hujan .