Melihat burung-burung terbang dengan ocehan yang indah memang membuat para pecinta burung terkagum-kagum terhadap makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan burung dengan suara indah tak terkecuali dengan burung trucukan. Saat burung trucukan anda tidak bisa berbunyi maka anda bisa lakukan cara mengatasi trucukan macet bunyi yang ada pada artikel ini.

Di samping kicau burung trucukan yang keras dank has, trucukan juga sangat mudah didapat dengan harga yang cukup murah hanya sekitar 50 – 80rb saja. Tetapi burung trucukan tetap mempunyai banyak penggemar hingga saat ini. Namun tak heran jika ada beberapa penggemar trucukan mengeluhkan mengapa burungnya mendadak macet bunyi. Untuk itu di bawah ini kita ulas tentang cara mengatasi trucukan macet bunyi.

Cara Mengatasi Trucukan Macet Bunyi

Untuk kalian yang sudah terbiasa menangani burung trucukan yang macet bunyi tentunya tak akan merasa khawatir, namun bagaimana untuk para pemula yang baru memelihara? Tentunya akan was-was saat melihat burung trucukan yang setiap harinya gacor berkicau tiba-tiba menjadi pendiam di dalam sangkar.

Banyak faktor yang menyebabkan trucukan tidak mau mengeluarkan suara kicauannya, namun yang paling umum adalah burung tersebut sedang mengalami stress atau merasa kurang nyaman terhadap lingkungan sekitarnya. Lalu apa yang wajib dilakukan bila burung trucukan anda macet bunyi karena stress?

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, para penggemar biasanya akan menambah satu atau beberapa ekor trucukan untuk dijadikan pasangannya. Selain itu ada beberapa perawatan lain yang bisa membantu mengatasi trucukan yang macet bunyi, diantaranya:

  • Burung trucukan harus rutin diembunkan setiap pagi hari Rutinlah melakukan pengembunan yang  mulai 45 menit sebelum matahari terbit. Jika diamati trucukan liar saat pagi-pagi pasti sudah saling sahut kicauannya.
  • Hentikan sementara pemberian voer pada trucukan yang macet bunyi.
  • Berikan papaya dan 1 cepuk kroto pada pagi hari atau setelah matahari terbit
  • Mandikan burung sampai basah kuyup.
  • Pemberian buah diusahakan bergantian antara buah pisang dan papaya, misalnya hari ini pisang dan besoknya buah papaya.
  • Berikan 3 – 5 ekor jangkrik dan 2 – 3 ekor ulat hongkong berwarna putih ketika burung sedang dianginkan.
  • Jemur burung selama 1 – 2 jam di pagi hari. Saat penjemuran, letakkan sangkar di atas tanah, hal ini bertujuan agar burung beradaptasi kembali dengan lingkungan sekitar
  • Di siang harinya, kerondong burung dan gantung di tempat yang teduh
  • Sekitar pukul 15.00, kerodong dibuka dan setelah itu ganti papaya dengan pisang kepok berwarna putih.
  • Sekitar pukul 17.00, jemur burung selama 10 – 15 menit. Dan setelah itu berikan 3 ekor jangkrik dan 2 ekor ulat hongkong
  • Lakukan pemasteran
  • Full kerodong saat burung akan dimasukkan ke dalam rumah.

Untuk memancing agar burung bunyi, maka perdengarkan suara master burung trucukan. Anda bisa menggunakan music box atau pemutar audio lainnya.

Itulah beberapa cara mengatasi trucukan macet bunyi yang bisa anda lakukan, lakukanlah cara tersebut secara rutin agar burung trucukan anda kembali berkicau dengan gacor, mudah-mudahan dengan melakukan hal tersebut akan membuat anda para pemelihara burung akan senang saat burung peliharaan anda berkicau. terima kasih telah berkunjung. Salam sukses ! Sekian dan semoga bermanfaat