Pinhome - Perkembangan internet dan teknologi yang semakin canggih membuat banyak hal menjadi lebih mudah dan cepat. Termasuk cara daftar agen properti online. Dulu, seorang agent properti harus bekerja secara konvensional dengan mendatangi proyek real estate yang akan dijual. Lalu menunjukannya secara langsung kepada calon pembeli yang potential.

Dengan revolusi digital dan berkembangnya teknologi, pekerjaan seorang agen properti menjadi lebih mudah dan cepat. Saat ini para agen dapat dengan mudah memasarkan proyeknya di situs-situs khusus agent properti dan menjualnya. Kemudahan inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk mendaftar menjadi agent properti online. Sehingga banyak orang yang mencari tau cara mendaftarnya.

Cara daftar agen properti online pun sangat mudah dan tidak susah. Hanya dengan beberapa langkah, seorang agen properti konvensional pun bisa menjadi agent properti online. Yang dibutuhkan hanyalah alat komunikasi seperti ponsel, internet dan ketekunan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara daftarnya, yuk simak lebih lanjut.

Cara Daftar Agen Properti Online untuk Situs Properti

Pilih Agen Properti

Siapa pun bisa menjadi dan mengetahui cara daftar agen properti online selama memiliki properti untuk dijual. Namun sebelum mendaftar ke situs properti, ada baiknya untuk cek jumlah pengunjungnya.

Bisa juga cek ranking jumlah kunjungan ke situs alexa.com untuk mengetahui situs yang paling banyak pengunjungnya. Setelah mengetahui situs yang terbaik, maka saatnya mengetahui cara daftar agen properti online. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pilih Situs yang Ingin Dituju
Saat ini banyak situs yang menyediakan informasi mengenai properti yang dijual atau disewakan. Pilih situs yang diinginkan dan pastikan target pengunjung sudah sesuai dengan target yang diinginkan. Jika sudah sesuai, maka lanjutkan dengan melakukan registrasi.

2. Persyaratan Registrasi
Cara daftar adalah dengan memiliki email. Sebelum melakukan registrasi, pastikan sudah memiliki email untuk mendaftar ke situs properti.

Jika tidak ingin email tercampur dengan email yang lainnya, maka buatlah email khusus untuk situs ini. Sehingga jika ada calon pembeli yang mengkontak, pins bisa mengetahuinya.

3. Registrasi
Cara daftar agen properti online yang pertama adalah melakukan registrasi. Pada proses ini, para agen harus mengisi form yang berisi informasi dan biodata mengenai para agen. Pastikan untuk melengkapi seluruh data yang diminta dari nama, email sama nomor telepon.

4. Pasang Iklan Properti
Jika sudah berhasil registrasi, langkah selanjutnya adalah memasang iklan. Untuk memasang iklan properti, pastikan untuk memberi info detail dari jenis properti, luas serta status dari properti tersebut. Jangan lupa untuk selalu mencantumkan foto agar calon pembeli dapat melihat propertinya.

5. Pembayaran Fee
Langkah terkahir adalah membayar fee. Memasang iklan pada situs-situs tertentu tidak selalu gratis.

Terkadang salah satu persayaratan untuk memasang iklan adalah membayar fee tertentu setiap bulan per iklan yang dipasang. Jadi agar iklan dapat terpasang, pastikan untuk membayar fee tersebut terlebih dahulu.

6. Melihat Statistik Pengunjung
Setelah tata cara selesai, perhatikan statistik dari total pengunjung. Lakukan obersevari atau analisa terhadap jumlah pengunjung setiap minggu hingga 2 minggu untuk memastikan iklan yang dipasang efektif atau tidak. Fitur ini ada pada sebagian besar situs properti online.

Cara Daftar Agen Properti Online Secara Mandiri

Agen Properti Online

Cara daftar agen properti online ke situs properti memang mudah. Akan tetapi, jika Pins sudah memiliki link yang luas, cobalah membuat situs sendiri.

Prinsip cara daftarnya sama seperti situs properti, namun situs ini adalah milik agen sendiri. Jadi, para agen dengan bebas memasang properti sesuai dengan yang diinginkan.

Atau jika ingin cara yang lebih mudah, Pins dapat memulai menjadi agen online dari media sosial. Saat ini banyak media social yang digunakan para anak muda hingga orang tua seperti Instagram. Cara daftar bisa juga dilakukan melalui Instagram sama seperti membuat media social pada umumnya.

Cara daftar lainnya adalah dengan bergabung menjadi agent properti sebuah perusahaan. Jadi sebelumnya, Pins akan menjadi agent properti konvensional pada umumnya. Namun beberapa perusahaan memiliki website tersendiri untuk sehingga para agennya bisa menjadi agent properti online.

Baca juga: 6 Tips Menjadi Agen Properti yang Sukses Ini Penting Dicoba

Aplikasi Terbaik untuk Para Agen Properti Online

Banyak aplikasi pendukung yang semakin memudahkan pekerjaan. Kegiatan seorang agent properti online biasanya akan sangat sibuk dan lekat dengan kegiatan.

Oleh karena itu, dibutuhkan aplikasi pendukung pekerjaan. Untuk membantu pekerjaan menjadi lebih efektif, terlampir adalah beberapa aplikasi wajib dimiliki:

1. Aplikasi Edit Foto
Selain harga, hal yang akan menarik para calon pembeli adalah foto yang ditampilkan. Oleh karena itu, pastikan untuk menampilkan foto dengan kualitas yang terbaik baik untuk interior maupun eksteriornya. Untuk membantu hal tersebut, maka pastikan untuk mengedit foto proyek yang ada sehingga tampak lebih menarik Pins.

2. Aplikasi Email
Salah satu cara daftar adalah dengan membuat email terlebih dahulu. Jadi, pastinya seorang agen online membutuhkan email untuk komunikasi. Jadi, pastikan untuk memiliki aplikasi email pada ponsel para agen. Meskipun tampak simpel, namun aplikasi email sangat penting dan berharga untuk para agent properti online.

3. Dotloop
Untuk membantu dan mengatur dokumen online, maka para agen wajib memiliki Dotloop.  Ini adalah aplikasi yang dapat mengatur dokumen dan menjadi alat manajemen sekaligus.

Sederhananya, aplikasi ini akan membantu mengelola transaksi properti yang detail dan lengkap. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah adanya fitur untuk tanda tangan dokumen secara sah dan aman melalui e-verifikasi.

4. Contactive Free Caller ID
Sebagai seorang agen yang akan bertemu banyak orang, seringkali lupa untuk menyimpan nomor orang lain. Untuk mencegah kebingungan ketika ditelpon nomor tak dikenal, maka gunakanlah aplikasi contactive free caller id. Aplikasi ini akan membantu para agen untuk mengidentifikasi identitas dari sang penelpon.

5. Open Home Pro
Bagi pengguna Apple, aplikasi Open Home Pro adalah salah satu aplikasi wajib untuk dimiliki. Dengan aplikasi ini, para agent properti dapat terbantu ketika open house karena akan mengorganisir sales agen sampai ke calon pembeli. Jadi tidak perlu cara konvensional untuk mendata para tamu yang datang.

Dengan cara daftar agent properti online yang mudah dan simpel, tidak heran jika banyak yang tertarik menjadi agent properti online. Keuntungan yang didapatkan pun cukup banyak. Dengan online, agen dapat menjual dan mendapatkan pembeli sekaligus. Prosesnya lebih cepat dan mudah dibandingkan proses konvensional karena dapat dilakukan online.


Meskipun cara daftarnya mudah, namun salah satu kunci untuk menjadi agen properti yang sukses adalah ketekunan. Properti bukanlah hal yang mudah untuk dijual dan dibeli, sehingga butuh ketekunan dan kesabaran yang tinggi. Jadi, jangan mudah menyerah ketika menjadi seorang agent properti.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome - PINtar jual beli sewa propert